‎ ‎

Narablog Kok Lama Tidak Update Blog? Inilah Penyebabnya

 

Narablog Kok Lama Tidak Update Blog


Bismillaahirrohmaanirrohim

Halo sobats,,, setelah sekian purnama akhirnya ada tulisan yang dari hati bisa tayang melalui rumah maya pribadi ini. Sebenarnya hampir saja saya melewatkan kesempatan untuk dapat membangun kembali atmosfir menulis ini. Namun, ketika sudah berniat dan akan komitmen pada diri sendiri, kalau saya harus menyelesaikan challenge ini. Maka, mau tidak mau, apapun kondisinya, tetap harus konsisten dengan niat awal yang sudah terucap kemarin. Jadi, mari kita mulai berdasarkan judul dalam artikel ini. Narablog Kok Lama Tidak Update Blog?

#YukNgeblogLagi,#NgeblogAsyikBarengKEB
Semangat untuk ikut challenge #YukNgeblogLagi,#NgeblogAsyikBarengKEB
walau jam mendekati 24.00 WIB

Bukan tanpa alasan tulisan ini bisa saya tayangkan di jam cinderella menuju ke hari berikutnya. Hal itu dikarenakan keresahan pada diri sendiri yang dari kapan hari sudah menulis agenda untuk dapat unggah artikel baru. Namun adaa saja alasan ina itu. Ujung-ujungnya, ya tetap tidak ada perubahan yang signifikan.

Begitu kemarin Kumpulan Emak Blogger (KEB) mengunggah informasi di feed instagram terkait challenge menulis dalam rangka menyambut Hari Blogger Nasional. Hingga akhirnya saya pun meniatkan diri untuk dapat terlibat di dalamnya. Sesuai tema pada tanggal 19 Oktober 2023 yaitu : Apa Yang Membuat Emak Lama Tidak Update Blog?

Untuk menjawab hal itu, sekaligus ajang untuk curhat juga, berikut ini beberapa hal versi saya yang ngakunya narablog atau blogger, tapi kok lama tidak update blog? Apa sih penyebabnya? Simak hingga akhir tulisan ini ya. Let’s check this out

Penyebab Narablog *rurohmadotcom* Lama Tidak Update Blog 

Berhubung artikel ini tayang di website rurohma.com, maka agar sesuai dengan yang saya alami berdasarkan realitanya, maka berikut ini penyebab saya lama tidak update blog. Yang mungkin saja bisa juga dialami oleh para narablog lainnya. Di antaranya adalah:

1. Menemukan Hobi Baru

Jika dulu memiliki kegemaran menulis dan update artikel di blog selalu dibarengi dengan semangat yang berapi-api, namun adakalanya ketika menemukan kegemaran baru, bisa jadi kebiasaan sebelumnya kurang begitu diminati dan ingin fokus dengan apa yang tengah membuatnya antusias saat ini.


Ada banyak ragam hobi, namun saya akan sebutkan beberapa saja. Misalkan: sedang menikmati menonton tayangan drama korea, drama cina, atau lainnya yang membuat kegemaran lama jadi sedikit terabaikan. Selanjutnya, ada bermain game. Mungkin, karena sedang suka dan menikmati hobi baru atau menemukan game yang sesuai passion dan bikin nyaman. Sehingga untuk menulis di blog jadi bisa nanti-nanti saja. 

Jujurly, kalau saya sih ada permainan yang sangat bikin antusias, dan cukup bisa melupakan agenda membuat ulasan dari kegemaran baru saya ini. Karena memang lagi senang saja. 


2. Lebih Nyaman Berselancar di Social Media

One of my reason, salahsatu penyebab saya juga. Bahkan mungkin ada narablog yang demikian. Media sosial itu banyak jenis dan ragamnya. Punya fitur, keunggulan, dan kekurangan masing-masing. Jika tidak menemukan yang dicari di satu aplikasi media sosial, bisa berpindah ke aplikasi satunya, dan seterusnya. Oleh karena itu, ketika sedang berselancar di sosial media suka membuat lupa. Tahu-tahu, oh sudah jam sekian.


Hal yang jarang disadari suka menguras waktu yaitu scroll media sosial. Entah Instagram, Tiktok, Facebook, Whatsapp, dan masih banyak lainnya. Kalau sudah fokus sudah pasti apa yang akan direncanakan tadi, seketika akan buyar. Sebab terlanjur menikmati scrolling tersebut. 


3. Tidak Menemukan Ide Menulis atau Justru Menguap Begitu Saja

Ide itu bisa dicari. Tapi, kalau sudah menemukan ide tidak segera dieksekusi atau hanya dibiarkan berlalu saja. Yang ada hanya numpang lewat itu ide. Ya, menguap jadinya. Hal seperti ini sering banget terjadi. Niat mau review ini itu, tapi lupa tidak dituliskan poin-poinnya. Yasudah wassalam itu ide. 


4. Tulisan Berhenti di Draft

#YukNgeblogLagi,#NgeblogAsyikBarengKEB
Sudah bikin judul, tapi tidak dilanjutkan menulis isi artikel -_-

Tidak usah jauh-jauh, saya sendiri pun demikian. Sudah menulis judul artikel di Ms. Word. Sudah disimpan, tapi tidak segera dilanjutkan. Yang harusnya bisa tayang beberapa hari kemudian. Hingga tidak tahu nasib itu tulisan bagaimana. Entah akan tayang, atau keburu basi duluan. 


5. Pasca Mengalami Musibah

Barusaja mengalami hal ini beberapa bulan yang lalu. Kehilangan Anggota Keluarga. Ya, hal ini karena kepergian ibu mertua, lalu menyesuaikan dengan ritme aktivitas yang dulunya lengkap, lalu berkurang. Yang sebelumnya bisa berbagi tugas, sekarang ada yang perlu ditangani sendiri. 


Musibah lain bisa jadi karena sakit. Sebab mungkin tidak boleh terlalu fokus dengan pekerjaan, maka akhirnya memilih untuk istirahat sejenak. 


6. Susah Mengatur Waktu untuk Menulis

Adakalanya pekerjaan utama dipenuhi tugas hingga agenda padat, atau karena poin ke-5, belum bisa mengatur waktu dengan baik karena pasca mengalami musibah, membuat aktivitas menayangkan artikel hanya jadi angan-angan saja. Tetap saja banyak alasan. Padahal bagi sebagian orang, menulis bisa jadi self healing. Lalu sebagian lagi bagaimana? Mungkin perlu menyesuaikan aktivitas baru dengan menemukan terlebih dahulu waktu yang tepat agar dapat meneruskan kebiasaan sebelumnya tersebut.


7. Malas

Tidak banyak berkomentar kalau sudah penyakit ini muncul sih. Akan sangat sulit kalau diterpa males atau mager, malas gerak, enaknya rebahan, atau karena capek, sudah tidak ingin terbebani dengan menulis dan membiarkan sejenak blognya. Lalu berkolaborasi dengan media sosial. Wah, sungguh mantap itu.


Tidak bisa dipungkiri, saya sendiri kalau sudah ketemu penyakit malas ini. Ide baru apapun itu, bahan yang sudah siap untuk dijadikan tulisan akan lewat begitu saja. Apalagi jika terdistraksi karena kegiatan scrolling. Alamat sudah. Selamat tinggal artikel yang harusnya tayang jadi sedikit tertunda.


Lalu, bagaimana saya yang ngakunya narablog mengatasi hal-hal di atas? Simak di artikel yang kemungkinan akan segera tayang setelah tulisan ini diunggah ya. Karena sudah terlanjur membuat poin-poinnya. Sayang kalau dibiarkan saja.


Ngeblog Asyik Bareng KEB


#YukNgeblogLagi,#NgeblogAsyikBarengKEB
Kalau sudah niat, yakin bisa, aku bisa posting hari ini ^_^

Semoga langkah yang dimulai oleh Kumpulan Emak Blogger (KEB) ini memberikan angin segar untukku bisa termotivasi dan memaksa diri agar dapat menayangkan tulisan yang harusnya tayang. Bisa diunggah dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Entah apa saja yang terjadi selama akan menulis ada kendala apapun. Kalau sudah niat, harus tetap dilanjutkan.


Bismillah, doaakan ya sobat, semoga dengan saya mengikuti challenge ini, website rurohma.com tetap dianggap hidup oleh mesin pencari. Atau pembaca yang mungkin kebetulan menemukan informasi yang dicari di rumah maya ini.


[Behind The Scene] Yuk Jangan Kebanyakan Alasan Hingga Lama Tidak Update Blog

#YukNgeblogLagi,#NgeblogAsyikBarengKEB#YukNgeblogLagi,#NgeblogAsyikBarengKEB
FYI, lagi goreng tempe buat tumis besok

Dibalik artikel yang tayang di jam-jam pergantian hari ini, sebenarnya saya baru ingat kalau ingin mengikuti challenge Ngeblog Asyik Bareng KEB saat sedang menggoreng tahu dan tempe untuk dimasak esok pagi. Berhubung niatnya mau bikin perkedel juga, akhirnya urung sudah. Alhamdulillah ide sudah ada, jadi bisa dieksekusi dalam satu jam. Sejak jam 23.05 WIB. 


Ternyata bisa juga ya jika diusahakan


Terima kasih telah membaca artikel ini, sampai jumpa pada artikel dengan tema challenge berikutnya.

Kr. Rohmah

Ngeblog Asyik Bareng KEB Logo


9 komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^
  1. No 7 emang gak ada obatnya ya wkwk. Mungkin kudu menemukan kembali motivasi buat ngeblog. Biasanya kalau yang satu ini aku nemunya di komunitas soale biasae ada si paling rajin HAHAHAHA

    BalasHapus
  2. Kalau Vina, keseringan itu tidak Menemukan ide menulis karena pas lagi kepikiran, itu ga langsung di eksekusi begitu. Jadi menguap begitu saja yang akhirnya tulisan berhenti di draft. Padahal saat berkendara pulang dari kantor, kepikiran dan banyak hal yang ingin dituangkan -,

    BalasHapus
  3. Sungguh lika-liku dunia blogger yaa..
    Kalau update, suka pinginnya yang perfect, jadi malah gak maju-maju dan berakhir di draft.

    I feel you banget, Ma.
    Pas ditinggal Babe rahimahullah, kerjaan aku bengong, kadang gak ada apa-apa bisa nangis (sendiri), sedih berkepanjangan dan beneran gak bisa nulis.

    Memang selalu ada fase kaya gini kali yaa.. dalam hidup.
    Kita diminta berhenti sejenak untuk menikmati ada apa di fase tersebut.

    BalasHapus
  4. Beberapa penyebabnya juga terjadi di aku, trutama MALES 🤣🤣. Duuuh itu susah banget memang mbaaaa. Kadang kalo udh muncul, langsung ilang semua keinginan buat ngelakuin ini itu 😔.

    Apalagi aku moody-an orangnya. Makanya penting banget menjaga mood.

    Krn sekarang udh resign dr kantor, jadinya aku bikin jdwal sehari2, dari pagi sampe malam hrs ngapain aja. Trus selama ngerjain pake teknik pomodoro mana pasang timer 25 menit, utk nyeleseikan 1 tugas. Baru nanti ke tugas lain.

    Lumayan ngaruh kalo aku. Jadi bisa bikin fokus pas ngelakuin sesuatu. At least skr blogku bisa di-update seminggu sekali sih

    BalasHapus
  5. Iyaa kak
    .bener2 kudu punya niat kuat untuk update tulisan di blog lalu ikut blogwalking. Kalo dibiarin ya bisa2 blog berdebu dan gak kerasa berbulan2 tidak update.

    BalasHapus
  6. aku banget ini mbak hahaha
    endingnya banyak benernya, kalau diusahakan, dan diniati yang kuat, sebenernya bisa tayang artikelnya
    dann memang bener kalau scroll scroll ini itu bisa bikin lupa waktu dan akhirnya bablas wes. Aku sering begini soalnya
    terus kadang udah di depan laptop, malah disambi buka yang lain, ya bablas juga akhirnya

    BalasHapus
  7. Jadi inget, draft ku di nlog pertama dan blog kedua kalo di total bisa buat beli cilok. Huhuh, saking banyaknya dan aku bingung mau ngelanjutin. Tapi..sayang juga kalau dibuang.
    Akhirnya mangkrak deh.. kaya proyek gagal. Huhuhu~

    BalasHapus
  8. Aslinya kalau niat waktu satu jam bisa ya nulis untuk blog. Tapi ya itu. Kadang manajemen waktu kita yang kurang baik, sukanya gak dispilin (itu saya).

    BalasHapus
  9. Saya juga kalau lagi malas nulis beneran nggak nulis apa-apa kecuali ada job makanya bersyukur banget kalau tiba-tiba ada job jadinya blog tetap update deh

    BalasHapus

Chingudeul