[Day 11] Mengingat Kembali Cara Menggunakan Panci Presto

Mei 16, 2019


Cara Menggunakan Panci Presto

Bismillaahirrohmaanirrohim
Halo sobats... Selamat berpuasa untuk teman-teman yang sedang menjalankannya hari ini yah. By the way, di #30HariKebaikanBPN tema ke-11 nih termasuk tema yang belum pernah aku eksplore, apalagi terkait benda yang digunakan, yaitu Cara menggunakan panci presto, maupun Cara memasak ketupat dengan panci presto. Walau demikian, aku masih ada kenangan terkait panci presto ini. Penasaran seperti apa sih memori itu? Sekalian flashback begitulah hahaha. Check this out ya...

Flashback Menggunakan Panci Presto

Dulu aku pernah menggunakan panci presto itu saat duduk di kelas 1 Aliyah, yang mana aku mendapat tugas untuk Prakerin (PSG) di Desa Temuguruh, Banyuwangi. Di sana aku dan teman-teman tinggal bersama kepala sekolah MTs tempat aku mengajar bahasa Inggris. Mau nggak mau tiap ada makan besar selalu ikut membantu dan riweuh di dapur.

Kebetulan tuh saat itu ada kayak lomba mancing ikan lele. Dan banyak partisipannya dari murid-murid kami di sana yang ikutan, selain itu juga ada dari putranya bapak kepala sekolah yang juga ikut pemancingan. Alhasil, malam hari dimasak deh, dan masaknya menggunakan panci presto milik istri bapak kepala sekolah yang mana adalah barang baru yang aku ketahui hahhaa.

Sejauh pemahaman aku sih, panci presto itu adalah peralatan memasak yang bentuknya seperti panci, tapi ada pegangannya, yang mana fungsinya untuk melunakkan masakan. Dan di bagian penutup panci itu berbeda dengan panci biasanya. Kalau panci presto yang aku gunain sih tutupnya terbuat dari kaca, dan ketika dia digunakan, ada suara dan uap yang keluar. Sehingga membuat ikan lele menjadi matang sempurna. Tapi waktu itu sih ada juga yang terlalu matang, sampai lembut gitu dagingnya hahahhaa.

Untuk mengingat kembali bagaimana cara menggunakan panci presto, aku ingin menuliskan lagi disini dengan mengadopsi caranya dari hasil nonton video di Youtube dong, hhee. Supaya kalau aku punya panci presto tinggal buka sendiri aja di blog, hehehhehe.


Cara Menggunakan Panci Resto

1. Masukkan seluruh makanan yang akan dipresto
2. Luruskan pegangan antara penutup dan panci presto
3. Taruh panci presto di atas kompor dengan api yang panas
4. Tunggu hingga panci presto keluar asap dari lubang pegangan panci
5. Setelah keluar masak, lalu matikan kompor. Tapi jangan langsung dibuka, khawatirnya panci akan meledak
6. Setelah katup pegamgan panci kebawah, buang asap pada lubang uap yang ada di penutup panci presto
7. Barulah panci presto bisa dibuka.
8. Ketentuan menurut akun Genuk Bolu ketika menggunakan panci presto ketentuan penggunaannya seperti ini : Jika masak kacang hijau cukup 10 menit, untuk ketupat bisa 1 jam, kalau masak daging hanya membutuhkan waktu 30 – 45 menit.

Nah, itu adalah artikel yang bisa aku bagikan terkait Mengingat kembali Cara Menggunakan Panci Presto yah, sobats. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa, feel free to drop your coments.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini
~Blessed
Khoirur Rohmah



You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Me

Jika ingin mengontak saya untuk keperluan publikasi, kerjasama, ataupun pertanyaan lain tentang blog ini bisa dengan mengirim email langsung ke rurohma95@gmail.com.
Terima kasih -
Copyright by Khoirur Rohmah
Fastabiqul Khoirots

Like us on Fanpage

Kicauan Saya