Pantai Nyamplong Kobong – Wisata tersembunyi di Jember Selatan

Juli 24, 2018




Pantai Nyamplong Kobong - Jeni, Mojomulyo, Puger, Jember



Bismillaahirrohmaanirrohim...
Halo Gaes, Lama sekali rasanya saya tidak memposting tulisan tentang “travel” yah. Nah, karena hal itulah, kali ini saya akan membagikan perjalanan berwisata singkat saya ke sebuah pantai yang terletak di daerah selatan Kota Jember, berbatasan dengan Kecamatan Puger. Sebenarnya saya sudah kesana di akhir tahun 2017 kemarin. Namun, saya masih teringat dengan kenangan pantai ini, sehingga baru menuliskannya sekarang



So, stay tune  ya gaes...

Pantai Nyamplong Kobong

Pantai yang terletak tak jauh dari Pantai Getem, yang beberapa waktu  lalu pernah saya ulas di blog Fastabiqul Khoirots  ini, merupakan pantai yang dulunya pernah saya kunjungi untuk yang pertama kalinya. Sedangkan kunjungan saya di Bulan Desember Tahun 2017 kemarin, adalah kali kedua saya menjejakkan  kaki di sana.


Berawal untuk mencari bahan tulisan yang akan saya posting di sebuah website di Jember, tepat hari Minggu yang hanggat, saya mengunjungi pantai yang menjadi tujuan utama saya, yakni Pantai Getem. Sesekali saya merapal jalanan yang saya lewati 4 tahun lalu, yang mana saat itu naik truk, sedangkan kemarin, mengendarai sepeda motor. Sehingga hanya mengandalkan insting juga keyakinan terkait tempat yang cukup meyakinkan bahwa pantai yang saya kunjungi tersebut adalah Pantai Getem.

Jembatan Kedua menuju Lokasi Pantai Nyamplong Kobong
 
Lumayan Sepi nih di jembatan sini, di ujung sana udah sampai di Lokasi wisatanya

Setelah melewati jalanan beraspal, saya dan keponakan melewati jalanan berbatuan namun tidak terlalu ekstrim. Sekitar 5 meter lebih, akhirnya kami sampai di sebuah pintu masuk menuju pantai getem. Nah, sebelum saya menikmati nostalgia momen yang terjadi 4 tahun lalu, saya menyempatkan diri berbincang-bincang dengan  para pedagang ikan, ada ibu dan bapak-bapak yang sedang duduk bersantai di sebuah gubuk di depan jalan masuk menuju pantai yang saya yakini sebagai Pantai Getem tersebut.

Namun, alangkah saya terkejut ketika saya mengutarakan akan mengunjungi Pantai Getem, dan saya kira tempat tujuan tersebut merupakan tujuan yang ingin saya datangi pertama kali, itu bukanlah Pantai Getem, melainkan Pantai Nyamplong Kobong.

Ibu-Bapak Pedagang Ikan


Jalan akan menuju pintu masuk Pantai Nyamplong Kobong
 
Menuju Pantai Nyamplong Kobong

Pantai Nyamplong Kobong ini terletak di Jalur Lintas Selatan, Jeni, Mojomulyo, Kecamatan Puger, Jember. Serta berbatasan dengan Kecamatan Gumukmas.

Dan benar, dulu pantai Nyamplong Kobong ini pernah dijadikan untuk tempat melihat Rukyatul Hilal, atau penentuan 1 Syawal, atau bisa dikatakan penentuan hari raya idul fitri. Namun, karena air laut semakin meluas ke bibir pantai, sehingga pantai ini tak lagi dijadikan tempat untuk melihat rukyatul hilal sejak tahun 2017. Yah sejak tahun kemarin.

Alangkah sedih sekali mendengar penuturan dari bapak pedagang ikan yang berasal dari Gumukmas, yang bernama Bapak Martono tersebut. Dengan gelak tawa, Bpk. Martono menjelaskan, jika pantai Nyamplong Kobong ini masih diminati oleh masyarakat sebagai alternatif wisata di hari libur, untuk libur sekolah atau saat berakhir pekan.

Bahkan, wisata ini ramai saat hari Minggu. Lebih ramai lagi tatkala Liburan sekolah datang, tahun baru, dan saat lebaran tiba. Waktu di mana Pantai Nyamplong Kobong ramai dikunjungi.

Selain karena wisata pantai selatannya, di sini juga dijadikan untuk tempat memancing untuk sebagian warga dan wisataan, bahkan, untuk anak-anak yang tidak ingin mandi di pantai, bisa bermain di kolam renang buatan yang ada di dekat pantai Nyamplong Kobong  ini. Meski demikian, hanya saat momen tertentu saja kolam renang untuk anak-anak dibuka. Di hari biasa, kolamnya akan kering. Iya, tidak diisi airnya.

Di lahan itulah para warga membuat kolam renang buatan di saat-saat tertentu
Keluarga Bapak Miftahus Sudur

Seperti yang telah saya temukan saat itu, ada sebuah keluarga yang sedang menikmati liburan akhir pekan sekaligus liburan sekolah putra-putrinya yang barusaja pulang dari pondok pesantren. Dalam rangka untuk membahagiakan keluarganya, Bapak Misbahus Sudur, asal Muneng, Mayangan, Puger ini menuturkan, jika senang sekali bisa berlibur di Pantai Nyamplong Kobong. Sekitar 43Km dari tempat tinggal beliau.

Namun, dia menyayangkan, kalau Pantai Nyamplong Kobong ini masih belum ada fasilitas kebersihannya seperi toilet. Karena, sehabis mandi di pantai, pasti akan bingung untuk membersihkan tubuh. Sehingga, harapan kedepannya, semoga di pantai itu akan terfasilitasi sebuah toilet umum.

Pantai Nyamplong Kobong

Para Nelayan baru balik mencari ikan



Tempat Parkir Kendaraan


Tempat Pembelian Ikan

Untuk kamu yang ingin mengunjungi pantai Nyamplong Kobong ini, kamu akan menikmati liburan tipis-tipis namun mengesankan. Karena kamu akan menemukan para nelayan yang baru pulang dari mencari ikan, atau malah akan berangkat. Tidak ada biaya parkir sama sekali. Kecuali kalau kamu datangnya saat musim lebaran. Tentu ada tarif khusus yang akan ditarik. Namun, jika hari-hari biasa, tidak ada tarif sama sekali. Jika ada petugas yang menjaga kendaraan kamu, misalkan kamu ingin memberikan uang, juga akan mereka terima, jika tidak, mereka pun tidak akan memaksa kalian untuk mengeluarkan dana kamu loh. Hehee

Piknik tipis-tipis ke Pantai Nyamplong Kobong

Selain itu, kamu juga bisa membeli ikan segar dari hasil tangkapan ikan para petani dari para pedagang yang ada di dekat parkir sepeda loh, gaes. Sehingga kamu tidak perlu bingung akan membelikan oleh-oleh apa untuk keluarga di rumah saat pulang dai pantai Nyamplong Kobong ini.

Meski demikian, ada hal yang masih menjadi tugas sekaligus pekerjaan rumah bagi pemerintah, khususnya untuk dinas pariwisata Kota Jember, untuk lebih bisa memperbaiki akses jalan menuju Pantai Nyamplong Kobong ini. Karena selama perjalanan setelah melewati Jembatan Cinta yang ada di Getem, jalanannya berbatu dan berlubang. Sehingga estimasi waktu untuk bisa sampai ke lokasi pantai lebih lama.

Semoga kedepannya, Pantai Nyamplong Kobong semakin dikenal, dan akses jalan, maupun fasilitas juga akan semakin baik. Aminn...

Nah, itu dia serangkaian catatan perjalanan saya tentang Pantai Nyamplong Kobong –Wisata Tersembunyi di Jember Selatan ini bisa bermanfaat ya gaes. Jangan lupa selalu, feel free tod rop your comments yaa....

See you on the next artikel
~Khoirur Rohmah

You Might Also Like

7 komentar

  1. wah,kalau ke Jember harus kesini nih....

    BalasHapus
  2. Dilihat di gambarnya,pasir pantai nya warna hitam ya? keren lah...

    BalasHapus
  3. Jadi pengen ke sini:) heheh

    BalasHapus
  4. Sayang nya fasilitas nya masih belum lengkap,kalau sudah lengkap pasti bagus ....

    BalasHapus
  5. Kok kayaknya terpencil banget ya jalan masuknya..?
    Cuman tau Pantai Payangan eh..

    Btw rata-rata di Jember pantainya pasir hitam ya..

    BalasHapus
  6. Wah, baru tau ada pantai ini di Jember, kerenn banget. thanks for sharing

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Me

Jika ingin mengontak saya untuk keperluan publikasi, kerjasama, ataupun pertanyaan lain tentang blog ini bisa dengan mengirim email langsung ke rurohma95@gmail.com.
Terima kasih -
Copyright by Khoirur Rohmah
Fastabiqul Khoirots

Like us on Fanpage

Kicauan Saya