Pentingnya Loadbank dalam Industri

Jumat, 24 Januari 2020

Kabupaten Jember, Jawa Timur, Indonesia
Pentingnya Loadbank dalam Industri
Halo Sobats FR, Tahu kan ketika pemadaman listrik terjadi, banyak aktifitas kita menjadi terganggu, terutama aktifitas pekerjaan baik di pabrik, pertokoan maupun gedung-gedung perkantoran. Banyak kerugian yang ditimbulkan ketika terjadi pemadaman listrik, selain aktifitas terganggu dapat juga menyebabkan kegiatan pekerjaan dan operasional kita terganggu sehingga sangat merugikan secara materiil. Mengingat kerugian yang akan terjadi ketika pekerjaan terhenti karena adanya listrik padam, untuk itu sangatlah penting memiliki pasokan cadangan listrik. 

Sumber cadangan listrik bisa didapatkan dari beberapa alat seperti UPS (uninterruptible power supply), inverter charger, genset atau generator set. Genset sebagai salah satu sumber listrik alternatif yang banyak digunakan juga bisa mengalami kendala misalnya macet atau menghasilkan kapasitas listrik yang tidak seperti seharusnya. Hal ini umum terjadi saat genset sudah digunakan dalam waktu yang lama. Kejadian ini bisa menimbulkan masalah apalagi jika genset yang digunakan merupakan sumber listrik utama dan satu-satunya saat industri belum menerapkan kelistrikan hybrid. Untuk pencegahannya, Anda memerlukan load bank yang memiliki fungsi untuk mengetahui kapasitas kerja genset sebelum dioperasikan 

Secara sederhana load bank adalah suatu perangkat yang digunakan untuk pengetesan, atau pembuangan beban listrik. Semisal sebuah Genset akan di test kemampuannya, maka digunakanlah Load Bank untuk pengetesannya. Apakah setelah diuji menggunakan load bank, kemampuan genset tersebut berkurang atau tidak, sesuai spesifikasi atau tidak.

Selain sebagai tester, load bank juga memiliki fungsi penting untuk memindahkan beban saat terjadi overspeed genset. Overspeed bisa terjadi saat genset sedang melakukan kerja secara maksimal namun tiba-tiba beban hilang secara tiba-tiba dalam jumlah yang signifikan. Untuk menghindari overspeed yang bisa menyebabkan gangguan listrik dan kerusakan genset, load bank akan memindahkan beban yang hilang tersebut sementara waktu hingga genset dapat di setting kembali baik secara manual maupun sistem.

Sebaiknya pada kegiatan industri yang memerlukan pasokan listrik demi kelancaran kegiatan produksi dan operasionalnya perlu memiliki genset. Demi kelancaran penggunaan genset di industri sebaiknya industri juga memiliki loadbank berkualitas yang bisa anda sewa di sewatama.

Nah, kalau di tempat kamu gimana Sobats? Pernah nggak mengalami pemadaman listrik lalu pekerjaan menjadi tertunda produksinya untuk beberapa jam? Ya walau di mata para karyawan sihh senang sekali saat pemadaman itu. Hhahaa. Jadi inget momen-momen saat menjadi karyawan perusahaan hehheee.

Boleh deh feel free to share apapun di kolom komentar yah sobats. Terima kasih sudah membaca dan mampir di artikel aku in. See ya

~Blessed
Khoirur Rohmah 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Copyright © Fastabiqul Khoirots. Blog Design by SkyandStars.co