Selasa, 02 Agustus 2022

Pertimbangan Penting Sebelum Menggunakan Data Center Indonesia

Data Center Indonesia

Halo. Apakah Anda pernah mendengar tentang data center atau pusat data? Bagi beberapa perusahaan, terutama yang bergerak dalam bidang telekomunikasi, tentu sudah tidak asing dengan layanan tersebut. Secara sederhana, data center dapat diartikan sebagai sebuah fasilitas yang menyimpan data dan sistem dalam satu tempat yang telah disediakan. 


Pada dasarnya, data center dibangun untuk mencadangkan, mengamankan, dan mengelola data yang ada. Tidak hanya itu, data center juga berfungsi sebagai database atau website. Di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat, mulai banyak perusahaan yang membutuhkan data center untuk mendukung operasional mereka. 


Membangun data center memang tidak mudah karena membutuhkan tenaga IT yang berpengalaman dan departemen khusus dalam perusahaan. Namun, hal tersebut sudah tidak perlu lagi menjadi permasalahan karena mulai banyak pihak ketiga yang menawarkan jasa data center Indonesia. Kehadiran penyedia data center ini tentu memberikan banyak keuntungan bagi bisnis. 


Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan pusat data, perusahaan harus mempertimbangkan beberapa aspek terlebih dahulu. Apa saja? Berikut penjelasan lengkapnya. 


Aspek Penting Sebelum Menggunakan Data Center Indonesia

Power supply 

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah power supply. Pastikan data center yang Anda pilih tidak mengalami gangguan. Selain itu, power supply dalam data center membutuhkan daya yang besar karena harus stabil dan terhindar dari beberapa gangguan. Itulah mengapa, pihak penyedia pusat data yang terpercaya, biasanya sudah memiliki sumber daya yang besar. 


Penyedia data center juga biasanya memiliki genset sebagai tenaga cadangan jika power supply utama mengalami gangguan.

 

Kecepatan layanan

Selanjutnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah kecepatan layanan. Hal ini akan berpengaruh terhadap performa data center dalam memproses dan menyimpan data yang ada. Jika perusahaan mengalami kendala dalam hal kecepatan layanan, operasional bisnis bisa terhambat.


Untuk itulah, Anda perlu melakukan beberapa langkah, salah satunya melihat prosesor yang diberikan. Dengan cara ini, Anda bisa melihat apakah penyedia telah menggunakan multi core yang membuat proses pembacaan dapat dilakukan dengan sangat cepat atau tidak. Kecepatan menjadi faktor utama untuk kelancaran bisnis. 


Keamanan sistem 

Untuk menjamin keamanan dalam data center, Anda perlu mengaksesnya secara langsung, tidak cukup dengan pemantauan secara online. Proses kontrol memiliki peranan yang besar. Dengan begitu, perusahaan bisa langsung menangani permasalahan yang ada secara cepat. Sistem keamanan dalam data center menjadi sangat penting agar tidak ada gangguan dari pihak internal dan eksternal. 


Keamanan dalam data center sendiri harus dipertimbangkan dengan sangat matang dan detail, mulai dari sistem untuk login, keamanan pada gedung, dan lainnya. Jika perusahaan penyedia layanan data center telah sesuai dengan standar dan kebutuhan, klien tidak akan ragu untuk menggunakan fasilitas yang ditawarkan. 


Nah, jika ingin menggunakan pusat data, Anda bisa lihat layanan data center disini yang ditawarkan oleh neuCentrIX. 


Semoga informasi yang saya bagikan ini bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar di kolom yang telah disediakan. 


Terima kasih sudah membaca dan berkunjung ke artikel terkait Pertimbangan Penting Sebelum Menggunakan Data Center Indonesia ini.


~Tabik

Kr. Rohmah


2 komentar:

  1. Bener banget, sebuah perusahaan pasti membutuhkan pusat data yang bisa diakses dan bisa menyimpan data dalam jumlah besar mengingat banyak sekali data yang perlu mereka simpan. Apalagi jika perusahaan, biasanya ada bank data. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...