‎ ‎

Mempersiapkan Generasi yang Berdaya Saing Global dengan Kurikulum Internasional

Kurikulum Internasional

Pendidikan adalah salahsatu aspek penting dalam menyiapkan generasi muda untuk menghadapi persaingan global di masa depan. Menempuh pendidikan yang selain sebagai sarana untuk menambah wawasan, pengetahuan, dan keterampilan, mengasah kemampuan dalam menyelesaikan masalah, juga dapat meningkatkan perekonomian, yang kedepannya juga dapat berguna untuk menciptakan kesempatan kerja yang lebih baik.


Maka dari itu, ketika keponakan saya akan melanjutkan pendidikan di sekolah menengah atas, dia berdiskusi dengan orangtuanya. Kira-kira lembaga pendidikan mana yang cocok dan sesuai minatnya. Orangtuanya juga menambahkan, sekiranya pendidikan yang dipilih nanti juga berguna untuknya di masa mendatang. Sebab semakin bertambahnya tahun, persaingan dalam dunia kerja sangatlah ketat, apalagi kalau harus menghadapi persaingan global.


Dari case yang saya sebutkan, apabila orangtua berharap anak bisa lebih siap dalam menghadapi persaingan global melalui pendidikan yang harus ditempuhnya. Maka cara efektif yang bisa diperhatikan ini dapat diterapkan ketika memilih lembaga pendidikannya nanti, seperti:

  1. Memilih sekolah yang telah memiliki pengalaman dan reputasi yang baik.
  2. Sekolah dengan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan, minat, serta bakat anak.
  3. Memberikan dukungan serta pengawasan yang tepat selama proses belajar mengajar anak.
  4. Memperhatikan keseimbangan antara pendidikan akademik dan non-akademik, seperti kegiatan ekstrakurikuler maupun pengembangan soft-skill


Kurikulum Nasional pada Sistem Pendidikan di Indonesia


Apa itu Kurikulum
edited by canva

Tapi sayangnya kurikulum nasional yang diterapkan di Indonesia beberapa kali mengalami pergantian. Kalau saya dulu ikut KTSP, dan sekarang sudah menggunakan Kurikulum 2013 untuk semua jenjang pendidikan di Indonesia. Dikhawatirkan apabila di tahun mendatang kurikulum nasional akan berganti lagi, tentu akan memberikan dampak, khususnya bagi sekolah dan guru. Sehingga membutuhkan waktu dan sumber daya untuk menyesuaikan perubahan tersebut. Bahkan beberapa waktu yang lalu salahsatu guru di sini telah mendapatkan sosialisasi untuk kurikulum merdeka.


Namun untuk Kurikulum 2013 ini, siswa tidak hanya text book atau menghafal saja. Melainkan mereka juga harus lebih aktif bertanya, diskusi, berpikir lebih kreatif, inovatif, cepat, dan tanggap. Selain itu, siswa juga dituntut untuk memiliki kemampuan berlogika dan dapat memecahkan suatu masalah.


Meski demikian, sistem pendidikan di Indonesia pada beberapa survei dan penilaian internasional Indonesia masuk dalam peringkat 54 pada tahun 2021, yang sebelumnya berada di urutan ke-55 di tahun 2020 dari total 78 negara.


Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan setiap perubahan pada kurikulum nasional, apakah membawa manfaat bagi sistem pendidikan, sehingga perubahan tersebut selanjutnya bisa diterapkan secara efektif dan efisien. Atau justru sistem pendidikan di Indonesia perlu dilakukan pembenahan, seperti halnya dengan menerapkan Kurikulum Internasional untuk lembaga pendidikan Indonesia.


Apa itu Kurikulum Internasional


Kurikulum Internasional
edited by canva

Nah, ternyata Kurikulum Internasional ini juga telah diterapkan di beberapa sekolah dan telah diakui oleh negara maju sebagai bahan untuk pendekatan pembelajaran yang efektif dan bermanfaat. Dengan membekali anak keterampilan yang dibutuhkan dalam kompetensi bekerja di masa depan, dan membantu mereka menjadi warga yang terbuka dan memiliki pribadi yang toleran.


Jenis-Jenis Kurikulum Internasional


Jenis Kurikulum Internasional meliputi: Internasional Baccalaureate (IB), Cambridge Internasional Examinations (CIE), dan AdvancED. Kesemuanya memiliki tujuan dan juga fokus yang berbeda-beda, yang tentunya bertujuan untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan menyiapkan siswa memahami dan berpartisipasi dalam dunia global.


5 Peran Kurikulum Internasional dalam Sistem Pendidikan di Indonesia


Menguasai Kompetensi Bekerja dengan Kurikulum Internasional
edited by canva

Hadirnya Kurikulum Internasional memiliki peran penting dalam sistem pendidikan di Indonesia. Selain dapat merasakan pendidikan internasional, juga karena kurikulum ini memberikan kesempatan bagi siswa dan guru untuk dapat memahami dunia global dengan meningkatkan kemampuan mereka dalam hal, seperti: Bahasa Inggris, teknologi, hingga budaya lain agar siap menghadapi tantangan global.

Berikut ini, beberapa peran penting yang akan didapat dari penerapan Kurikulum Internasional dalam sistem pendidikan di Indonesia, di antaranya adalah:

1. Menyediakan Akses Pendidikan Internasional Yang Berkualitas

Dengan Kurikulum Internasional, maka siswa akan diberikan kemudahan dalam proses belajar mengajarnya yang ditunjang dengan teknologi modern, hingga fasilitas yang memadai. Tentunya hal itu bisa didapat apabila sekolah telah menggunakan Kurikulum Internasional.

2. Memberikan Perspektif dan Keterampilan Global

Kurikulum ini membantu siswa memahami perbedaan budaya dari berbagai negara, membantu siswa meningkatkan kompetensi bekerja, membangun keterampilan global, seperti kemampuan berpikir kritis, pemahaman konseptual, berkolaborasi, dan beradaptasi dengan perubahan.

3. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Inggris

Tentunya dengan Kurikulum Internasional ini, maka akan dikembangkan keterampilan siswa dalam Berbahasa Inggris yang menjadi bahasa internasional dalam komunikasi maupun bisnis. 

4. Mendukung Pengembangan Karakter

Karakter siswa dapat dibentuk saat menempuh pendidikan, termasuk dengan penggunan Kurikulum Internasional yang dapat mengembangkan kepribadian mereka untuk mendapat peluang dalam persaingan global.

5. Membantu dalam Bersaing di Tingkat Internasional

Membantu dan mempersiapkan siswa atau lulusan agar mampu bersaing di tingkat internasional atau pasar global. Baik untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri, maupun saat bekerja pada perusahaan multinasional.


Hanya di Sampoerna University Kampus Terbaik dengan Kurikulum Internasional di Indonesia


Sampoerna University
edited by canva

Untuk mempersiapkan generasi masa depan yang memiliki daya saing tinggi, dan tempat pendidikan bagi calon pemimpin baik di skala global maupun internasional, dengan komunitas belajar untuk menyiapkan mahasiswa yang sukses dan profesional. Maka Sampoerna University adalah jawabannya. 


Selain itu, Sampoerna University juga merupakan kampus terbaik yang bisa dinikmati mahasiswa yang ingin mendapatkan pendidikan dengan Kurikulum Internasional. Yang mana kurikulum pendidikannya disusun unik seperti University of Arizona. Menjadi satu-satunya universitas di Indonesia dengan standar pendidikan kelas dunia ala Amerika dengan fasilitas berstandar internasional. Tersedia berbagai pilihan fakultas. Seperti: Fakultas Bisnis, Fakultas Manajemen, Accounting, Fakultas Pendidikan, Fakultas Teknologi, Fakultas Art & Science, dan yang terbaru adalah Fakultas Psikologi.


Di Sampoerna University, juga memungkinkan bagi mahasiswa untuk lulus dengan dua gelar dari Amerika dan Sampoerna University melalui program double degree. Kampus ini akan mempersiapkan mahasiswanya sukses baik secara akademis maupun profesional, lebih-lebih untuk menjadi generasi Indonesia yang mampu berdaya saing global, yang mampu berkomunikasi, berkolaborasi, berpikir kritis, memiliki kreatifitas dan inovatif.


Kesimpulan


Dengan demikian, Kurikulum Internasional memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan juga mempersiapkan siswa untuk bersaing dalam dunia kerja global maupun internasional di masa mendatang. Termasuk dalam kurikulum yang digunakan pada sistem pendidikan Sampoerna University.


32 komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^
  1. Pernah baca tentang kurikulum ini juga, di tengah selisih paham tentang kurikulum anak sekolah yang juga berpengaruh besar pada cara anak menghadapi dunia nantinya, kurikulum internasional paling efektif. Sayangnya, baru beberapa yang menerapkan kurikulum ini. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Sampoerna emang juara
    Selain peduli UMKM juga sangat peduli pendidikan
    Jadi optimis, di masa depan anak2 kita akan siap di bersaing secara global
    Berkat kurikulum internasional yang diterapkan Sampoerna University

    BalasHapus
  3. yes, segitu pentingnya untuk memperhatikan kurikulum saat memilih sekolah karena pendidikan yang ditempuh akan sangat berpengaruh pada masa depan anak, kurikulum internasional ini modern dan terbaru, menurutku sangat cocok dengan zaman sekarang yang memasuki globalisasi

    BalasHapus
  4. Salah satu faktor penting dalam memilih perguruan tinggi adalah penerapan kurikulum.
    Zaman now, generasi milenial lebih memilih kurikulum berbasis internasional agar punya daya saing global dalam mencari lapangan kerja.
    Sampoerna university yang visioner menjadi pilihan utama tentunya...

    BalasHapus
  5. Jika ingin siap dalam persaingan di masa yang akan datang, mengikuti kurikulum internasional memang menjadi salah satu pilihan terbaik. Kualitasnya tentu saja tidak diragukan karena memang berlaku, digunakan dan teraplikasikan secara internasional. Semoga dengan semakin luasnya kurikulum ini dipraktekkan, standard kualitas pendidikan di Indonesia bisa semakin baik

    BalasHapus
  6. Kurikulum internasional yang diterapkan oleh Sampoerna University ini membantu untuk memiliki kompetensi global yang dibutuhkan di era globalisasi seperti ini ya mbak

    BalasHapus
  7. Kurikulum internasional yang diterapkan oleh Sampoerna University ini membantu untuk memiliki kompetensi global yang dibutuhkan di era globalisasi seperti ini ya mbak

    BalasHapus
  8. Keren ya, Sampoerna University bisa mencetak generasi-generasi muda yang siap bersaing di kancah persaingan global. Salah satunya karena pemerapan kurikulum internasional :)

    BalasHapus
  9. Sampoerna selain suport olahraga, sekarang suport pendidikan. Masayaallah semoga bisa menciptkan generasi yang handal di akademik juga di akhlak.

    BalasHapus
  10. Lembaga pendidikan dengan kurikulum internasional bisa membantu mengembangkan karakter yang mumpuni ya, sehingga nantinya siap kerja

    BalasHapus
  11. Mantap nih Sampoerna grup mendukung pendidikan anak bangsa agar lebih siap menghadapi tantangan jaman ya.

    BalasHapus
  12. Memilih sekolah memang harus betul-betul selektif, dan melihat jauh ke depan. Dari kurikulumnya, reputasi sekolah, dan paing penting serapan lulusan di dunia kerja. Senang juga ternyata sekaranga da Sampoerna University yang siap mendukung lulusannya menjadi lulusan berkompetensi.

    BalasHapus
  13. Sekarang memang susah-susah gampang ya Mbak menentukan sekolah atau kampus untuk anak, mau sekolah dengan sistem pendidikan internasional kadang juga terkendala biaya, tapi kalau ada Universitas Sampoerna yang menawarkan kurikulum internasional dengan biaya terjangkau, kayaknya harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.

    BalasHapus
  14. Dengan kurikulum internasional yang diterapkan ketika menimba ilmu di Sampoerna University, maka dapat bekal terbaik dari segi psikis dan keilmuan. Ada d tengah-tengah atmosfer belajar yang menyenangkan di masa global begini, membuat lulusan Sampoerna University memiliki daya saing yang bagus untuk memasuki dunia kerja.

    BalasHapus
  15. Sampoerna university ini sangat siap dengan kurikulum internasionalnya yaa..

    Yakin semua lulusannya juga akan siap bersaing di dunia internasional

    BalasHapus
  16. Memang kurikulum di Indonesia sudah melalui perjalanan panjang sejak diluncurkan pertama kali tahun 1947.

    Dalam suatu sistem pendidikan, pendidikan kurikulum memang harus dinamis, harus selaku dilakukan perubahan dan pengembangan mengikuti perkembangan dan tantangan zaman.

    Meskipun begitu, perubahan dan pengembangannya harus secara sistematis, terarah, tidak asal berubah.

    ... dan Sampoerna University sepertinya bisa jadi opsi untuk mendapatkan penerapan kurikulum internasional!

    BalasHapus
  17. Generasi sekarang emang nggak terbatas lagi dalam belajar dan mendapatkan pekerjaan, jadi wajar kalau orang tua mulai melirik kurikulum internasional untuk pendidikan terbaik bagi anak-anaknya.
    Sampoerna University yang menerapkan kurikulum internasional, tentunya bisa jadi pilihan untuk memberikan pendidikan buat anak-anak

    BalasHapus
  18. kadang suka kesal ya dengan kurikulum kita yang berubah terus ini. semoga saja sih nanti pemerintah bisa menemukan kurikulum yang benar-benar bisa meningkatkan kualitas anak-anak indonesia di masa depan

    BalasHapus
  19. Kurikulum di Indonesia keseringan gonta-ganti. Sebetulnya enakan di swasta karena biasanya kurikulumnya lebih pasti. Kalaupun ada perubahan biasanya lebih siap mengikuti perkembangan zaman

    BalasHapus
  20. Bagian menariknya itu bisa dapet double degree-nya sih. oke banget ini programnya, mendukung anak untuk bisa bersaing gak cuma di dalam negeri aja, tapi juga di luar :D

    BalasHapus
  21. Tidak dipungkiri Kurikulum Internasional memiliki peran penting yang cukup besar dalam menciptakan generasi bangsa agar mampu berpikir lebih luas dan memiliki kompetensi dengan daya saing internasional. Dari menguasai bahasa inggris hingga mengembangkan karakter.

    BalasHapus
  22. Sistem internasional juga membuat siswa lancar berbahasa Inggris karena biasanya bilingual, makin siap menghadapi persaingan global

    BalasHapus
  23. Mempunyai skill penting banget ya mba apalg mau masih dunia kerja universitas Sampoerna bisa jadi pilihan karena menciptakan mahasiswa nya yg siap bersaing

    BalasHapus
  24. Di Indonesia sekarang lagi sosialisasi kurikulum Merdeka (sudah ada juga sekolah yang menjalankan), mengadaptasi dari kurikulum internasional. Jadi kalau nanti mau lanjut ke Sampoerna University yang menggunakan kurikulum internasional, sistem pendidikannya sudah selaras, ya, Mbak.

    BalasHapus
  25. Setuju banget kalau Kurikulum Internasional memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pastinya juga untuk mempersiapkan siswa untuk bersaing dalam dunia kerja global maupun internasional di masa mendatang. Good!

    BalasHapus
  26. Pada dasarnya semakin berkualitas sebuah pendidikan maka semakin mudah untuk diikuti dan diaplikasikan dalam kehidupan. Seneng banget jadi tahu kalau ada Sampoerna University yg bisa menjadi andalan pendidikan berkualotas ya

    BalasHapus
  27. Peran Kurikulum Internasional dalam pendidikan di Indonesia tentu menjadi daya tarik yang luar biasa karena bisa memfasilitasi karakter anak zaman sekarang dalam metode belajar dan bahan ajar yang juga menyenangkan. Disajikan dengan fun, hasilnya anak-anak pun memiliki skills lebih baik.

    BalasHapus
  28. Daripada nguliahin anak ke luar negeri ya jauh dan mahal, mending di Sampoerna University ya. Lebih terjangkau biaya pendidikannya.

    BalasHapus
  29. Duh, bener jgvya.. perkembangan kurikulum itu hrs lbh dinamis mengikuti dunia. Kalo bs sekolah di dalam negeri dg kurikulum luar negeri ya why not ya mba

    BalasHapus
  30. sampoerna university ini jadi rekomendasi kampus untuk calon mahasiswa yang sedang mencari tempat kuliah yaa

    BalasHapus
  31. Mau ga mau memang kita harus welcome nih dengan kurikulum internasional. Pengetahuan itu kan berkembang ya paradigma pendidikan juga berkembang seiring zaman. Yang penting mana yang sesuai dengan nilai-nilai agama dan norma masyarakat bisa kita ambil

    BalasHapus
  32. Dari jaman aku SMA emang Sampoerna aware sama pendidikan sampe sekarang malah jadi ada universitasnya.. keren banget ya rekomendasi buat ponakan yang mau lanjut kuliah bagus..

    BalasHapus

Chingudeul