Tips Jual Hape Bekas Agar Cepat Dilirik dan Laku

Selasa, 03 Desember 2019

Jember Regency, East Java, Indonesia

Tips Jual Hape Bekas Agar Cepat Dilirik dan Laku

Bismillaahirrohmaanirrohim
Halo sobats FR, apakah kamu termasuk penggemar yang mudah terbuai dengan smartphone yang baru launching dengan menghadirkan fitur dan spesifikasi kece, atau justru pengguna smartphone yang setia dan apa adanya sesuai kebutuhan dan baru ganti begitu perangkatnya sudah tidak bisa diajak kerjasama kembali?


Nah, kalau kamu termasuk kategori yang pertama, pastinya supaya bisa upgrade ke smartphone baru tersebut. Maka kamu perlu menjual HP lamamu supaya bisa buat tukar tambah untuk meminang smartphone terbaru, bukan?

Belajar dari pengalaman temanku sendiri nih Sobats, dia kerap kali jual HP bekas untuk uangnya dipakai beli smartphone terbaru. Dan sebelum melakukan penjualan dia selalu cek pirantidan kelengkapan bawaan HP lamanya yang akan dijual kepada pemilik berikutnya.

Selain itu, ada hal lain yang perlu kamu perhatikan ketika akan jual HP bekas supaya cepat dilirik dan laku keras di pasaran. Dan berikut ini adalah beberapa tips yang perlu kamu lakukan dan perhatikan sebelum menjual HP bekas tersebut. Yuk check this out :



1. Periksa Kelengkapan Bawaan Unit HP
Salahsatu poin utama harga tinggi yang akan kamu dapatkan saat jual HP bekas adalah kelengkapan bawaan unit HP. Karena, jika HP tanpa aksesoris bawaan seperti dusbux, charger atau headset, otomatis akan berpengaruh dengan harga jualnya yang bisa jadi akan turun drastis.

Oleh sebab itu, alangkah lebih baik sebelum jual HP bekas, pastikan dan periksa kelengkapan bawaan HP. Apabila ada yang rusak, atau hilang, selagi bisa di beli, kamu bisa membeli perlengkapan itu supaya bisa menjual HP dalam keaadan lengkap.

2. Bersihkan seluruh piranti termasuk body dan layar HP
Kamu juga perlu membuat HP lebih kinclong walau HP bekas ya. Apalagi kalau bekasnya hanya beberapa bulan pemakaian nih. Kamu dapat membersihkan seluruh bodi dan layar HP. Apabila hanya hitungan bulan, dan kamu udah pasang antigores dan case, sebaiknya kamu buka atau lepas dari bodi HP.

Karena, tampilan yang kinclong untuk HP Bekas pun akan tetap berpengaruh terhadap harga jualnya nanti. Nggak mau kan kalau orang yang akan beli hp bekas kamu malah dapatinnya udah antidoresnya baret atau bahkan kabel chargernya menguning.

3. Hapus seluruh data pada HP
Pastikan sebelum jual HP bekas, terlebih dahulu kamu lakukan factory reset pada HP. Selain itu, nggak ada microSD atau kartu SIM yang tertinggal. Karena hal itu dapat berpengaruh terhadap privasi data yang kamu miliki pada HP untuk dibagikan secara cuma-cuma kepada pemilik HP berikutnya. Nggak mau kan kalau ada orang yang berniat jahat kepadamu hanya karena microSD atau Kartu SIM yang tertinggal di HP?

4. Jual HP ke Konter atau Orang Terdekat
Kalau HP kamu masih termasuk HP yang juga baru launching beberapa bulan yang lalu, dan juga tampilan oke banget, nggak ada salahnya loh kalau kamu jual ke orang terdekat. Tapi, kalau ke orang terdekat, dampaknya bisa jadi kamu akan dapat uangnya langsung, atau justru sebaliknya, kamu bisa dapatin uangnya dengan metode cicilan.

Sedangkan kalau kamu menjual ke konter terdekat, ada kalanya harga yang akan kamu dapatkan tidak akan terlalu tinggi juga. Karena HP tersebut akan dijual kembali oleh pemilik konter, ya. Belum lagi kalau kamu dapat tawaram harga yang sadis nih. Hehehee. Jadi, pilih mana???

5. Jual Online dan Tawarkan dengan Harga yang Wajar
Kalau nggak ingin dijual ke orang terdekat, atau justru malah takut dapat drama horor saat jual HP Bekas di konter, aku rekomendasikan untuk jual HP bekas melalui e-commerce , seperti di OLX. Dengan di unggah di toko online, kamu dapat lebih mudah menemukan mana pembeli yang benar-benar serius akan meminang HP bekas tersebut.

6. Tuliskan Deskripsi Sedetail Mungkin dengan Foto yang Menarik
Penting banget supaya pembeli bisa lebih tertarik membeli HP bekas kamu dengan pengambilan foto yang jelas tanpa tambahan apapun. Dengan foto ya menarik dan memberikan detail informasi melalui deskripsi produk, juga bisa menjadi pertimbangan pembeli untuk angkut HP bekas tersebut yah, sobats. Pokok jelasin apa adanya tanpa dibuat-buat. Supaya pembeli nggak merasa tertipu saat mendapatkan HP bekas tersebut.

7. Pilih Pembayaran dan Berikan Jaminan
Jika pembayarannya via COD, kamu perlu berhati-hati yah sobats. Pastikan pembeli benar-benar real dan no tipu-tipu. Misalkan melalui toko online seperti OLX lebih mudah lagi tuh sobats. Jadi kalau pembelian telah dilakukan, maka uangnya dapat kamu cairkan ke rekening kamu.

Nah, dari list tips di atas apakah yang sudah kamu terapkan saat jual HP bekas nih? Boleh deh bagikan cerita kamu terkait jual HP bekas, atau alasan apa yang membuat kamu jual HP bekas kamu. Feel free to drop your comments dah, sobats.

Semoga artikel terkait Tips Jual HP Bekas Agar Cepat Dilirik dan Laku ini bisa bermanfaat yah. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini. see you soon, sobats ....

~Blessed
Khoirur Rohmah

24 komentar:

  1. Wah bener bgt poin cek kelengkapan hp, aku biasanya jg kalau jual hape bekas kulengkapin yg blm ada misal charger atau headset krn bisa menambah nilai jual. Abisnya hp tuh kan suka turun harga ga kira2 krn terus ada 🙈

    BalasHapus
  2. atau bisa juga jual di forum jual beli online yang di facebook. biasanya banyak yang nyari. tinggal search Forum Jual Beli Online Kota X. Biasanya ada

    BalasHapus
  3. Persiapannya memang standar seperti itu jika mau cepat laku. Kadang ada yang sembarangan pokoknya dijual. Suami saya beberapa kali bantu jualkan hp bekas yang apa adanya. Dia yang berserihin bagian yang harus dibersihkan termasuk mereset ke setelan pabrik. Seringnya mem-FR sehingga data bisa dicuri orang.

    BalasHapus
  4. Sekarang kalau mau menjual handphone juga nggak perlu bingung, sudah bisa menggunakan sistem online

    BalasHapus
  5. Wah benar tuh Mbak memilih metode pembayaran itu juga memang sangat penting ya

    BalasHapus
  6. Di zaman yang serba online seperti sekarang, menjual hape bekas pun bisa lewat e-commerce ya. Paling mudah memang pakai OLX.

    BalasHapus
  7. Saya pernah jual hp bekas, tapi kondisinya suda h memprihatinkan.Harganya ya gitu deh. Tapi masih untung counternya mau beli. hehehe

    BalasHapus
  8. cek kelengkapan kudu banget sama kudu nanya ada kekurangan ngga. walaupun cuman setitik bisa aja ntar rusak susu sebelanga hehehe... metode pembayaran juga penting banget, supaya memudahkan kedua belah pihak dan meminimalisir penipuan online

    BalasHapus
  9. Kelengkapan bawaan dari handphone perlu digunakan dengan berhati-hati. Pernah menjual hp bekas, kabel chargernya rusak jadinya kena potongan deh. Kini semakin mudah ya jualnya, bisa secara online.

    BalasHapus
  10. Wah, tips jitu nih. Kebetulan lagi mau jual hape lama suami. Sempat bingung juga mau jual kemana biar laku cepat. Makasih sarannya mbak.

    BalasHapus
  11. suamiku nih yang punya segudang cerita tentang jual beli hape bekas, hehehe. Secara dia suka banget hunting hape murah dan dijual lagi dengan harga agak tinggi, hehehe. Entah karena rejeki atau apa, adaaa aja heheh... makasih tipsnya ya mbak

    BalasHapus
  12. Makasih tipsnya mbaa.. aku tipe beli hp klo bner2 mati 😂 atau ganti krna lungsur hp suami.
    Skrg gampang ya, apa aja via online

    BalasHapus
  13. Belum pernah jual hp bekas. Selama ini kalau udah butuh yang lebih oke, hp lama dikasih ke paksu. *IstriDurhaka wkwkwk. Thks atas sharingnya, ya.

    BalasHapus
  14. Saya termasuk yang ganti HP kalau HP lama sudah nggak memungkinkan lagi untuk diperbaiki. Jadinya belum punya pengalaman untuk jual HP second, pernah malah beli HP second hehehe

    BalasHapus
  15. Coba tulung jualin Hpku po'o sist hihihi.
    Beklaahh aku mau praktekin tips2 yg udah dikau jembrengin d artikel ini. Tingkyuuu ya

    BalasHapus
  16. sekarang makin banyak yaaa platform untuk menjual barang bekas dan cepat laku juga

    BalasHapus
  17. Aku beberapa jual hape bekas mba. Emang kuncinya harus jual ke counter terpercaya dan juga hapus data data di hape kita :)

    BalasHapus
  18. Oiyaa aku selama ini jarang jual hp bekas.. Seringnya di kasikan sodara karena bingung mau jual harga berapa juga kak.. Hehe

    BalasHapus
  19. Wah boleh-boleh nih tipsnya. Aku sama sekali belom pernah jual hape. Biasanya sih sampe rusak dipake.

    BalasHapus
  20. Aku sempet jual hp 2 Kali mba tuker tambah lumayan bngt klo semua lengkap harga lbih Mahal dikit,,,

    BalasHapus
  21. Bisa juga tips paling jitu adalah jual ke orang yang dikenal via grup WA atau mouth to mouth. Meskipun kadang lebih sadis nawarnya

    BalasHapus
  22. Tips jual HP bekasnya komplit ya..makasih Mbak
    Aku belum pernah jual HP ekas. Kalau aku atau suami ganti HP karena memang sudah rusak (atau aku karena pernah hilang). Kalau HP masih bisa , dilungsurin ke anakku atau saudara. :D

    BalasHapus
  23. Aku tuh yang suka kelupaan poin ke-3. Untung saja waktu itu diingatkan adik. Lalu cek-cek lagi deh Hp nya. Untungnya belum diambil pembelinya waktu itu, hihi.

    BalasHapus
  24. Thank you tips nya mbak.. aku da tablet dan laptop yang akan dijual tapi kondisinya emang tidak sehat.. huhu sebaiknya memang dibenarkan dl ya?

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Copyright © Fastabiqul Khoirots. Blog Design by SkyandStars.co