Menjelajah Destinasi Wisata di Kota Solo

Februari 22, 2019



Menjelajah Destinasi Wisata di Kota Solo

Bismillaahirrohmaanirrohim ...
Di tahun 2017 kemarin, saya pernah berkunjung di salahsatu kota yang ada di Jawa Tengah, lebih tepatnya singgah sebentar di kota Boyolali  untuk mengikuti Kelas Inspirasi dan kopdar dengan blogger asal Boyolali, Mbak Witri Prasetyo Aji. Namun, kami hanya ngobrol sebentar kemudian kembali berpisah di Gedung Lembu Sora. Saya fokus dengan acara utama saya, pun Mbak Witri juga meluncur ke tujuan selanjutnya ke kampusnya.

Nah, di tahun 2019 ini saya berkeinginan untuk bisa jalan-jalan sekaligus liburan untuk menikmati kota-kota di Jawa Tengah, bukan hanya kota Boyolali, tapi juga kota Yogyakarta, tak lupa pula ke Kota Solo untuk menjelajah destinasi wisata budaya di sana  sebagai tujuan utama traveling.

Kalau dulu baru bisa jalan-jalan untuk acara tertentu, namun untuk tahun ini niat liburan ke destinasi tertentu lebih spesifiknya sih ke kota Solo dengan tujuan refreshing, escape dari tugas kantor sejenak, reward untuk diri sendiri, kopdar bersama teman, menambah tempat wisata yang dikunjungi pun untuk bahan tulisan hingga unggah di sosial media, ahhh pastinya untuk benar-benar liburan tanpa terikat kerjaan kantor untuk sejenak. Kecuali kalau ada job dadakan yang harus diposting sih, hhaaa.

Manfaat Liburan ke Destinasi Wisata Budaya


Ada banyak manfaat yang bisa diambil ketika dapat berwisata ke tempat budaya di sebuah kota tertentu, khususnya di Kota Solo nih ya. Kalau ke destinasi wisata alam, kita bisa mendapatkan pemandangan yang disuguhkan dari alam yang segar serta pengalaman lainnya. Nah, kalau wisata budaya, apa aja sih yang bisa didapatkan?

- Belajar Sejarah

Liburan ke tempat wisata budaya termasuk mempelajari segala bentuk perjalanan sejarah dari budaya itu sendiri. Karena, dengan adanya wisata sejarah tersebut, kita juga dapat menelusuri kisah-kisah ataupun bukti otentik dari sejarah itu.

- Melestarikan Kebudayaan di Indonesia

Melakukan perjalanan ke destinasi wisata budaya atau objek budaya  sama halnya dengan ikut ambil bagian dalam pelestarian budaya tersebut. Apapun tujuannya wisata budaya, namun hal tersebut sudah mengandung unsur untuk terus melestarikan budaya secara turun temurun.

- Menambah Wawasan Kebudayaan

Manfaat yang pasti di dapat dari wisatawan di objek wisata budaya tentu akan mendapatkan wawasan kebudayaan pastinya. Seperti mempelajari seluk beluk objek itu, latar belakang, dan sebagainya.

- Menambah dan Memupuk Cinta Tanah Air

Betul banget nih ya, kalau kita liburan ke wisata budaya secara nggak langsung hal tersebut menandakan kalau diri sendiri mencintai budaya di tanah air ini. Jika sebelumnya belum mengenal objek wisata budaya tertentu, kemudian kita berkunjung ke tempat itu. Saat sampai sana malah membuat kita lebih ingin memupuk diri sendiri untuk cinta akan tanah air.

- Mempelajari Keunikan Daerah

Di setiap daerah tertentu pasti memiliki keunikan tersendiri akan budaya di dalamnya. Dengan wisata budaya pasti akan membuat kita lebih takjub jika masing-masing daerah punya bahasa dan budaya yang berbeda.

- Mempelajari Konsep Arsitektur dari Bangunan Adat

Dengan liburan ke tempat wisata budaya, kita bisa mempelajari tatanan dan arsitektur dari bangunan adat dari tempat itu.

- Menambah Pengalaman

Yang nggak akan pernah terlupakan kalau kita liburan, khususnya ke tempat wisata budaya, akan ada banyak pengalaman ataupun cerita yang bisa didapatkan dari perjalanan itu, ya kan? Hheee

Terus, kalau ke Kota Solo, mau Wisata Budaya Kemana aja nih?



Setelah googling tadi, saya menemukan banyak destinasi wisata budaya untuk berlibur. Dari beberapa objek wisata yang ada, saya ingin menjelajah destinasi wisata budaya di tempat ini, check this out

1. Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka adalah museum arsip yang berdiri sejak tahun 1990. Museum ini termasuk museum tertua yang ada di Indonesia. Di dalamnya terdapat arsip dari surat-surat kerajaan dan tempat penyimpanan surat pemerintah. Untuk saat ini koleksinya semakin bertambah, bukan hanya arsip namun juga keramik, buku, arca, dan sebagainya.

hotel di Solo
Sumber : blog.reservasi.com

2. Museum Keraton Solo

Untuk wisata budaya di Museum Keraton Solo, ada banyak wawasan yang bisa diambil, seperti sejarah, seni, maupun tradisi dari Kota Solo. Saya terpikat pertama kali untuk bisa ke Museum Keraton Solo karena kakak pernah ke sana etapi saya nggak ikut, hhaaa.

Menjelajah Destinasi Wisata di Kota Solo
Sumber : Hello-pet.com
Museum ini dibangun bersamaan dengan dibangunnya kota Solo yaitu rentang waktu dari tahun 1743 hingga tahun 1745. Di dalam Museum Keraton Solo terdapat barang-barang peninggalan keluarga kerajaan, seperti senjata, alat musik, serta kesenian, kereta kencana, dan lain sebagainya.

3. Museum Batik Danar Hadi Solo

Kurang lengkap kalau berlibur ke .Solo nggak mampir menengok koleksi batik yang ada di sana, salahsatunya di Museum Batik Danar Hadi Solo. Di museum ini terdapat koleksi kain batik hingga 1.000. Banyak juga yah hehee. Museum yang dididirikan oleh H. Santosa Doellah ini dibangun sebagai bentuk dedikasi untuk pelestarian batik khususnya yang ada di Kota Solo.
hotel di Solo
Sumber : blog.reservasi.com

4. Istana Mangkunegaraan

Destinasi wisata budaya di kota Solo selanjutnya adalah di Istana Mangkunegaraan. Istana yang dibangun sekitar tahun 1757 ini merupakan pecahan dari Kerajaan Surakarta yang mana saat itu terjadi sebuah pemberontakan oleh Pangeran Raden Mas Said pada VOC.

hotel di Solo
Sumber : blog.reservasi.com
Di dalam Istana Mangkunegaraan ini menyimpan banyak peninggalan sejarah khususnya seperti milik keluarga kerajaan. Dari barang-barang peninggalan, serta senjata kuno di masanya.

5. Pasar Klewer Solo

Tujuan selanjutnya yaitu Pasar Klewer Solo yang menjadi salahsatu pusat grosir batik di Solo. Pasar Klewer Solo ini terletak di lokasi yang strategis di pusat kota. Selain batik, di tempat ini juga terdapat wisata kuliner yang nggak boleh dilewatkan.

Yahh... cukup banyak juga destinasi wisata budaya yang perlu dikunjungi di Kota Solo nih gaes. Nggak cukup untuk singgah sehari aja, apalagi kalau ingin kopdar dengan blogger Solo hheeee. Pastinya butuh tempat penginapan selama berlibur di kota Solo. Oleh karena itu, saya butuh staycation berupa hotel untuk bermalam. Ya kan.

Bagaimana cara menemukan hotel di Solo?

Kalau soal cari hotel di Solo, saya cukup terbantu dengan aplikasi Pegi-Pegi yang sudah terpasang di smartphone saya. Berkat aplikasi ini, tentu saya bisa mendapatkan pilihan hotel yang ingin dituju ketika sampai di kota Solo. Bukan cuma membantu mencari tiket kereta api dari Jember ke Solo, tapi berkat Aplikasi Pegi-Pegi tentu saya lebih mudah untuk mencari hotel ya kan?

Langkah paling mudah pesan hotel di Solo dengan Aplikasi Pegi-Pegi 
 
hotel di Solo
Instal aplikasinya dulu ya


1. Download aplikasinya di Playstore atau App Store yang ada di Smartphone
2. Setelah terinstal, jangan lupa untuk regristasi akun terlebih dahulu supaya lebih mudah saat akan memesan hotel
 
hotel di Solo
Jangan lupa regristrasi dulu ya


3. Kemudian, pilih icon hotel yang ada di tampilan utama aplikasi Pegi-Pegi
4. Masukkan lokasi tujuan, dalam hal ini kota Solo yang menjadi tujuan 

hotel murah, hotel bintang 5, hotel bintang 3, harga hotel, hotel murah dan bersih
Pilih hotelnya ya

5. Setelah itu, tinggal cari deh tanggal pemesanan hotel
6. Pilih hotel sesuai keinginan dan budget yang sudah dianggarkan, mau pilih hotel murah, hotel bintang 5, atau hotel bintang 3, bisa banget
7. Tinggal cari kamar dari hotel yang dituju, kemudian menanti bulan depan untuk eksekusi liburan yeayyyyy

Sekarang, emang mau liburan sama siapa?
Ya sama gandengan lah maunya, hheee. Siapa tahu bulan depan sudah halal kan ya. Jadi bisa liburan ke tempat wisata budaya berdua. Hahaaaa....

hotel murah, hotel bintang 5, hotel bintang 3, harga hotel, hotel murah dan bersih

Dengan aplikasi Pegi-Pegi ini saya terbantu dengan fitur untuk pembelian tiket kereta api, dan hotel. Nggak Cuma itu kalau mau cari tiket pesawat mah juga bisa lah. Hheee.

Semoga diijabah untuk bisa liburan ke Solo dan kopdar bareng blogger Solo ketika bisa tercapai harapan untuk menjelajah destinasi wisata budaya di kota Solo tersebut. Kalau kamu, dari daftar wisata budaya di atas, kamu pernah berkunjung kemana sih? Atau sudahkah kalian menggunakan fitur dari Aplikasi Pegi-Pegi untuk kebutuhan kamu pesan tiket hotel, kereta api atau pesawat kah?

Feel free to drop your comments ya gaes. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

~blessed
Khoirur Rohmah

You Might Also Like

1 komentar

  1. Akupun ingin kopdar. Rasanya senang ketika bisa ketemu dengan teman-teman yang memiliki hobi sama. Tahun lalu ketika masih sering ke Malang aku sempat kopdar dengan blogger2 Malang.
    Btw Solo memang banyak wisata budaya dan sejarah yang menarik.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Me

Jika ingin mengontak saya untuk keperluan publikasi, kerjasama, ataupun pertanyaan lain tentang blog ini bisa dengan mengirim email langsung ke rurohma95@gmail.com.
Terima kasih -
Copyright by Khoirur Rohmah
Fastabiqul Khoirots

Like us on Fanpage

Kicauan Saya