Penyebab Nyeri Perut di Luar Masa Haid

Kamis, 17 Oktober 2019

Jember Regency, East Java, Indonesia

Bismillaahirrohmaanirrohim
Sobats FR tahu nggak kalau nyeri perut akibat kontraksi ketika sedang haid memang hal biasa. Namun, bagaimana jika nyeri tersebut datang ketika kamu sedang tidak haid? Sebelum panik, Kamu perlu tahu bahwa nyeri perut di luar masa haid itu normal. Ada faktor-faktor lain di luar haid yang dapat memicu timbulnya rasa nyeri pada perut.

Ketika Kamu diserang rasa nyeri atau kram perut di luar masa haid, hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah mencari tahu sumber rasa sakit tersebut. Contohnya jika rasa nyeri berasal dari sisi kanan dan kiri bagian bawah perut, maka kemungkinan besar sumber nyeri ada pada usus besar. Berarti, Kamu mungkin terserang penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Jika rasa nyeri tersebut bersifat konstan, lebih baik Kamu segera berkonsultasi dengan dokter.

Namun, jika rasa nyeri itu hanya datang dan pergi serta tidak teratur, kemungkinan besar faktor-faktor di bawah ini yang menjadi penyebab perut kram pada wanita, selain hal tersebut kamu juga wajib memperhatikan penggunaan pembalut.  Pastikan menggunakan Merk pembalut yang aman agar tidak mempengaruhi kondisi kesehatan saat haid.

Berikut ini salahsatu faktor penyebab perut kram pada wanita :

Sindrom Iritasi Usus Besar (IBS)

Sebagian besar penderita IBS atau Irritable Bowel Syndrome mengaku mengalami nyeri perut yang lebih parah dan sering ketika mereka mengalami stres. Namun, stres itu sendiri bukan penyebab utama IBS. Meski penyebab utama IBS belum ditemukan, para ahli berpendapat hormon stres dapat menyebabkan usus lebih sensitif terhadap rangsangan. Karenanya, otot di usus akan berkontraksi dan efeknya dapat menyebabkan diare atau konstipasi.


Radang Usus

Radang usus merupakan penyakit autoimun, dimana antibodi menyerang sistem pencernaan dan menyebabkan diare dan kram pada perut. Penyakit ini harus ditangani secara intensif dengan antibiotik. Umumnya, untuk memeriksa penyakit ini kamu harus melakukan tes darah, kolonoskop.

Divertikulitis

Sampai saat ini, banyak wanita yang menganggap nyeri pada perut bagian bawah selalu berhubungan dengan ginekologis atau organ reproduktif. Padahal, sangat mungkin jika nyeri tersebut bersumber pada usus karena organ tersebut berada di sekitar bagian perut.

Tapi kadang karena belum makan juga bikin kram perut, bukan ya, itu keroncongan, hhehee. Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih banyak lagi terkait informasi seputar kesehatan wanita. Kamu bisa akses halaman website berikut yah Sobats => https://menstruasi.com/Home/detailArticle/Cara-Melancarkan-Haid-yang-Paling-Ampuh.

Nah, itu adalah Penyebab Nyeri Perut di Luar Masa Haid yang bisa aku sampaikan. Kalau kamu biasanya mengalami nyeri atau kram perut itu gara-gara apa sih? Boleh deh share di kolom komentar yah, Sobats. Fee free dah ya, hhehee....

Oke, see you soon
~Blessed
Khoirur Rohmah

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Copyright © Fastabiqul Khoirots. Blog Design by SkyandStars.co