Selamat Hari Lahir Pramuka ke 57

Agustus 13, 2018

Pramuka Yaspi Abdul Wahid Hasyim Balung
Pelantikan Dewan Kerja Ambalan Yaspi Abdul Wahid Hasyim Tahun 2011-2012
Bismillaahirrohmaanirrohim ...
Halo Gaes, hari ini Selasa, 14 Agustus 2018 yang bertepatan dengan Hari Lahir Pramuka ke-57 sungguh sangat berkesan bagiku. Mengingatkan aku tentang proses dimana bisa bergabung dengan ambalan pramuka di sekolahku.

Aku mengenal pramuka lebih dekat itu saat kakak laki-lakiku aktif menjadi anggota pramuka dan merupakan tetua pramuka di sekolah tempatku belajar saat MTs dan Madrasah Aliyah di Wahid Hasyim Balung. Dia menjadi salahsatu penggerak pertama kali di yayasan bersama kakak-kakak lainnya. Yang membuatku salut dengan kegigihannya ikut pramuka itu tampak dari semangat yang terpancar saat setelah pulang latihan atau saat melakukan hari-hari seperti biasanya.




Kadang kala aku senang sekali waktu kakakku dan teman-temannya lagi pelantikan atau sehabis ada kegiatan pramuka mampir ke rumah. Mereka kompak, ramai banget di rumah. Bahkan aku selalu diam-diam mencuri penampakan mereka di balik tirai. Saat itu saya masih duduk di bangku sekolah dasar, dan kakakku sudah MA, setingkat dengan SMA.

Nah, sewaktu aku duduk di bangku MTs, di yayasan yang sama tempat mengenyam pendidikan kakak, aku belum berani ikutan gabung di pramuka sekolahan. Entah kenapa masih ragu-ragu untuk ikutan. Walau saat teman-temanku ikut, dan pernah kejadian sore hari saat hujan-hujanan, aku berada di kelas atas, dan memang aku juga ikut full day kelasnya. Sehingga bisa meilhat aktifitas latihan pramuka teman-temanku dari atas.

Aku masih ingat jelas saat itu, dan lagi-lagi temanku pinjem sepatuku untuk ikutan latihan. Jadi ya, bisa kalian bayangkan bagaimana rupa sepatuku, hahahaha. Ya basah dan langsung tembus deh itu pelindung kaki di sepatu. Meski demikian aku tetap iyain aja walau temanku pinjem.

Pramuka Yaspi Abdul Wahid Hasyim Balung
Pelantikan Bantara di Tanggul, Jember

Pramuka Yaspi Abdul Wahid Hasyim Balung
Api Unggun di Yaspi Abdul Wahid Hasyim Balung

so, akhirnya waktu aku duduk di bangku Madrasah Aliyah, aku bertekad ikutan gabung di ambalan pramuka Yaspi Abdul Wahid Hasyim. Dari kelas satu sampai begitu lulus Aliyah. Meski nggak pernah dapat posisi yang wah di ambalan, tapi kekompakan, dan semangat saat ikut pramuka itu mengalahkan segalanya meski tanpa jabatan di sana.

Nah, berikut ini adalah photo saat menjabat Dewan Kerja Ambalan untuk periodeku di tahun 2011-2012 yang mana diadakan di Pantai Pasir Putih Situbondo. Masih ingat dengan jelas waktu itu kami naik truk besar beramai-ramai, ngobrol sepanjang perjalanan. Dan heboh banget waktu sampai arak-arakan. Hehehehe... karena emang jalanan pegunungan ya begitulah, di pinggir jalan pun ada banyak pepohonan besar, sebelum akhirnya sampai di pantainya.
  
Pramuka Yaspi Abdul Wahid Hasyim Balung
Sebelum Pelantikan

Kalau nggak salah itu dua hari untuk acaranya, yaitu Sabtu pagi kami berangkat. Minggu siangnya kami bersiap-siap pulang sekaligus pelantikan Dewan Kerja Ambalan tahun 2011-2012.

Di perayaan Hari Lahir Pramuka ke-57 ini, aku bangga banget pernah jadi bagian dari Pramuka. Apalagi Pramuka Dewan Ambalan Yaspi Abdul Wahid Hasyim Balung. Berkat gabung di kegiatan ekstrakulikuler ini, aku menemukan semangat yang lebih, kerjasama yang baik antar teman, kedisiplinan, kerajinan, ketepatan, dan masih banyak lagi.

Aku rindu sekali masa-masa bisa bergabung dengan teman-teman pramuka yang saat ini sudah sibuk dengan kegiataan mereka masing-masing. Pun aku juga mengucapkan terima kasih kepada kakak-kakak senior yang banyak memberikan aku pun teman-teman ilmu, mentransfer pengetahuan tentang pramuka, dan mengajarkan banyak pengalaman lebih untuk masa kini.

Karena setiap detail yang ada di Pramuka atau Praja Muda Karana memiliki makna sendiri. Aku paling ingat betul dengan simbol Tunas Kelapa, karena filosofinya berarti tunas kelapa atau kelapa itu dapat tumbuh di mana saja, tempat apapun, dan suasana apapun. Hal itu ditandakan seperti sikap pramuka yang dapat hidup dan beradaptasi di manapun mereka berada, pun dalam keadaan apapun.

Pramuka Yaspi Abdul Wahid Hasyim Balung
Upacara HUT Pramuka di Yaspi Abdul Wahid Hasyim Balung ke-57 saat ini
 
Memori dan kenangan tentang Pramuka akan selalu buatku berkesan sampai kapanpun. Bagaimana dengan teman-teman? Pernahkan punya pengalaman tentang Pramuka? Share di kolom komentar ya ....

SELAMAT HUT PRAMUKA Ke-57
Satyaku Kudharmakan
Dharmaku Kubaktikan
Agar Jaya, Indonesia
Indonesi ~~~
Kami jadi pandumu ....

~Khoirur Rohmah, 14 Agustus 2018


You Might Also Like

1 komentar

  1. Selamat hari Pramuka! Kemarin sampai lupa kalau anak kedua mesti pakai Pramuka. Eh, selasa kok pakai Pramuka. Oh iya...hari pramuka.

    Banyak kenangan saat ikut kegiatan Pramuka.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Me

Jika ingin mengontak saya untuk keperluan publikasi, kerjasama, ataupun pertanyaan lain tentang blog ini bisa dengan mengirim email langsung ke rurohma95@gmail.com.
Terima kasih -
Copyright by Khoirur Rohmah
Fastabiqul Khoirots

Like us on Fanpage

Kicauan Saya