Ingin Tetap Berkarir dan Bisa Dekat dengan Anak? Terapkan Tips Berikut Ini!‎

Rabu, 29 Januari 2020

Kabupaten Jember, Jawa Timur, Indonesia


Ingin Tetap Berkarir dan Bisa Dekat dengan Anak? Terapkan Tips Berikut Ini!‎

Halo Sobats .....
Menjadi seorang ibu rumah tangga atau wanita karir adalah sebuah pilihan.Tapi keduanya masih mempunyai tanggung jawab yang sama, yakni mendidik dan merawat anak-anak hingga dewasa. Walaupun anak sudah disekolahkan bukan berarti orang tua mengabaikan pendidikan anak. Menjadi wanita karir berarti seseorang memakai waktunya untuk bekerja. Tapi posisinya sebagai ibu rumah tangga tetap melekat dimanapun ia berada.

Pastinya kalian sebagai wanita karir sekaligus ibu rumah tangga pernah ada kekhawatiran ketika sibuk bekerja akan membuat kamu menjauh dengan anak-anak, kan? Jangan khawatir, ada beberapa cara sederhana yang dapat kamu lakukan agar kedua hal penting tersebut tetap menjadi prioritas utama yang harus terus dilanjutkan. Di artikel kali ini kami telah merangkum beberapa tips sederhana yang bisa kamu terapkan agar tetap bisa dekat dengananak meski tetap berkarir.


1.    Temani Anak Mengerjakan Tugas Sekolah

Ingin Tetap Berkarir dan Bisa Dekat dengan Anak? Terapkan Tips Berikut Ini!‎
Sumber: pinterest.com
Kesempatan emas yang bisa ibu lakukan untuk mendekatkan diri kepada anak adalah dengan membantunya mengerjakan tugas dari sekolah. Dengan begitu, anak kamu pun tidak akan merasa terbebani dengan tugas yang didapat. Namun, bukan berarti ibu yang mengerjakan tugas tapi ibu sebagai pendampingnya. Sehingga kemampuan anak tetap bisa diasah dan kehadiran ibu semakin terasa bagi anaknya. 


Kebetulan nih, aku pernah mengajak keponakan untuk bermain salahsatu permainan yang dapat mengasah kemampuan motorik halus anak dengan Fubby Jelly. Aku sudah menuliskan postingannya di link artikel permainan edukatif itu ya. bisa kalian klik saja. Ide permainan yang bisa dijadikan kedekatan antara ibu dan anak, sekalipun ibu berkarir.

2.    Dampingi Anak Bermain

Ingin Tetap Berkarir dan Bisa Dekat dengan Anak? Terapkan Tips Berikut Ini!‎
Sumber: pinterest.com
Seorang ahli Pendidikan Anak, Kak Seto Mulyadi, pernah mengungkapkan bahwa dunia anak adalah bermain. Jadi didiklah anak dengan cara bermain. Ibu bisa memberikan kebebasan pada anak untuk bermain apa saja, tapi tetap harus diperhatikan dengan siapa anak bermain dan permainan apa yang sedang dilakukan atau di zaman teknologi saat ini permainan apa yang sering diakses anak. Nah, dengan ibu mendampingi anak ibu bisa mengarahkan permainan yang mendidik untuk anak.

3.    Bikin Jadwal Khusus Keluarga

Ingin Tetap Berkarir dan Bisa Dekat dengan Anak? Terapkan Tips Berikut Ini!‎
Sumber: pinterest.com
Walaupun kamu sangat sibuk di tempat kerja atau kantor. Coba usahakan untuk tetap mempunyai jadwal khusus untuk berkumpul dan juga menghabiskan waktu bersama keluarga, terutama anak. Sebagai seorang ibu tentunya kita tetap harus meluangkan waktu untuk merawat dan dekat dengan anak sehingga hubungan ibu dengan anak tidak renggang. Semakin berkualitasnya waktu yang diberikan orangtua kepada anaknya saat bersama, maka dapat dipastikan hubungan keduanya akan semakin berkualitas pula.

4.    Perhatikan Perkembangan Anak

Ingin Tetap Berkarir dan Bisa Dekat dengan Anak? Terapkan Tips Berikut Ini!‎
Sumber: pinterest.com
Salah satu kebahagiaan seorang ibu adalah saat bisa menikmati masa-masa perkembangan anak. Mulai dari merangkak, belajar berjalan, belajar kata-kata, belajar menulis hingga belajar untuk memahami kehidupan. Dengan memperhatikan perkembangan anak, seorang ibu bisa bersikap sesuai yang dibutuhkan anak. Contohnya, ketika di usia 3 tahun anak mulai mengenal huruf, ibu membelikan sebuah buku yang berisi tentang abjad anak pun akan sangat senang. Sehingga kedekatan antara ibu dan anak pun tercipta dengan erat.

5.    Berikan Perhatian Dari Hal Sederhana

Ingin Tetap Berkarir dan Bisa Dekat dengan Anak? Terapkan Tips Berikut Ini!‎
Sumber: woop.id
Saat akan berangkat atau sepulang bekerja ibu bisa memberikan perhatian kepada anak dengan cara memberikan ucapan sederhana seperti hati-hati ketika berangkat sekolah, jangan lupa makan siang, semangat belajarnya dan lain sebagainya. Ucapan sederhana seperti ini secara tidak langsung mendorong semangat anak untuk memulai hari. Namun, bagaimana ketika anak sedang jauh dari ibu? Misalnya, saat ibu mendapatkan tugas bekerja di luar kota? Lalu tetap ingin menjalin berkomunikasi dengan anak?

Di zaman modern saat ini, kita sudah dimudahkan dengan adanya teknologi alat komunikasi. Salah satunya Imoo Watch Phone Z5 ini! Alat komunikasi yang berupa jam tangan pintar khusus anak yang dilengkapi dengan fitur untuk menelepon, video call dan tersedia GPS untuk mengetahui lokasi keberadaan anak. Sehingga ibu pun bisa memantau kegiatan anak dengan lebih mudah meski dari jarak jauh. Harga jam Imoo asli ini kisaran Rp 3.1 jutaan dengan pilihan warna menarik yang bisa kamu pilih untuk anak.

Kebahagiaan keluarga tentunya bisa memotivasi kita untuk tetap semangat dalam berkarir. Semoga informasi di atas terkait Tips yang bisa bermanfaat bagi para wanita karir agar tetap bisa menjalankan perannya sebagai ibu rumah tangga dan tentunya dekat dengan anak. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, feel free to drop your comments.

~Blessed
Khoirur Rohmah
 

27 komentar:

  1. Wah anak saya hapal banget nih lagunya IMO.
    Alhamdulillah sih, nggak pernah minta dibelikan, harganya mahal euy, lebih mahal dari handphone emaknya

    BalasHapus
  2. Anakku masih merengek minta dibelikan jam Imoo dengan harga 3 jutaan, hehe tapi masih aku hold karena belum ada budgetnya

    BalasHapus
  3. Kalo aku tipsnya bisa menempatkan diri ke anak, kadang jadi teman, sahabat biar lebih leluasa bercerita ga kagok.
    Ahh emang ya jadi Ibu apaalagi bekerja tantangan luar biasa mendidik anak, akan ada masanya khawatir berlebih, terutama menjelang abege.

    BalasHapus
  4. hiks hiks 3 juta .. mending beli jam tangan merek Fossil (emak emak banget)

    tapi buat yang gadget mania, ini emang kekinian banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. nahkan jam imoo asli itu bukan ratusan ribu. emang harganya semahal jam trendy para emak. tapi yaa gitu, biar kita jg mudah komunikasi dengan sang buah hati

      Hapus
  5. Terlebih buat anak-anak balita, emang butuh perhatian khusus. Tapi kadang kan habis pulang dari kantor tuh bawaannya capeeeek banget. Belum lagi kalau lihat piring kotor numpuk, cucian beranak pinak. Semoga bisa menjadi orang tua yang tetap dekat dengan anak :)

    BalasHapus
  6. Anakku pengin beli , rencana tahun depan kalau SMP. Karena di sekolahnya(SD) masih dilarang pakai jam beginian. Kalau SMP sudah boleh. Nabung dulu kalau gitu

    BalasHapus
  7. Quality time bersama anak itu bisa jadi pelekat bonding antara ibu dan anak
    Mungkin bukan perkara mudah apalagi sebagai ibu pekerja. Tapi tetap harus ada moment yang diciptakan bersama

    BalasHapus
  8. Anak anak nih pada pengen imo, untungnya ngerti pas dijelasin emaknya, keren tapi mahal euy , nunggu discount 90% lah haha ngimpi

    BalasHapus
  9. Anakku sudah pengen banget punya jam imo, tapi sayang di sekolahnya tidak boleh memakai jam tangan dengan harga mahal. Maksimal boleh seharga 100k doank. Katanya buat keselamatan anak2 juga. Hehehe..jadi ya nurut aja

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah walaupun tetap berkarir atau bekerja, saya dan anak tetap dekat. Ya sedikitnya setiap hari mengerjakan PR dan materi ulangan harian bersama-sama.

    BalasHapus
  11. Betul, untuk ibu bekerja, kedekatan dengan anak bisa disiasati dengan menciptakah quality time bareng anak dan keluarga.

    BalasHapus
  12. Aku jugaaa sekarang merasakan banget jadi IRT sama freelance ini harus banget bisa bagi waktu yah..

    BalasHapus
  13. Wow, ternyata yang asli mahal juga yak. Bayanganku sekitar sejutaan. Ya sih, aku memang belum pernah tanya, cuma anak-anakku bilang satu juta, Buk. Satu juta bisa beli jam Imoo, wkwkwk. Namanya anak-anak. Kok ya percaya aja, Buk.

    BalasHapus
  14. wah keren sekali jamnya ini ya. Walau harganya lumayan tapi fiturnya sebanding lah dengan harga. Jadi ga bisa nemenin anak di rumah tetep bisa kasih perhatian ya walaupun harus kerja

    BalasHapus
  15. wah keren sekali jamnya ini ya. Walau harganya lumayan tapi fiturnya sebanding lah dengan harga. Jadi ga bisa nemenin anak di rumah tetep bisa kasih perhatian ya walaupun harus kerja

    BalasHapus
  16. Anak aku lg nagih apresiasi mulu nih. Gak salah juga sih karena bentar lagi ulang tahun dia. Dan aku bujukin buat beli hadiah yg sesuai budget mamak aja. Wkwk. Mak ngirit..

    BalasHapus
  17. Well, as I work full time I sometimes find it super difficult to manage time. But hey.. we gotta try the best for our loved ones

    BalasHapus
  18. Aku sih meskipun kerja alhamdulillah masih tetep bisa pantau anak, pulang kerja langsung ngobrol2 sama anak dan anak saya alhamduliullah termasuk anak yang seneng cerita.

    BalasHapus
  19. Makasih sharing tipsnya mak. Perlu aku catet ini karena meskipun kadang lagi berdekatan sm si anak tapi kitanya masiy ada kesibukan lain. Jadi merasa bersalah deh

    BalasHapus
  20. Bener bngt tipsnya mba,, meluangkn waktu untuk anak adalah langkah tepat utk menjaga baunding ya..

    BalasHapus
  21. Ngerasain banget gimana kompleksnya permasalahan ibu bekerja terkait kedekatan hubungan dengan anak. Saat bekerja harus tetap memantau kondisi anak, kadang harus setiap jam tertentu telpon ke rumah, memastikan keadaan anak-anak di rumah. Belum lagi kalau anak sakit, duuuhh... pikiran bercabang-cabang deh.
    Secapek-capeknya pulang kerja, tetap harus bisa meluangkan waktu untuk anak. Tidak boleh egois dengan bilang bahwa ibu sudah lelah kerja seharian. Ya kan bukan salah anaknya kalau ibunya bekerja kaaan hehehe... jadi harus tetap diberikan hak mereka untuk mendapatkan kebersamaan dengan orangtuanya.

    BalasHapus
  22. Begitulah, ketika perempuan jd ibu maka sering terjadi dilema antara pilih karier atau anak. Semuanya itu mungkin busa dicapai walau susah maksimal yg penting do the best ya mengusahakan keduanya seimbang

    BalasHapus
  23. Aku bekerja & alhamdulillah anak2 ttp deket sama aku... salah satubtipsnya ya ngerjain semua sendiri, terutama keperluan anak & udah sepakat sama suami ngga perlu pake mba or art yg ngurusin anak, sendiri aja biar anak ttp deket meski aku kerja

    BalasHapus
  24. Ya ampun aku baru tau jam Imoo ini mba. Barusan kepo warnanya lucu-lucu banget ya. Kalau anak jaman now pada kepengen jam ini, aku jadi nostalgia dulu pas kecil minta dibeliin separtu roda. Hahaha.

    BalasHapus
  25. Noted mbak. Setelah dapat pekerjaan, saya jadi khawatir banget akan jadi jauh sama bayi semata wayang. Baik segi aktivitas maupun emosi, rasanya saya kayak terbelah dua. Memang ibu berkarir harus pandai-pandai membagi waktu dan membagi diri ya.. Thanks for sharing mbak.

    BalasHapus
  26. ada pengalaman lucu dari temen kantor, saking "pingin deketnya sama anak"nya yang sekolah, temen kantor beliin jam kayak gini tapi yang KW, cuman puluhan ribu coba hahaha, tapiya giu ga awet

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Copyright © Fastabiqul Khoirots. Blog Design by SkyandStars.co