Simak Yuk, Manfaat Bersih-Bersih Rumah untuk Kesehatan

April 19, 2018




Untuk teman-teman yang sekarang membaca artikel ini, khususnya bagi yang tinggal di Jakarta, di mana perusahaan yang berlomba-lomba menjadi jasa cleaning service terbaik di Jakarta sudah mulai menjamur. Nah, berapa banyak kah memanfaatkan layanan jasa cleaning service panggilan itu?

Dengan menyewa orang untuk melakukan bersih-bersih rumah, dapat menjadi salahsatu cara instan untuk mendapatkan rumah yang nyaman dan sehat tanpa banyak membuang waktu serta tenaga kalian. Namun, pernahkah kalian sesekali mencoba melakukan beres-beres rumah seorang diri atau ditemani keluarga?

Kalau saya sendiri, pernah bebersih sendiri tapi hasilnya tetap kewalahan. Sehingga minta bantuan keponakan yang dengan senang hati membantu pekerjaan bersih-bersih rumah. Sehingga capeknya tidak terlalu kerasa. Karena sama-sama bagi-bagi tugas, dan dapet capeknya, serta terkuras tenaganya, hehehe. Namun, juga cepat kelarnya ketimbang dikerjain sendiri.

Nah, jika kalian belum pernah melakukan bersih-bersih rumah, maka saya dapat menyarankan kepada kalian untuk melakukan hal tersebut. Mengapa demikian? Karena ternyata beres-beres rumah itu memberikan banyak manfaat untuk medis loh, gaes. Lau, apa sajakah manfaat tersebut?

Check this out

1. Membuang Sumber-Sumber Penyakit

Membersihkan rumah secara tidak langsung mampu membuang sumber-sumber penyakit yang ada di lingkungan keluarga. Seperti sampah-sampah rumah tangga, hingga debu atau tungau yang ada di kasur, karpet, maupun tempat-tempat untuk berkumpul dengan keluarga. Dari hal ini, kalian telah berhasil melindungi keluarga dari serangan berbagai macam infeksi, dan tentunya alergi serta asma jika ada anggota keluarga kalian memiliki riwayat asma.

source : pixabay

2. Membakar Kalori

Manfaat beres-beres rumah juga mampu menurutkan berat badan, loh. Tentu saja jika hal itu tidak mengalahkan aktivitas tersebut dengan makan secara berlebihan ya. Karena, berdasarkan penelitian terbaru diketahui bahwa dalam waktu 2 jam beres-beres rumah, bisa membakar kalori sebanyak 600 kalori.

Analoginya, jika kalian memiliki berat badan 40 – 60 kg berlari sepanjang 5 km selama 30 menit, hanya akan membakar sekitar 300 – 400 kalori. Artinya, jika kalian melakukan beres-beres rumah setiap hari secara tidak langsung, kalian telah melakukan aktivitas fisik yang lebih berat dari jogging jarak jauh loh gaes. Keren kann?

Apalagi, aktivitas bersih-bersih rumah ini dapat dirinci menjadi yang paling ringan yakni vacuuming selama rerata 20 menit yang akan membakar sekitar 87 kalori kalian. Nah, yang paling berat itu membersihkan jendela dengan menggunakan cairan pembersih serta lap selama 20 menit yang akan membakar sekitar 115 kalori.

source : pixabay

Nah, kalau aktivitas seperti menyapu, mengepel, membersihkan kamar mandi, kira-kira berapa kalori yang akan terbakar, ya? daebak, kan? Ehheheee

3. Terhindar dari stress serta berbagai penyakit lainnya


Manfaat medis lainnya dari bersih-bersih rumah ini, kalian  akan terhindar dari stress maupun berbagai macam penyakit seperti penuaan, penyakit jantung, kolesterol, darah tinggi, serta diabetes mellitus. Namun, perlu diingat bahwa efek atau manfaat ini bisa kalian dapatkan jika melakukan aktivitas bersih-bersih tersebut secara rutin.

Karena, kegiatan fisik yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan kemampuan jantung dan pembuluh darah kalian, serta terhindar dari berbagai penyakit metabolik seperti kolesterol tinggi dan diabetes mellitus. Sedangkan efek instan yang bisa kalian dapatkan yakni terhindar dari rasa stess yang berasal dari tingginya kadar endorphin yang ada di dalam tubuh ketika kalian melakukan aktivitas fisik.

Lebih jauh lagi, bersih-bersih rumah dapat membuat tubuh terhindar dari gangguan kejiwaan selayaknya depresi, neurosis, dan semacamnya, ya. Mengapa demikian? Karena aktivitas ini bisa menghilangkan stress dari pikiran, jika kalian berhasil mempertahankan efek tersebut dalam jangka waktu yang lama dan konsisten, berarti kalian telah menjaga kesehatan mental dengan baik.

Dan memang terasa beda sih gaes, setelah bersih-bersih rumah, pikiran sangat plong, gaes. Kerasa fresh gitu dah bisa menyelesaikan aktivitas tersebut. Hehe, kalau kalian bagaimana setelah berhasil membersihkan rumah? Tertarik untuk bersih-bersih setiap hari kah?

Semoga artikel tentang Manfaat Bersih-Bersih Rumah untuk Kesehatan ini bisa bermanfaat ya. Then, share your oppinion di kolom komentar ya gaes. Feel free banget dah. Hehee


See you ya ^_^

You Might Also Like

3 komentar

  1. dengan hidup bersih banyak banget manfaat yang didapat yaa Rohmah, mungkin itulah mengapa dikatakan bahwa kebersihan itu sebagian dari iman :)

    BalasHapus
  2. Jaman skr enak ya.. Jasa cleaning services kaya gini biasanya profesional banget mbak. Membantu ibuk2 muda agar slalu tampil cantik maksimal depan suami πŸ˜‚πŸ˜‚✌🏻

    BalasHapus
  3. Wah mbak berat banget memulai pilihan kedua meskipun itu dijadikan di pilihan nomer satu😊 jangan kaget saya bulat badannyaπŸ˜…

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Me

Jika ingin mengontak saya untuk keperluan publikasi, kerjasama, ataupun pertanyaan lain tentang blog ini bisa dengan mengirim email langsung ke rurohma95@gmail.com.
Terima kasih -
Copyright by Khoirur Rohmah
Fastabiqul Khoirots

Like us on Fanpage

Kicauan Saya