Cara untuk Menutrisi ASI Eksklusif yang Baik untuk Bunda

Agustus 23, 2018

ASI Eksklusif
Pict by - Pixabay



ASI Eksklusif adalah Air Susu yang diberikan kepada bayi sejak lahir ke dunia hingga berusia 6 bulan. Nah, selama durasi waktu tersebut bunda disarankan untuk memberikan si kecil ASI atau Air Susu Ibu, tanpa tambahan asupan apapun itu. Tahukah, apa saja manfaat dari pemberian ASI Eksklusif pada bayi. Simak saja berikut ini ya, gaes.


1. Sistem Kekebalan si kecil menjadi Lebih Kuat
2. Menjadikan si kecil cerdas
3. Memperkuat hubungan antara ibu dan bayi


ASI eksklusif
pict from Pixabay

Ketiga poin di atas merupakan salahsatu garis besar yang memberikan banyak pengaruh untuk si kecil setelah mendapatkan ASI Eksklusif sejak berumur nol hingga 6 bulan.

Si kecil yang nantinya menjadi generasi yang cemerlang, tentunya membutuhkan ASI Eksklusif yang baik dari bunda, kan? Karena hal itu dapat memperkuat hubungan atau bonding antara si kecil dan bunda. Sehingga si kecil memiliki otak yang cerdas dan daya tahan tubuh yang sangat sehat pun baik untuk tumbuh kembangnya.

Nah, berikut ini adalah Cara untuk Menutrisi ASI Eksklusif yang Baik untuk Bunda yang bisa diterapkan di rumah ya. Supaya ASI Eksklusif yang diterima si kecil bisa terjamin, dengan nutrisi yang tepat di dalamnya.

Check this out ya ...


ASI eksklusif

1. Makanan Sehat untuk ASI Sehat

Asupan makanan atau minuman yang dikonsumsi bunda akan berpengaruh untuk kualitas ASI bagi si kecil. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna ya, bunda. Karena hal itu dapat memberikan nutrisi yang seimbang untuk si kecil dengan jumlah ASI yang keluar akan lebih lancar dan cukup yang akan diberikan.

2. Rajin Mengkonsumsi Air Putih

Air putih menjadi peran penting untuk kelancaran ASI bagi bunda. Karenanya, perlu diperhatikan frekuensi minum air putih sepanjang hari. Lebih baik kalau bunda dapat memberikan ASI sembari menyusui minum air putih.

3. Memberikan Ekstra Kalori

Saat memberi ASI Eksklusif kepada bayi, bunda memerlukan kalori yang cukup banyak. Sekitar 330 – 440 dari 2.000 kalori yang berada di luar kalori harian normal. Oleh karena itu, untuk dapat mengimbangi kebutuhan kalori yang extra saat pemberian ASI Eksklusif, bunda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang cukup. Seperti konsumsi camilan sehat misal roti gandum, kacang, atau apel.

4. Paham dengan Nutrisi untuk ASI Eklusif

Seperti yang dipaparkan dalam postingan ini, menjadi salahsatu cara untuk bunda dapat memahami nutrisi yang baik bagi si kecil. Namun demikian, ada nutrisi yang harus dikonsumsi dan dibutuhkan oleh bunda, salahsatu di antaranya adalah :
a. Zat Besi. Nutrisi ini dapat diperoleh dari sayur-mayur, buah-buahan, dan gandum.
b. Protein. Dapat diperoleh dari konsumsi telur, susu, daging, kacang-kacangan, sayuran, soya, dengan variasi makanan yang berbeda
c. Kalsium. Nutrisi ini bisa diperoleh dari konsumsi produk dengan bahan susu dan sayuran hiijau.

5. Pintar Bermain Variasi Makanan

Semakin banyak variasi rasa makanan sehat yang dikonsumsi bunda, semakin baik pula untuk cita rasa yang hadir dari dalam ASI. Hal itu dapat menjadi pengenalan kepada si kecil tentang berbagai rasa, sehingga mempermudah bagi bayi dalam melakukan MPASI.

6. Konsumsi Beras Coklat atau Beras Merah

Dengan menambah asupan makanan berupa beras merah atau beras coklat, mampu meningkatkan karbohidrat dalam tubuh bunda untuk bisa menjaga tingkat energi saat memberikan ASI Eksklusif untuk si kecil

7. Alergi terhadap Makanan

Jika bunda khawatir akan makanan yang dikonsumsi berdampak dengan si kecil karena menimbulkan alergi, sebaiknya bunda perhatikan lagi reaksi apa yang muncul dari alergi tersebut. Kalau perlu, bunda dapat membuat list makanan atau minuman yang kurang pas untuk si kecil. Selain itu, bunda dapat berkonsultasi dengan dokter apabila alergi pada ASI Eklusif masih terus berlanjut.


ASI eksklusif
Pict from Pixabay

8. Suplai Suplemen Tambahan

Jika dengan mengkonsumsi makanan harian belum memberikan dampak yang baik untuk nutrisi si kecil. Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter berdasarkan penilaian dan juga analisis dokter demi pertumbuhan yang baik untuk si kecil.


ASI eksklusif


Semoga 8 Cara untuk Menutrisi ASI Eksklusif yang Baik untuk Bunda ini bisa bermanfaat untuk kelancaran ASI dapat keluar banyak, berkualitas, dan cukup untuk menutrisi si kecil dapat tumbuh dengan sehat dan baik.

Feel free to drop your comments ya .....

Blessed
~Khoirur Rohmah

You Might Also Like

1 komentar

  1. Pas banget baca ini mbak. Lagi mengASIhi nih. Makasih yaaa sharing nya

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Me

Jika ingin mengontak saya untuk keperluan publikasi, kerjasama, ataupun pertanyaan lain tentang blog ini bisa dengan mengirim email langsung ke rurohma95@gmail.com.
Terima kasih -
Copyright by Khoirur Rohmah
Fastabiqul Khoirots

Like us on Fanpage

Kicauan Saya