[Day 19] Memperbanyak Amalan Puasa di Bulan Ramadhan

Jumat, 24 Mei 2019

Kabupaten Jember, Jawa Timur, Indonesia


Bismillaahirrohmaanirrohim
Halo Sobats FR di manapun berada. Selama bulan ramadhan ini, apakah kalian memiliki amalan puasa yang secara konsisten dilakukan? Misalnya dengan mengejar tadarrus, membaca surat tertentu di pagi hari, atau sholat berjamaah, maupun dengan berdzikir.

Di tema #30HariKebaikanBPN nih, aku ingin membagikan Amalan Puasa yang biasa aku lakukan tiap harinya hingga hari ini. Amalan ini seperti amalan di hari-hari biasanya tapi di bulan ramadhan, aku lebih giat lagi dalam melaksanakan amalan tersebut. Di antara amalan puasa yang aku lakukan di antaranya :

1. Berdzikir
Selama berpuasa, dan menahan makan dan minum serta menahan hawa nafsu, tentu lebih baik jika meminimalisir untuk berbicara hal-hal yang kurang baik yang dapat mengurangi pahala ibadah puasa kita ya kan. Di momen seperti inilah aku memanfaatkan untuk berdziki dengan bacaan atau lafal apapun seperti : Istighfar, La Haula, Sholawat, Surat Al-Ikhlas, dan sebaginya.

Di tiap dzikir pun bukan sembarang melafalkan saja, melainkan juga mengharap ampunan dari Allah, serta berharap Allah dapat mendengar serta mengabulkan harapan yang kita miliki melalui lafadh pada dzikr tersebut. Contohnya istighfar, memohon supaya Allah mengampuni dosa kita sehingga apa yang menjadi hajat kita bisa diijabah oleh-Nya. Seperti itu.

2. Tadarrus
Sebenarnya membacaa Al-quran di hari-hari biasa juga bagus. Tapi siapapun yang memulyakan Alquran lalu membacanya di bulan suci ramadhan, tentu nilai ibadah akan ditingkatkan yah kan. Apalagi buat siapapun yang semangat untuk dapat mengkhatamkan Alquran. Yang jelas bukan siapa cepat dia menang, melainkan, dia yang bisa merampungkan Aqur’an sesuai kaidah dalam membacanya ya, hehhee


3. Sholat Lail
Yaitu sholat di malam hari yang tujuannya memohon apapun yang menjadi hajat kita melalui sholat di pertiga malam. Di mana orang-orang sibuk istirahat, kita sibuk mendekatkan diri pada-Nya. Di kala orang-orang tidak ada yang meminta hajat, kita sibuk merayu Tuhan supaya doa kita diijabah. Yang demikianlah menjadi keutamaan serta keunngulan dari sholat malam di bulan ramadhan ini.

4. Sholat Dhuha
Sholat yang hampir seperti sholat fardhu di mana menjadi sangat penting. Tatkala tidak dilakukan seperti ada yang kurang begitu. Yah itulah keutamaan sholat dhuha yang secara konsisten dilakukan. Apalagi jika dilaksakan di bulan ramadhan, insyallah Allah dapat mendekatkan yang jauh, serta menghalalkan yang haram atas izin-Nya. Insyaallah.

5. Bersedekah atau Berbagi
Bersedekah kepada sesama untuk hal kebaikan demi memohon ridho-Nya maupu bersyukur dengan cara berbagi kebahagiaan dengan mereka yang membutuhkan.


Nah, kira-kira itulah Amalan Puasa di bulan Ramadhan yang bisa aku bagikan nih, Sobats.  Kalau kamu punya amalan puasa lainnya, boleh deh sharing yah. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini ya. jangan lupa, feel free to drop your comments okay.

~Blessed
Khoirur Rohmah

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Copyright © Fastabiqul Khoirots. Blog Design by SkyandStars.co