[Day 9] Bolehkah Sikat Gigi saat Puasa?

Mei 14, 2019



Bolehkah Sikat Gigi saat Puasa

Bismillaahirrohmaanirrohim
Halo sobats FR. Masih pada semangat dengan puasa di hari ke-9 kan? Jika iya, alhamdulillah banget. Udah pernah bolong puasanya atau masih full niih? Atau malah waktu sahur males mau bangun tidur, begitu bangun udah imsak? Ada yang begitu nggak? Hhehhee. Alhamdulillah kalau aku masih semangat nih walau bangunnya juga mepet tetap akan diusahakan untuk sahur.

Ngomongin sahur nih sobats. Kalau pas menjelang subuh lupa nggak sahur, dan perut belum terisi apapun tuh pagi harinya begitu beraktifitas jadinya kan berpengaruh ya. seperti malas, nggak semangat, apalagi mau ngomong hahahaha. Terus lagi misal sore hari ada agenda buka bersama bareng teman, udah deh hemat bicaranya, atau malah pakai masker. Karena misal mau sikat gigi khawatir puasanya batal.

Padahal nih, hukum sikat gigi saat berpuasa itu mubah loh, sobats. Yang mana artinya “diperbolehkan”. Iya boleh saya sikat gigi, asal.... nggak ditelan itu air yanng dibuat untuk berkumur, atau malah tertelan odolnya, baik sengaja atau tidak sengaja. Selain bisa berakibat batalnya puasa, juga berdampak dengan nilai puasa kita loh. Iya pastinya.

Alternatif untuk Membersihkan Mulut selain Sikat Gigi saat Puasa
Jadi, kalau aku misal siang hari nggak sikat gigi gitu, asal kumur aja. Bisa pakai obat kumur, atau kumur dengan air mengalir aja udah bikin daerah mulut lebih segar dan lebih percaya diri ketika mengobrol dengan teman-teman. Kalau nggak gitu ya bakalan jiper. Soalnya aroma dari mulut karena nggak sikat gigi juga mempengaruhi aroma mulut tersebut. Untuk pembahasan bau mulut akan aku sampaikan di artikel esok hari yah, sobats. Makanya terus pantau blog aku ini selama bulan ramadhan yah.

Bukan berarti sikat gigi nggak diperbolehkan saat puasa yah, sobats. Boleh asal nggak kena telan airnya seperti yang udah aku jelaskan di atas. Terus lagi kalau misal sikat gigi nanti bikin gara-gara dengan menggosokan di area tenggorokan yang mana jika hal itu dilakukan bisa beraktibat mual loh. Padahal kalau mual dan selanjutnya sampai muntah malah nggak baik saat puasa. Mengurangi nilai ibadah gitu. Jadi milih gimana nih sobats kalau menurut kamu?

Sikat gigi dua kali sehari saat puasa atau sekali aja setelah sahur maupun di pagi hari aja? Pilih mana?

Jika hal itu ditanyakan pada aku nih, aku punya dua kondisi
Jika kondisi pertama. Kalau nggak ada agenda bukber, aku bakalan sikat gigi begitu selesai sahur, pagi hari menjelang pergi kerja, udah gitu. Nanti sikat gigi lagi setelah buka puasa.

Selanjutnya untuk kondisi kedua, kalau nih ada acara buka bersama di luar rumah. Iya aku bakalan sikat gigi selesai shubuh, pagi hari menjelang kerja, maupun saat akan pergi ke tempat buka bersama. Jadi lebih jaga image. Tapi begitu udah selesai kumur, aku selalu memastikan nggak ada air yang tertinggal kecuali air liur yah. Kalau masih ada yang nyangkut airnya, ya bakalan aku lepeh gitu aja hahaa.

Nah, dari sini sudah pada nggeh kan kalau sebenernya sikat gigi itu boleh. Asal nggak memasukkan apapun pada mulut kita, dan nggak dengan sengaja membuat air atau benda masuk melalui mulut kita. So, sikat gigi versi kamu seperti apa sobat? Share di kolom komentar yah

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar kamu yah, gaes. feel free to drop your comments.

~Blessed
Khoirur Rohmah

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Me

Jika ingin mengontak saya untuk keperluan publikasi, kerjasama, ataupun pertanyaan lain tentang blog ini bisa dengan mengirim email langsung ke rurohma95@gmail.com.
Terima kasih -
Copyright by Khoirur Rohmah
Fastabiqul Khoirots

Like us on Fanpage

Kicauan Saya