Kemudahan Berjualan Online di Tokopedia

April 25, 2018




Bisnis online saat ini, menjadi alternatif pekerjaan sampingan atau pekerjaan tetap yang dipilih oleh sebagian orang untuk menjadi salah satu cara mencari uang secara online. Keluar dari zona nyaman, mencari dana tambahan selain menjadi ibu rumah tangga, atau untuk memanfaatkan waktu luang di jam sekolah, merupakan sekian dari alasan yang diambil untuk melakoni bisnis online. Ada banyak marketplace yang menjadi sarana berjualan dengan beberapa keunggulan. Namun, hanya 1 tempat yang memiliki fasilitas berbeda daripada lainnya. Marketplace tersebut adalah Tokopedia.


Kenapa Jualan Online di Tokopedia?

Karena, dengan Jualan Online melalui Tokopedia, kamu dapat mencari peluang berbinis online, atau membawa bisnis offline kamu ke ranah online. Selain itu, jika kamu sudah memiliki toko di Tokopedia, nantinya kamu dapat terhubung langsung oleh berbagai bank dan agen logistik di Indonesia. Dengan metode pembayaran yang bervariasi, seperti : Mandiri ClickPay, Mandiri e-Cash, BCA KlikPay, Klik BCA, Kartu Kredit ataupun Indomaret secara gratis. Bahkan hitung ongkir dan tracking pesanan pun disediakan secara cuma-cuma.


Nah, bagaimana cara memulainya? Kamu tak perlu khawatir, berikut ini akan saya paparkan langkah-langkah untuk memulai Cara Jualan Online di Tokopedia. Sebelumnya, kamu harus punya akun dan login ke Tokopedia ya, gaes. Selanjutnya, simak langkah berikut ini

1. Buka    Toko
    Klik menu ikon “Buka Toko” yang ada di header menu laman Tokopedia

2. Tambah Produk

    Masukkan produk-produk yang kamu jual dengan “Tambah Produk” di menu Toko Saya

3. Terima Pesanan

  Setelah selesai, kamu akan menerima notifikasi pesanan baru dengan klik ikon “Inbox” lalu pilih  “Pesanan Baru”.

Cukup mudah, bukan?

Nah, bagaimana tips atau kiat sukses untuk Jual Beli Online di Tokopedia? Karena, setelah memiliki toko di Tokopedia, kamu pun juga perlu mempromosikan barang yang kamu jual. Berikut adalah tips suksesnya:

1. Upload Foto Produk dengan Menarik

    Hal dasar yang dapat membuat orang tertarik mengunjungi toko kamu yaitu dengan mengunggah foto produk semenarik mungkin yang terlihat jelas dan eye-catching.

2. Gunakan Nama Toko dan Domain yang Mudah diingat

    Sebaiknya, gunakan nama toko yang mudah diingat oleh pembeli. Sehingga, mereka yang pernah membeli produk atau sekadar berkunjung, dapat menemukan toko online kamu lagi.

3. Fasilitas Promo

   Manfaatkan Fasilitas Promo yang ada di Tokopedia yang dapat kamu gunakan dalam setiap satu jam sekali untuk satu produk. Dengan klik tombol “Promosi’, maka produk kamu akan muncul di hasil pencarian produk berdasarkan kategori.

4. Promosi ke berbagai Sosial Media

  Pergunakan sosial media kamu untuk mempromosikan produk. Karena sosial media sangat berpengaruh untuk dikunjungi para pengguna internet, khususnya mereka yang memiliki hubungan pertemanan dengan sosial media kamu. Baik itu di Facebook, Instagram, Twitter, Google+, Line, BBM, atau sosial media lainnya.

5. Pelayanan yang baik

  Tak lupa untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pembeli atau pengguna yang bertanya tentang produk yang kamu jual. Caranya dengan membalas pertanyaan yang tersedia di “Talk About it/Diskusi Produk” secara rutin. Selain itu, membalas review dari pembeli pun perlu kamu lakukan, supaya mereka puas dengan pelayanan yang kamu berikan.


Nah, itu dia kiat sukses untuk jualan online di Tokopedia. Sedangkan, alasan kenapa Jualan Online di Tokopedia itu mudah, dan berbeda dari marketplace lainnya?


Harganya jujur

Karena, di Tokopedia kamu dapat memasukkan nominal harga barang sesuai harga secara jujur, tanpa ada kelipatan sama sekali. Misalkan produk kamu berupa undangan pernikahan dengan harga 1.250,- per biji. Maka kamu dapat memasukkan sesuai harga barang yang telah kamu tentukan. Itulah yang membuat Tokopedia berbeda dengan marketplace lainnya.

Selanjutnya, yuk login dan daftarkan bisnis online produk kamu, dan dapatkan tips atau kiat sukses Seputar Bisnis Toko Online, hanya di Tokopedia. Kalau nggak sekarang, kapan lagi mau mulainya? Hehehe

Semoga artikel tentang Kemudahan Berjualan Online di Tokopedia ini berguna dan bermanfaat untuk mempromosikan produk offline kamu ke ranah online melalui marketplace Tokopedia ya, gaes.

Jangan lupa untuk feel free to drop your comments ya.

You Might Also Like

3 komentar

  1. Aku lagi demen2nya beli di tokped. Tapi dikeep di keranjang wkwk.

    BalasHapus
  2. Saya juga jualan di Tokopedia, hehe. Membantu banget untuk pemasaran buku di penerbitan saya. :)

    BalasHapus
  3. Enak euy, pake Tokopedia... Banyak diskonnya

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Me

Jika ingin mengontak saya untuk keperluan publikasi, kerjasama, ataupun pertanyaan lain tentang blog ini bisa dengan mengirim email langsung ke rurohma95@gmail.com.
Terima kasih -
Copyright by Khoirur Rohmah
Fastabiqul Khoirots

Like us on Fanpage

Kicauan Saya