Rekomendasi Buku Bacaan Pra-Nikah dan Perlukah Membacanya?

Jumat, 14 Desember 2018

Kabupaten Jember, Jawa Timur, Indonesia


Bismillaahirrohmaanirrohim ...
Halo gaes... hari ini sudah ada tepat di pertengahan bulan Desember 2018 yah. Hehehe. By the way harusnya tanggal 6 Desember kemarin saya posting tulisan ini sih. Etapi karena ada satu dan lain hal akhirnya ke-pending dan bisa update postingan collabs antara saya dan Mbak Rhoshanda di hari ini. Dan, tema di bulan ini adalah ....

“Perlukah Membaca Buku tentang Pernikahan?”

Sama-samar judul postingan ini sudah nyerempet lah ya sama temanya, ya kan? Hehheee. Emang saya sendiri nggak tahu kapan diminta sama si mamas, yang pasti memperbaiki diri sendiri itu perlu dan penting banget. Apalagi membekali diri sebelum menikah dengan pengetahuan yang berkaitan tentang pernikahan itu adalah sebuah kebutuhan. Karena memasuki pintu bernama pernikahan, pertanda saya akan memasuki babak baru untuk memulai sebuah awal perjalanan yang pastinya akan ada kejutan dan pengalaman baru pastinya, heheee. Bener nggak teman-teman?

Karenanya, di sini saya akan mengutarakan pendapat saya, seberapa perlukah membaca buku tentang pernikahan itu? Check this out yah gaes....


Perlukah Membaca Buku tentang Pernikahan?


Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya. Bagi saya membaca buku tentang pernikahan itu adalah sebuah kebutuhan. Sebenarnya bukan tema satu ini aja. Karena hakikatnya memang "Membaca Buku" adalah sebuah kebutuhan untuk gizi otak dan pengetahuan diri, termasuk untuk konteks kali ini yah tentang Pernikahan. Untuk saya pribadi yah demikian. Karena, saya nggak tahu seperti apa sih ritme dunia pernikahan dan setelahnya. Apalagi status yang bukan lagi jomblo kemudian berganti status dengan sebutan istri, dan nantinya jadi status sebagai ibu.

Emang nggak ada kok sekolah tentang pernikahan, kebanyakan tentang seminar-seminar bagaimana mempersiapkan diri memasuki pintu bernama pernikahan, sharing tentang dunia pernikahan baik dari orang di sekitar ataupun dari website, tulisan para netizen di sosial media dan sebagainya. Karenanya menyerap berbagai pengetahuan untuk dunia pernikahan itu sangat perlu banget. Salahsatunya dalam bentuk media bernama buku.

Buku yang memuat tentang bagaimana sih menjadi seorang istri yang baik. Hal-hal apa saja yang perlu dilakukan, atau yang jangan dilakukan. Bagaimana cara pengelolaan keuangan keluarga, dan lain-lainnya. Terus lagi, bagaimana belajar tentang menjaga hubungan antara diri sendiri kepada keluarga suami dan sebaliknya, dan bagaimana belajar tentang ilmu fiqih untuk wanita, terlebih saat sudah menjadi istri. Wahhh... banyak sekali yang harus di pelajari. Dan perlu untuk digali berbagai informasinya.

Karenanya, kalau ada yang nanya mulu kapan nikah, yah biarkan saja. Anggap saya apa yang mereka ucapkan sebuah motivasi supaya diri menjadi semakin kuat untuk bisa segera dihalalin dan banyak menyerap ilmu tentang dunia pernikahan. Nggak perlu terburu-buru, kalau udah datang waktunya menikah. Kita sudah siap. Begitu dehh yang diucapkan sama emak. Hehehe...

Yah seperti itulah gaes pendapat saya tentang perlunya membaca buku tentang pernikahan. Penting dan perlu bangett pokoknya. Dan berikut ini adalah list atau rekomendasi buku bacaan pra-nikah versi blog Fastabiqul Khoirots. 
Check this out yah gaes

Rekomendasi Buku Bacaan Pra-Nikah versi Khoirur Rohmah



By the way, buat clue nya, di daftar buku ini, saya masih membaca 3 buku saja. Selainnya masih belum terbeli. Ada yang udah tapi belum saya buka segelnya, hehee. Terus lagi, di list ini juga saya memasukkan wishlist buku yang ingin saya beli. Jadi ya sebagai pengingat saja kalau baca postingan ini, dan saya cek mana buku yang harus saya beli, begitu. Hehee.  So, here we go, gaes :

1. Sukses Bekerja dari Rumah
2. Sayap-Sayap Sakinah
3. Sayap-Sayap Mawaddah
4. Sayap-Sayap Rahmah
5. La Tahzan for Kontraktors
6. Dear Husband
7. Cintai aku Meski Ku Tak Sempurna
8. Menjadi Cantik, Gaya, dan Tetap Kaya
9. Drama Mama Papa Muda
10. The Marriage Roaller Coaster
11. Sebelum Aku Menjadi Istrimu
12. Keseimbangan Hidup Perempuan
Tambahin sendiri yah gaes, heheee

Dari list di atas yang masih baru saya baca yang Sukses Bekerja dari Rumah, Cintai Aku Meski Ku Tak Sempurna dan Menjadi Cantik, Gaya dan Tetap Kaya. Yang nomor 9 sama 10 belum punya bukunya, yang selain itu masih tersegel dengan baik, yang nomor 11 belum dikirim, hehee.

Overall membaca buku di atas adalah suntikan vitamin yang bergizi daripada sibuk dengerin ocehan yang di luar sana tentang kapan nikah? Kapan nikah. Heheee. Kalau kamu punya buku yang rekomen banget untuk saya baca, boleh banget drop judul bukunya di kolom komentar yah gaes. Karena hal tersebut sangat membantu banget buat saya menambah wawasan.

Kalau kamu penasaran bagaimana postingan Mbak Rhosa tentang tema “Perlukah Membaca Buku tentang Pernikahan” kamu bisa klik link tulisan di bawah ini yah gaes.

Perlukah Membaca Buku tentang Pernikahan

Yahh itu dia postingan collabs ngobrol bareng Rohmah X Rhoshanda tentang Rekomendasi Buku Bacaan Pra-Nikah dan Perlukah Membacanya, sampai jumpa kembali di tema terbaru di tahun baru yah gaes. Terima kasih sudah membaca dan berkunjung di postingan ini. Feel free to drop your comments yahhh. Oke ^_^

See you soon
~Blessed
Khoirur Rohmah






3 komentar:

  1. Thanks rekomendasinya kak, kebetulan lagi nyari referensi buku pra nikah

    BalasHapus
  2. Sebenernya saya juga agak males baca buku2 kayak begini. Soalnya masih belum minat kesana. Tapi menurut saya perlu juga sih buat baca sebelum menikah tentunya kita bisa lebih tau persiapan pernikahan dan kehidupan setlh menikah.

    BalasHapus
  3. ya perlu ay, buta nambah edukasi tentang pernikhana itu sendiri

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Copyright © Fastabiqul Khoirots. Blog Design by SkyandStars.co