7 Items Wajib Para Pengendara Sepeda Motor di Musim Hujan

September 13, 2018

7 Items Wajib Para Pengendara Sepeda Motor di Musim Hujan

7 Items Wajib Para Pengendara Sepeda Motor di Musim Hujan – Halo gaes... Sebentar lagi musim hujan akan tiba. Menurut BMKG, musim hujan akan datang mulai bulan Oktober. Bagi kita yang tinggal di Indonesia, musim hujan bukan lagi hal asing. Karena sejatinya, Indonesia hanya memiliki dua musim saja yaitu musim hujan dan musim kemarau.


Berkendara di musim hujan membutuhkan kehati-hatian dan tingkat keamanan yang lebih baik dibandingkan saat berkendara ketika cuaca cerah dan jalanan dalam keadaan kering. Pasalnya, kondisi jalan yang licin hingga jarak pandang yang terbatas ketika hujan turun berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Agar tingkat kenyamanan dan keamanan saat berkendara menggunakan sepeda motor di musim hujan tetap bisa terjaga, para pengendara wajib melengkapi diri mereka dengan 7 items berikut ini.

Gunakan jaket anti air dan tahan angin


Jaket Respiro merupakan contoh jaket yang tahan angin dan anti air. Jaket ini merupakan jaket sepeda motor yang didesain secara khusus untuk memberikan keamanan yang lebih baik pada pengendara sekaligus untuk melindungi kesehatan mereka.

Ketika musim hujan tiba, kondisi cuaca umumnya jauh lebih dingin dan sering berkabut pada pagi maupun malam hari. Dengan jaket Respiro yang tahan angin dan anti air, kondisi tersebut seharusnya bisa teratasi dengan maksimal. Apalagi jaket ini didesain dengan bentuk kerah yang tegak dan bisa melindungi bagian leher sehingga tidak langsung diterpa angin maupun hujan.

7 Items Wajib Para Pengendara Sepeda Motor di Musim Hujan
Jaketnya bagus hehee
Jaket Respiro menggunakan bahan parasut wind-breaker pada bagian luar sehingga cukup ampuh untuk melindungi bagian tubuh dari terpaan angin yang dingin. Di bagian dalam, jaket ini dilengkapi dengan bahan taslan mikro yang tebal sehingga cukup hangat saat dikenakan berkendara.

Jas hujan


Item selanjutnya yang wajib dimiliki oleh pengendara sepeda motor di musim hujan adalah jas hujan. Jika jaket Respiro di atas hanya bisa melindungi kamu dari terpaan angin yang dingin dan hujan dengan intensitas ringan-sedang, maka jas hujan adalah pilihan terbaik untuk berkendara ketika terpaksa harus melaju di bawah hujan lebat.

7 Items Wajib Para Pengendara Sepeda Motor di Musim Hujan
Namun kamu harus cerdas dalam memilih jas hujan. Walaupun berharga lebih murah, namun jas hujan model ponco sangat tidak direkomendasikan karena desainnya yang tidak hanya kurang keren, melainkan juga sering terasa sangat mengganggu kenyamanan berkendara.

Di antara beberapa kekurangan jas hujan model ponco adalah,


    Terlalu lebar sehingga membuat angin lebih banyak ter-blok. Selain dapat mengurangi laju kendaraan dan membuat kendaraan jadi berat, terpaan angin yang lebih besar ke arah tubuh membuat pengendara lebih mudah goyang apabila ada angin kencang

    Bagian belakang jas hujan ini seringkali menutupi lampu belakang sehingga pengendara lain tidak bisa melihat dengan jelas kendaraan yang ada di depannya Jas hujan ini tidak bisa melindungi seluruh tubuh terutama bagian kaki


Plastik

Plastik atau kantong kresek sangat kita butuhkan untuk menempatkan benda-benda yang sebaiknya tidak kena air hujan seperti peralatan elektronik maupun pakaian kering yang perlu kita jaga dari air. Jangan lupa kemanapun kamu pergi, baik itu ketika musim hujan maupun musim panas, melengkapi diri dengan plastik di kendaraan sangat diperlukan.

Bag Rain cover

Bagi kamu yang terbiasa berkendara sambil membawa tas berukuran sedang hingga besar, bag rain cover adalah item wajib yang tidak boleh kamu lupakan. Ini akan perlengkapan yang dapat melindungi semua barang yang ada di tasmu agar aman dari Air Hujan.

Helm berkaca bening

Jika helm dengan kaca hitam lebih cocok digunakan pada musim panas kena helm berkaca bening cocok digunakan pada musim hujan ketika jarak pandang sangat terbatas akibat hujan. Kaca yang bening akan membuat pandangan mata tidak terhalang dan lebih awas.

Shoes cover

Bagi kamu yang tidak ingin sepatumu kehujanan, kamu wajib melengkapi diri dengan shoes cover. Yang terbuat dari bahan plastik atau bahan lainnya. Pilihlah yang mudah digunakan dan awet agar sepatu kerja yang kamu beli dengan harga mahal tidak cepat rusak.

Payung

Walaupun sudah berbekal jas hujan, kadang-kadang kita tetap membutuhkan payung dalam situasi tertentu. Jika musim hujan tiba, sediakan payung lipat di sepeda motor yang bisa dimasukkan ke dalam jok atau bisa dimasukkan ke dalam tas.




Nah, itu dia 7 Items Wajib Para Pengendara Sepeda Motor di Musim Hujan yang bisa menjadi referensi untuk kamu mempersiapkan perangkat saat musim hujan tiba.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa feel free to drop your comments ya, gaes.

~Blessed
Khoirur Rohmah



You Might Also Like

2 komentar

  1. wktu nyasar ke blog ini... aku salfok sama tanggalnya kok tgl 13 september. Waaah... kamu dari masa depan O_O hahaha oiya, itu foto pemotor pake jas ujan pink keren hehehe tapi ya sih, bentuk ponco emang bisa berakibat fatal, nanti kesrimpet roda kan bahaya untuk diri sendiri dan juga keselamatan orang lain. Saya punya jas hujan model coat ada kancingnya dari plastik. Jadi ya pas untuk badaku sendiri kalo naik ojek gak terbang2an kayak pake model ponco :D

    BalasHapus
  2. Kalau sudah musim hujan perlengkapan harus lengkap, walo udah bawa jas hujan, mesti bawa payung juga, sayangnya jaketku belum anti air nih

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Me

Jika ingin mengontak saya untuk keperluan publikasi, kerjasama, ataupun pertanyaan lain tentang blog ini bisa dengan mengirim email langsung ke rurohma95@gmail.com.
Terima kasih -
Copyright by Khoirur Rohmah
Fastabiqul Khoirots

Like us on Fanpage

Kicauan Saya