Penggunaan Teknologi Digital untuk Koperasi dan Wirausaha di Indonesia

Sabtu, 02 November 2019

Kabupaten Jember, Jawa Timur, Indonesia



Bismillaahirrohmaanirrohim
Halo sobats FR. Kamu merasakan manfaat atau dampak positif dari adanya teknologi digital untuk kegiatan kamu sehari-hari, nggak? Misalnya nih, kamu bisa kenal teman yang sehobi di luar daerah, atau di berbagai kota. Bisa mendapatkan ilmu secara virtual. Semacam itu, sobats? Kira-kira kalau versi kamu gimana nih sobats, boleh share di kolom komentar yah...

Ngomongin teknologi digital tuh, ranahnya itu luas banget. Dia bisa memberikan madu untuk berbagai aspek dalam kehidupan sehari, hari. Dan dalam hal ini yang ingin aku bagikan adalah, manfaat penggunaan teknologi digital untuk koperasi dan wirausaha di Indonesia. Nah, aku akan membahas satu persatu yah, sobats. Langsung aja, check this out yah....

Apa itu Koperasi

Menurut Wikipedia, Koperasi adalah :

Koperasi adalah sebuah organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.

Jika menyebut Koperasi, tentu kita tidak akan pernah lepas dari sosok yang berperan penting dalam dunia koperasi. Salah seorang tokoh nasional dan proklamator, yakni Bapak Mohammad Hatta yang diangkat sebagai Bapak Koperasi Indonesia pada tahun 1953.


Tujuan didirikannya Koperasi ini dikarenakan atas dasar kepedulian terhadap rakyat dan perekonomian yang ada di Indonesia. Sehingga terbentuklah koperasi, sebuah gerakan yang berlandaskan asas kekeluargaan.

Koperasi juga termasuk sebuah badan hukum dimana tujuan utamanya adalah memakmurkan setiap anggota dan masyarakatnya untuk membangun ekonomi nasional supaya anggota dapat memperoleh kebutuhan mereka dengan lebih mudah dan tercipta kesejahteraan bagi anggotanya semakin meningkat. Pun perlahan dapat memajukan kesejahteraan bagi masyarakat.


Koperasi yang ada di Lingkungan Masyarakat Sekitar
Dulu penerapan koperasi yang pernah aku alami adalah saat duduk di bangku sekolah dasar. Jadi aku ikut menjadi pengurus koperasi dimana siswa lain bisa mendapatkan keperluan seperti alat sekolah hingga makanan atau minuman di koperasi sekolah tersebut.

Nah, setelah aku bekerja, aku lebih banyak bersinggungan dengan koperasi dikarenakan, aku seringkali menerima ketikan terkait laporan perkembangan koperasi wanita yang ada di lingkungan tempatku bekerja. Selain itu aku juga biasa ngetik seperti neraca keuangan, rekap jurnal dari kolom kas masuk, kas keluar, hingga data untuk Rapat Anggota Tahunan (RAT) di tiap tahunnya. Jadi, sedikit demi sedikit tahu lah isi pelaporan dalam koperasi wanita yang ada di lingkungan aku tuh seperti apa.

Selanjutnya, ada koperasi simpan usaha milik tempatku bekerja. Jadi di sini, tiap ada salahsatu anggota koperasi yang membutuhkan dana untuk keperluan ini, itu dengan sigap akan diproses dari dana yang disetor tiap bulannya oleh para anggota lainnya. Dan menurut teman-teman yang melakukan simpan pinjam di koperasi ini, sangat membantu sekali untuk kebutuhan yang mendadak.


Dengan adanya koperasi, anggota yang memiliki usaha tertentu bisa terbantu dengan bantuan dana dari koperasi tersebut. Kemudian, dengan asas kekeluargaan, antara pengurus dan anggota koperasi bisa lebih dekat dan mudah tiap kali melakukan transaksi dalam simpan usaha tersebut.


Nah, jika di atas aku membahas terkait betapa berpengaruhnya koperasi untuk masyarakat khususnya untuk anggota dan pengurusnya. Setelah ini aku ingin membahas adanya kegiatan wirausaha yang ada di Indonesia. Hal itu juga berkaitan Koperasi loh, yuk check this out.
 
Apa itu Wirausaha
Jika wirausaha adalah sebuah kata kerja, atau berarti aktivitas. Maka wirausahawan adalah sebuah objek dimana mereka merupakan pelaku dari kegiatan wirausaha.

Menyoal wirausaha, tentu kita banyak menemukan mereka yang berada di sekeliling kita. Mereka yang kreatif, produktif, dan inovatf untuk menciptakan hal baru yang bisa berguna untuk banyak orang, dan berkontribusi untuk masyarakat luas. Dari jenis wirausaha dengan tingkat resiko dan modal rendah, sedang hingga tinggi pun, banyak. Tergantung kekonsistenan setiap wirausahawan dalam mengembangkan produk yang dihasilkan untuk semakin meningkat lebih baik kedepannya lagi.

Berikut ini aku ingin membagikan sosok pengusaha yang bergerak dalam bidang wirausaha dan tentunya manfaat produk yang diciptakannya ini bisa dinikmati banyak orang. Mereka di antaranya adalah :

Sosok Pengusaha yang Sukses di bidang Teknologi Digital
1. Nadiem Makarim dengan GO-JEK
Sosok salahsatu menteri kabinet Indonesia Maju periode tahun 2019 – 2024 termuda ini yang didaulat sebagai Menteri Pendidikan yaitu Nadiem Makarim dulunya adalah  pencetus aplikasi yang tenar di air dengan sebutan GO-JEK. Inspirasi dengan tercipta aplikasi ini adalah berkat dari pengalamannya melihat para tukang ojek yang seharian menunngu penumpang yang tak kunjung datang, atau justru tidak ada sama sekali.

Oleh sebab itu, untuk membantu para ojek tersebut, Nadiem Makarim menemukan ide supaya para ojek menemukan atau mendapatkan penumpang. Sehingga tercipta GO-JEK yang mana inovasinya ini bisa mengangkat derajat para tukang ojek yang dikenal dengan kelas menengah ke bawah.

Jadi nggak heran ya berkat kesuksesannya dalam menciptakan hal baru tersebut dapat mengantarkan Nadiem Makarim menjadi sosok Menteri Pendidikan termuda di Kabinet Indonesia Maju.

2. Ferry Unardi dengan Traveloka
Ada yang mau mencari staycation di tujuan wisata tertentu, atau pesan tiket kereta api, maupun liburan dengan menggunakan pesawat? Traveloka aja dulu, liburan kemudian.

Nah, sosok pengusaha dengan menggunakan teknologi digital adalah CEO Traveloka yakni Ferry Unardi. Adanya Traveloka ini dikarenakan saat Ferry sebagai mahasiswa di Boston dan juga karyawan di Seatle mengalami kesulitan saat akan pulang ke kampung halaman di Padang.

Memikirkan dan memprakirakan rute perjalanannya, hingga memesan pesawat. Hingga akhirnya di umurnya yang masih sangat muda, 23 tahun, dia memutuskan untuk keluar dari tempatnya bekerja dan membuat sebuah aplikasi startup reservasi tiket yang kita kenal dengan Traveloka.

Di atas adalah salahsatu pengusaha dalam bidang wirausaha yang bergerak dengan menggunakan teknologi digital yang saat ini kian maju, dan bisa membuat banyak pengusaha baru muncul atau lahir. Termasuk apabila hal itu juga diterapkan dengan adanya Koperasi Digital, dimana mekanismenya, mereka juga menggunakan teknologi selama proses simpan pinjam dalam kegiatan Koperasi.

Penggunaan Teknologi Digital untuk Koperasi dan Wirausaha di Indonesia
Dengan memanfaatkan Teknologi Digital baik untuk kegiatan Wirausaha dan juga Dunia Koperasi, kemungkinan akan banyak pemintanya, apalagi untuk generasi milineal. Karena koperasi terkenal akan pengurusnya yang sudah sepuh, pun prosesnya juga secara manual Dan adanya Koperasi Digital lebih memudahkan dan efisien ketika mereka menjadi anggota koperasi tersebut. Aku salahsatu generasi milineal di sekitarku.


Nah, itu dia adalah opini yang bisa aku sampaikan terkait penggunaan teknologi digital untuk koperasi dan wirausaha di Indonesia. Semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentar ya...

Referensi :
https://tirto.id/bapak-koperasi-indonesia-bsRQ
https://www.jurnal.id/id/blog/2017-mengenal-bung-hatta-sebagai-bapak-koperasi/
https://goukm.id/daftar-9-pengusaha-sukses-bidang-teknologi-digital/



#PRAJA2019 #anugerahMISGroup #koperasi #wirausaha

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Copyright © Fastabiqul Khoirots. Blog Design by SkyandStars.co