[Day 10] Penyebab Bau Mulut saat Puasa dan Cara Menghilangkannya

Rabu, 15 Mei 2019

Kabupaten Jember, Jawa Timur, Indonesia
Penyebab Bau Mulut saat Puasa dan Cara Menghilangkannya

Bismillaahirrohmaanirrohim
Menghilangkan Bau Mulut – Pernahkah Sobats FR merasa tidak nyaman saat berbicara dengan orang lain karena masalah bau mulut ketika berpuasa? Khawatir akan bau yang tak sedap, yang walaupun remeh tapi kadang membuat rasa percaya diri berkurang. Ada yang penasaran nggak sih apa yang membuat bau mulut itu timbul ketika puasa, dan bagaimana cara mengatasinya? Kali ini di postingan #30HariKebaikanBPN aku ingin membagikan artikel terkait Penyebab Bau Mulut dan Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa. Check this out ya.

Penyebab Bau Mulut saat Puasa

Penyebab bau mulut saat berpuasa itu erat kaitannya dengan sistem pencernaan kita. Mengapa harus dengan Sistem Pencernaan? Karena di bagian inilah tubuh kita mencerna aneka makanan atau minuman yang masuk ke tubuh. Sehingga, saat berpuasa, otomatis kerja dari sistem pencernaan tubuh kita akan berhenti kan, karena istirahat dan tidak mencerna makanan lagi hingga maghrib tiba.

Bukan Cuma itu saja, bau mulut tersebut juga bisa terjadi dikarenakan oleh organ-organ pada sistem pencernaan. Seperti : gigi, mulut, lidah, kerongkongan, lambung, hati, pankrean, usus halus, usus besar dan juga anus. Misal nih, ada makanan yang nyangkut setelah sahur, atau bisa jadi dari karang gigi kita. Atau lebih parah lagi kalau mulut kita kekurangan air ludah atau saliva.

Pasti teman-teman merasakan sendiri kan kalau puasa intensitas saliva juga berkurang. Karenanya hal tersebut juga menjadi pemicu bau tak sedap pada mulut, sebab saliva memiliki fungsi untuk melembabkan mulut dan mencegah bau mulut. Terus gimana supaya saliva atau air ludah ini tetap mendapat cairan? Ya dengan cara mengunyah makanan. Tapi kalau puasa? Ya kelenjar ludah berkurang dan lebih sedikit ketika memproduksi saliva. Dan hal tersebut juga menjadi penyebab bau mulut loh sobats.

Hal-hal di atas adalah serangkaian penyebab bau mulut saat puasa. Terus cara mengatasinya bagaimana? Adakah cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa tersebut? Tentu ada dong. Simak aja nih Cara Menghilangkan Bau Mulut saat Berpuasa. Check this out
Penyebab Bau Mulut saat Puasa dan Cara Menghilangkannya

Menghilangkan Bau Mulut

Kalau tadi udah aku jelasin faktor penyebab bau mulut, sekarang aku ingin membagikan cara supaya bau mulut saat berpuasa bisa dikurangi. Jadi nggak melulu langsung hilang tapi intensitas bau mulut berkurang dengan :
1. Minum Air putih baik saat setelah buka puasa hingga sahur
2. Nggak lupa Sikat Gigi minimal dua kali sehari sampai benar-benar tidak ada sisa makanan yang bertengger. Jadi boleh ya sikat gigi saat berpuasa. Tapi jangan diminum itu airnya hhehe
3. Bukan Cuma gigi aja yang dibersihkan tapi lidah juga perlu dibersihkan yah sobats.
4. Untuk mengatasi karang gigi, sobats bisa konsultasikan pada dokter gigi untuk membersihkan karang gigi dan sebagainya yang mungkin menjadi pemicu bau mulut tersebut.
5. Sikat gigi juga dilakukan sebelum tidur dan sesudah sahur yah, untuk mencegah sisa makanan yang menempel pada mulut
6. Untuk menghilangkan atau mengurangi bau tak sedap, kamu juga bisa berkumur dengan obat kumur yang non-alkohol loh
7. Sebisa mungkin untuk menghindari makanan-makanan yang menimbulkan bau tak sedap yah, sobat. Misalnya pete, jengkol, atau pun durian.

Nah, itu adalah artikel yang bisa aku bagikan terkait penyebab bau mulut dan cara menghilangkannya saat berpuasa yah, sobats. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa, feel free to drop your coments.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini
~Blessed
Khoirur Rohmah

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Copyright © Fastabiqul Khoirots. Blog Design by SkyandStars.co