‎ ‎

Harus Paham! 5 Perbedaan Investasi & Tabungan

 

Harus Paham! Inilah 5 Perbedaan Investasi dan Tabungan

Istilah Investasi kini semakin marak disebutkan. Apalagi jika berhubungan dengan tata kelola keuangan demi masa depan yang lebih baik. Ada banyak pilihan untuk bisa berinvestasi. Reksadana Saham menjadi salah satu pilihan instrumen investasi yang cukup populer saat ini. Banyak orang memilih untuk berinvestasi di sana karena memang prospek keuntungannya cukup potensial. 

Bicara soal investasi, apakah Anda sudah cukup paham tentang pengelolaan dana ini? Mungkinkah Anda masih sulit membedakan antara investasi dan menabung? Jika demikian, mari bahas lebih dalam lagi tentang investasi dan tabungan agar Anda bisa memilih langkah terbaik untuk mengelola keuangan Anda.

Perbedaan Tabungan dan Investasi

Sebenarnya tabungan dan investasi adalah dua hal yang sangat berbeda, namun seringkali dianggap sama. Supaya lebih mudah membedakannya, berikut ini ada beberapa poin penting yang harus Anda pahami terkait keduanya.

Tujuan yang Ingin Dicapai

Poin pertama yang membedakan investasi dan tabungan adalah tujuan yang ingin dicapai. Sebenarnya dua hal ini sama-sama memiliki tujuan untuk mengumpulkan uang, namun masih ada perbedaan di dalamnya. 

Menabung hanya memiliki tujuan mengumpulkan uang dalam jangka pendek maupun jangka panjang tanpa berharap adanya keuntungan. Sementara itu investasi dilakukan untuk mengumpulkan uang sekaligus membuatnya bertumbuh karena ada profit yang bisa diperoleh.

Tingkat Risiko

Mari lihat seperti apa tingkat risiko antara tabungan dan investasi. Jika dilihat dari tingkat risikonya, kedua hal ini memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Menabung punya risiko yang sangat kecil bahkan hampir tidak ada. 

Lain halnya dengan investasi yang selalu memiliki risiko baik itu besar maupun  kecil. Risiko investasi akan sangat bergantung pada jenis instrumen yang digunakan. Itulah mengapa pemilihan instrumen investasi harus disesuaikan dengan profil risiko. 

Proteksi dari Inflasi

Perbedaan lain yang juga cukup signifikan adalah proteksi dari inflasi. Inflasi merupakan salah satu hal yang harus dipertimbangkan jika Anda ingin mengelola finansial untuk masa depan. 

Saat terjadi inflasi, maka nilai mata uang jadi tidak stabil. Proteksi nilai mata uang tabungan ternyata jauh lebih rendah dari proteksi yang dimiliki oleh instrumen investasi. 

Jika Anda menabung, maka bisa saja nilai mata uang turun drastis saat terjadi inflasi. Lain halnya dengan investasi dimana aset Anda bisa terus berkembang dan mencapai angka yang tinggi serta terlindung dari inflasi. 


Perbedaan Tabungan dan Investasi


Potensi Profit

Dari segi profit juga jelas bahwa tabungan dan investasi memiliki perbedaan yang sangat besar. Tabungan tidak memberikan profit, jika memang ada profit maka nilainya relatif kecil. 

Sementara itu investasi punya peluang profit yang lebih tinggi. Apalagi jika Anda memilih jenis instrumen investasi yang prospeknya bagus dengan risiko yang lumayan tinggi.

Reksadana Saham adalah salah satu contoh instrumen investasi yang memiliki potensi profit cukup tinggi. Tidak heran jika instrumen ini banyak dijadikan pilihan oleh para investor. 

Akses Dana

Bagaimana dengan akses dananya? Tabungan lebih mudah untuk diakses kapanpun Anda membutuhkan dana. Dana tabungan bisa diambil kapan saja karena memang tidak terikat proses apapun. 

Sementara itu dana investasi tidak bisa diambil sewaktu-waktu sesuka hati. Dana investasi harus disimpan dalam jangka waktu tertentu agar bisa menghasilkan keuntungan. Selain itu ada proses dan tahapan yang harus dilalui jika ingin menarik dana tersebut.  

Pentingnya Tabungan dan Investasi di Masa Depan

Meskipun memiliki perbedaan yang signifikan, namun tabungan dan investasi sama-sama punya peran penting di masa depan. Jika Anda ingin bebas secara finansial dan mendapatkan kenyamanan hidup maka pastikan memiliki keduanya. 

Mulailah mengalokasikan dana untuk tabungan dan investasi sebagai bentuk tanggung jawab Anda dalam mengelola finansial. Anda bisa membagi uang untuk dialokasikan ke tabungan dan diinvestasikan agar nilainya terus bertumbuh. 

Selama memiliki tabungan, berinvestasi Reksadana Saham akan membuat Anda jauh lebih tenang. Kebutuhan dana darurat terpenuhi dan ada simpanan dana yang bisa Anda andalkan di masa depan untuk memenuhi kebutuhan tertentu. 

Investasi Reksadana Saham Lebih Mudah Bersama DBS Treasures

Jadi, apakah sekarang Anda sudah semakin yakin untuk berinvestasi dalam bentuk instrumen Reksadana? Jika iya, maka Anda bisa memilih untuk berinvestasi bersama perbankan prioritas DBS Treasures. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda nikmati:

Pengelolaan Dana oleh Manajer Investasi

Modal investasi akan dikelola oleh Manajer Investasi yang bermitra dengan pihak DBS Treasures. Mereka memiliki banyak pengalaman dan bekerja secara profesional dalam mengoptimalkan imbal hasil investasi. 

Tersedia Dukungan Wawasan Investasi

Ada tim ahli finansial yang akan memberi dukungan wawasan investasi kepada Anda. Tim ini akan memberikan informasi lengkap dan up to date mengenai peluang pasar sebagai bahan analisis. 

Mudah Diversifikasi

Anda bisa melakukan diversifikasi dengan lebih mudah. Lewat diversifikasi ini Anda bisa mengalokasikan dana ke beberapa jenis instrumen investasi agar profit lebih optimal. 

Transaksi Praktis Pakai Aplikasi

Proses transaksi investasi bisa lebih mudah dan cepat pakai Aplikasi digibank by DBS. Aplikasi ini bisa dipakai untuk registrasi SID (Single Investor Identification) dan melakukan jual, beli, maupun switching Reksadana. 

Lewat aplikasi tersebut, Anda akan terhubung dengan banyak pilihan jenis Reksadana. Mulai dari Reksadana berdasarkan Manajer Investasi maupun sesuai pengelompokkan produknya. 

Anda akan berkesempatan untuk didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portfolio Anda, dimotori oleh Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). 

Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi. 

Investasi Reksadana Saham bisa jadi lebih praktis dan tetap aman bersama DBS Treasures. Segera susun strategi investasi Anda agar bisa mencapai target finansial lebih cepat. Klik di sini untuk mendapat informasi lebih lengkap. 

Semoga informasi ini bermanfaat. Jangan lupa untuk tinggalkan jejak Anda di kolom komentar yang telah disediakan. Sampai jumpa artikel berikutnya.

With love 💕

Rohmah


1 komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^
  1. Tentang dua cara apa ya intinya mengelola uang ini, menabung memang sering jadi pilihan. Eits, tetapi sekarang banyak yang memilih investasi karena ada keuntungannya. Kalau nabung dana yang disimpan akan tetap, sedangkan kalau investasi bakal naik asal bisa bijak. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Chingudeul