‎ ‎

Berawal Dari Komunitas Blogging Lalu Jadi Teman Chatting

 

Berawal Dari Komunitas Blogging Lalu Jadi Teman Chatting

Bismillaahirrohmaanirrohim

Halo sobats, pernah nggak sih kamu memiliki teman yang sebelumnya tidak tahu akan bisa jadi bestie dalam hal tertentu gitu. Namun karena tergabung dalam satu komunitas, jadilah bisa berkenalan, tahu, punya ketertarikan dalam hal yang sama, kemudian terjadi komunikasi dua arah. Yang mulanya interaksi karena suatu hal, lalu jadi lebih dekat lagi sebab intensitas interaksinya lebih sering. Jika memiliki kejadian yang sama, sepertinya hal ini sangat relate dengan kamu. Khususnya para blogger atau narablog yang bergabung dengan komunitas blogging. 

Mengapa dalam artikel ini saya membahas mengenai teman blogging? Karena untuk tema challenge Ngeblog Asyik Bareng KEB di hari kedua ini tentang Punya Banyak Teman di Komunitas Blog? Mengapa Akrab dengan Teman Tersebut?

Oleh karena saya bergabung di beberapa komunitas blogging, jadilah saya bisa berkenalan dan tahu dengan beberapa nama para blogger yang berada di berbagai kota di Indonesia ini. Namun adakalanya yang cukup sering berinteraksi mungkin ada beberapa juga. Apalagi jika bertemu lagi dalam komunitas blogging lain. 

Sehingga dalam artikel ini saya akan menyebutkan beberapa nama blogger yang awalnya kenal karena berada dalam komunitas blogging, eh ternyata bisa jadi teman chatting juga. Chatting entah dalam hal kerjaan, topik tertentu yang sama-sama disuka, curhat, dan lainnya. Untuk itu, mohon disimak hingga akhir ya, kali saja orang yang saya sebutkan juga memiliki kesan yang sama dengan saya. Oke, let’s check this out.

Banyak Teman, Tambah Pengetahuan

Jika dalam blogging ada istilah mempromosikan blog, yang mana manfaatnya kita maupun blog kita juga bisa ikut terkenal atau dikenal oleh blogger lain. Atau untuk pembaca blog kita. Dengan bermula dari blog, suka dengan gaya penulisan, atau informasi yang diberikan sangat membantu menjawab rasa penasaran, maka cari tahu penulisnya, entah dari bio, hingga sosial medianya. Lalu, saat ada event tertentu ada menyebut nama blog atau blogger ini. Jadi tahu deh, oh blog punya mbak atau mas itu ya. Apalagi jika masih dalam 1 komunitas. Lebih enak lagi mengenalinya. Terlebih jika brandingnya sangat kuat.

karena komunitas blogging, jadi nambah teman

Hal seperti itu tidak hanya terjadi dengan 1 nama blogger saja. Apalagi jika beberapa kali tergabung dalam blogwalking di satu grup maupun lainnya, atau mengikuti job tertentu. Lama kelamaan akan jadi hafal dengan nama-nama tersebut. Hingga tercipta interaksi yang klop di dalam grup komunitas tersebut.

Semakin banyak teman, bisa jadi semakin besar juga impact kita untuk mereka. 

Pun banyaknya teman dalam satu komunitas yang tergabung dalam grup bisa membuat kita jadi lebih tahu jika menyimak atau karena interaksi, kalau blogger ini seperti ini, ini, itu. Hal ini juga akan membuat kita jadi tambah pengetahuan. Dalam mengenal personal, atau menambah pengetahuan atas informasi yang pernah disampaikan teman tersebut. Juga sebaliknya.

Dari Obrolan di Dunia Maya Jadi Pertemuan di Dunia Nyata

Siapa menyangka, dulu saya yang setelah lulus Aliyah memutuskan untuk bekerja dan berkenalan dengan blogging. Hingga akhirnya dan semoga seterusnya menekuni blogging ini. Yang semula dunia pertemanan cukup sempit. Selain teman masa kecil, teman sekolah, ya sudah itu saja. Namun, karena saya ingin bisa memiliki teman di luar lingkup sekitar maka ada komunitas blogging yang kemudian mempertemukan saya dengan para blogger yang hanya tahu atau komunikasi di grup, lalu bisa berjumpa langsung secara nyata. How how?

Janjian ketemuan sama Mba Nurul Rahma dan Mba Avy di Surabaya

Awalnya saya tidak percaya, sebab pertemuan dengan teman-teman blogger ini terjadi karena satu atau lain hal. Karena ada dalam satu kota, kebetulan sedang berada di luar kota, dan ada yang ajak untuk kopdar mumpung di kota tersebut, hingga ketemu karena event tertentu. Dari hal seperti itulah yang kemudian nyambung saat diajak chatting di media sosial apapun.

Maka dari itulah, saya menyimpulkan. Dengan hadirnya dan bergabungnya saya dalam sebuah komunitas blogging. Membuat saya mengenal para blogger yang akhirnya cocok untuk diajak chatting atau sesuai dengan yang diobrolkan.

Bagaimana Keakraban dengan Teman Blogger ini?

Sebenarnya cukup sulit jika harus menyebutkan nama-nama blogger yang saya kenal dari komunitas blogging. Tapi, berkat mereka jugalah saya jadi tambah teman. Tidak hanya dalam blogging, namun dalam pembahasan di luar itu juga. Beberapa di antaranya adalah:

1. Evrina Budiastuti

Nama blogger pertama yang menjadi pembuka akhirnya saya bisa mengenai sebuah komunitas blogging. Mbak-mbak yang saya tanyakan bagaimana cara bergabung di grup tertentu. Hingga akhirnya tahu blognya dan sering mampir, dan beberapa kali chatting juga.

2. Witri Prasetyo Adji

Pertama kali janjian ketemuan di kota Mba Witri di Boyolali

Tahu, kenal, dan cocok komunikasinya sampai jadi teman curhat reallife saat bergabung dalam sebuah challenge arisan link. Yang kemudian kopdar di tahun berikutnya karena saya ikut kegiatan Kelas Inspirasi. Begitu senang rasanya karena bisa bertemu satu dari sekian teman blogger setelah gabung komunitas blogging.

3. Rhoshandhayani

awal mula terbentuknya sebuah komunitas blogging di Kota Jember

Awal mula berkenalan dengan Mbak Rosa karena diajak kopdar oleh Mbak Prita HW yang saat itu juga ada bogger lain seperti Mba Fevtri Sjahrir, Faisol Abrori, dan tercipta komunitas Blogger Jember. Dari sinilah beberapa kali pertemuan dan event saya bisa satu project bersama Mba Rosa. 

4. Lendyagashi

Jujurly, mengetahui nama Mba Lendy itu sudah dari jauh-jauh hari. Namun, berkat Kumpulan Emak Blogger akhirnya saya bisa menikmati obrolan di chatting. Sebab kita memiliki ketertarikan yang sama dalam mendukung salahsatu grup KPOP dari SM, yaitu NCT. Lanjut RIIZE. Hahahaha. 

Awalnya hanya sahut-sahutan tentang KPOP, kemudian karena saya tahu Mba Lendy di postingannya suka membahas tentang NCT, jadilah ketika di media sosial ada hal-hal yang berhubungan dengan NCT saya suka colek akunnya. Selanjutnya saved nomor buat membahas per KPOPan favorit kita ini deh. Berkat Mbak Lendy juga, saya bisa berkenalan dengan Blogger Ria Rochma, Alfia D. Masyitoh, Thalita Rahma yang pembahasannya tidak jauh-jauh dari per KPOPan.

5. Echa Imutenan

Tahu Mba Echa karena dulu pernah jadi juara dalam lomba blog. Kemudian beberapa tahun akhirnya bisa satu grup lagi. Hingga bisa kopdar saat Mba Echa di Jember untuk menjalani pengobatan beberapa waktu lalu.

6. Beberapa Nama Blogger Yang Cukup Banyak Jika Disebutkan

Rhoshandha, saya, Vindy Putri, Suga Tangguh, Rizki Vadila, Ilham Sadli


Pernah pas ke Surabaya bertemu dengan Mba Nurul Rahma dan Mba Avy yang sangat ramah menyambut saya di kota orang. Ada Ilham Sadli, Suga Tangguh, Vindy Putri, Mas Priyo yang beberapa kali suka saya mintai tolong tentang blog, Dan masih banyak lagi tentunya nama-nama blogger jika harus disebutkan di sini semua ya. Hehehe

Bukan berarti jika tidak disebutkan tidak spesial ya. Sebab karena batasan kata, jadi saya cukup sebutkan beberapa saja.

Itu dia beberapa teman blogger yang hanya sekedar tahu, berubah jadi teman chatting. Kalau tidak ada komunitas blogging, mana mungkin saya bisa bertemu atau komunikasi dengan mereka. Terima kasih unuk grup-grup blogging yang saya ikuti tanpa bergabung dalam grup itu, saya tidak akan mendapat relasi pertemanan seperti di atas.

Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar di kolom yang telah disediakan. Sampai jumpa pada tulisan berikutnya.

~blessed

Rohmah

Ngeblog Asyik Bareng KEB Logo



5 komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^
  1. Hello, Rohmaaaaa...
    Maafkan aku kalok lagi kumat mode cegilnya.
    Tapi bener deh, aku senyaman itu sama kalian. Jadi kaya gak khawatir kalo mo nunjukin sisi aku yang ini.

    Semoga terus saling sayang dan saling dukung yaa..
    Laafff..

    BalasHapus
  2. Paling seru memang kalau sudah ketemu dalam sebuah wadah yang berisi sesama pegiat hobi. Dari tadinya ga kenal, bisa lebih mengenal lebih dalam dan akhirnya jadi sohib per-blogger-an.

    Cuma saya sampai sekarang masih bingung, mau ikutan komunitas blog dimana ya? Sampai sekarang belum dapet / belum tau grup blogger yang masih cukup aktif ada dimana.

    Btw dari sekian banyak list aku cuma tau mbak Lendyagassy ajah. Tiap kesebut namanya langsung terbayang film-film korea baru, hahaha

    BalasHapus
  3. Itulah asyiknya jadi blogger ya mba 😄👍. Kenalan makin banyak... Aku tipe yg ga bisa cepet akrab Ama orang baru kenal, tapi beda saat meet up dengan bloggers

    Mungkin Krn sama2 suka menulis, sama2 punya blog, sebelumnya sering komen di blog juga, jadinya pas ketemu kayak udh kenal lama aja . Ga ada kaku2nya.

    Sama pas ketemuan dengan bloggers Malaysia yg sering aku BW, itu juga langsung klik. Makanya betaaah banget sampai skr JD blogger 😄👍.

    Yg blogger Indonesia aku pernah juga ketemuan, walo belum banyak. Tapi sedihnya bbrpa ada yg udh ga terlalu aktif di blog. Untungnya kontak kami msh dekat.sesekali ngobrolnya di Medsos jadinya . Semua berawal dari blog 😄

    BalasHapus
  4. Memang banyak banget nih ya keuntungan ketika menjadi seorang blogger ini

    BalasHapus
  5. Wah berawal dari teman komunitas bisa menjadi teman dekat nih ya sekarang

    BalasHapus

Chingudeul