Ngobrolin yang lagi Hits di Tahun 2020 tentang Miss Covid-19

Minggu, 26 April 2020

Kabupaten Jember, Jawa Timur, Indonesia
apa itu covid-19?
Sumber gambar by pexels


Bismillaahirrohmaanirrohim...
Halo Sobats FR, apa kabarnya nih? By the way dalam rangka komitmen untuk mengikuti BPN 30 Day Ramadan Blog Challenge 2020, untuk hari-hari kedepannya selama satu bulan aku akan membagikan postingan yang berhubungan dengan tema yang sudah ditentukan oleh Komunitas Blogger Perempuan.

Ramadan Blog Challenge ini berlangsung dari tanggal 20 April 2020 sampai 19 Mei 2020 dengan topik yang berbeda di tiap harinya. Sehingga jadi tertantang buatku untuk bisa membagikan opini dalam blogku ini. Dan lagi untuk melatih diri ini lebih konsisten dalam menayangkan artikel organik seperti yang digagas oleh Blogger Perempuan Network ini.

Nah, untuk tema pertama pada tanggal 20 April 2020 adalah , Apa itu Covid-19? Le’ts check this out

Ngobrolin yang lagi Hits di Tahun 2020 tentang Miss Covid-19


Siapa sih yang nggak kenal sama Covid-19 yang di awal kemunculannya sudah menyita perhatian banyak masyarakat, bahkan setelah satu bulan pertama dia beredar, malah membuat warga dunia seakan-akan diteror oleh sosok Miss Covid-19 ini. Memangnya bagaimana awal mula bisa hadir sosok misterius yang mampu merenggut nyawa seseorang yang tak bersalah ini? Yuk kita flashback sama-sama, sobats.

Di akhir tahun WHO (World Health Organization) tepat pada tanggal 31 Desember 2019 melaporkan adanya Virus Corona Wuhan atau 2019-nCoV. Kemudian, di bulan Januari 2020 menjelang perayaan Imlek di tanggal 25 Januari 2020 sekitar 600 lebih korban berjatuhan di Tiongkok yang telah tertular virus Covid-19 atau Virus Corona. Sehingga sebelum tahun baru Imlek, pemerintah Tiongkok sudah menutup akses ke Kota Wuhan.

Bukan hanya itu, setelahnya penyebaran virus Corona ini juga sudah sampai ke berbagai negara seperti Jepang, Korea Selatan, Thailand, hingga Amerika Serikat. Dikarenakan ada wisatawan yang sebelumnya pernah singgah atau berbelanja di Kota Wuhan. Sehingga kemungkinan besar tertular dari virus yang dugaan awalnya berasal dari pasar hewan di Kota Wuhan, Tiongkok ini. Dan saat kembali ke negara masing-masing, membuat orang lain yang tidak ikut berwisata tertular juga.

Sebenarnya apa sih Virus Covid-19, 2019 n-CoV, atau Virus Corona itu?

Apa itu Corona?


Virus Corona adalah sebuah jenis virus baru yang telah menyerang masyarakat dunia dalam 4 bulan ini. Dalam istilah kedokteran, virus Corona disebut juga dengan 2019 Novel Coronavirus atau 2019 n-CoV. Virus corona ini diidentifikasi sebagai penyakit pada saluran pernapasan, dan pertama kali muncul di Kota Wuhan, Tiongkok. Sehingga virus ini juga memiliki nama lain sebagai virus corona wuhan.

Virus corona ini untuk pertama kalinya muncul di pasar hewan dan makanan laut yang ada di Kota Wuhan. Kemudian banyak pasien yang jatuh sakit akibat virus ini di mana pasien pertamanya adalah salahsatu pedagang di pasar tersebut.1

Ada apa dengan pasar hewan dan makanan laut di Kota Wuhan?


Menurut koresponden kesehatan sains BBC1, Michelle Robert and James Gallager mengatakan, bahwasanya di pasar tersebut dijual aneka hewan liar, seperti : ular, kelelawar, dan ayam. Bahkan ada juga katak yang mana dijual dalam keadaan hidup-hidup. Dan dugaan awalnya virus ini disebabkan oleh ular hingga kelelawar yang dijual, atau dikonsumsi setelah pembelian dari sini. Bisa dikatakan penyebarannya melalui hewan ke manusia, dan dari manusia ke manusia lainnya.

-------------------------------------------------------------------
Memang sih, di bulan pertama ramai dibincangkan soal virus corona ini. aku juga melihat berbagai video di youtube terkait kondisi pasar hewan dan makanan laut di Kota Wuhan. Tempatnya ya begitulah namanya pasar, kurang higienis terlebih ada hewan yang diperjualbelikan dalam keadaan hidup. Bahkan ada juga video rekomendasi dari youtube terkait ada pengunjung di sebuah rumah makan yang memakan seperti kelelawar, hingga tikus bayi secara hidup-hidup. Walau diberitakan video tersebut diambil sekitar tahun 2018, tetap saja begitu video ini up ketika banyak korban berjatuhan sebab virus corona di negara tirai bambu tersebut.
---------------------------------------------------------------------

Pada tanggal 30 Januari 2020 virus corona sudah menyebar ke 18 negara, dan bisa jadi akan terus meningkat. Dan di tanggal yang sama, WHO pun menyatakan darurat gobal terhadap wabah virus corona ini.

Di bulan kedua setelah virus corona semakin meluas penyebarannya, sekitar 243 WNI yang berada di Kota Wuhan, Provinsi Hubei dipulangkan oleh pemerintah Indonesia. Yang mana setelah sesampainya di Indonesia, mereka perlu menjalani karantina selama dua pekan di Natuna, Kepulauan Riau.

Virus Corona Menyapa Indonesia


Nah, Indonesia yang semula diragukan oleh WHO karena tidak ada korban akibat virus corona, hingga tersebar meme yang dibuat oleh netizen, dan aku pun pernah sharing juga postingannya di instastory instagramku, ternyata di awal bulan Maret terdapat 3 pasien ibu dan anak yang mana mereka juga telah terpapar virus corona.

Hingga setelah itu kebijakan pemerintah turun, seperti penutupan akses bagi warga masyarakat untuk berkunjung ke berbagai negara yang terkena virus, dan menolak kedatangan wisatawan yang berasal dari negara tersebut. Bukan hanya itu, di hari selanjutnya ada sekian korban yang berjatuhan di Indonesia, bahkan bisa sampai ke pulau maupun kota lain selain di Jakarta.

Dampak dari adanya virus corona di Indonesia, kegiatan pendidikan baik sekolah maupun kampus diliburkan hingga waktu yang belum ditentukan. Untuk kabar terakhir, dimana sebelumnya libur telah diperpanjang dari akhir Maret 2020 sampai 2 Juni 2020. Dan semoga di bulan tersebut Indonesia sudah bebas dari wabah ini, Amiinn.

Dampak lain dari virus corona juga beragam. dari sektor pariwisata juga macet total, staycation pun juga sepi pengunjung. Ada karyawan yang syukur-syukur masih dapat bekerja dari rumah atau work from home, namun ada juga yang harus dirumahkan hingga di PHK secara massal, pusat perbelanjaan sepi pengunjung, pedagang di jalanan yang sepi pembeli, dan ragam kendala lainnya disebabkan oleh wabah corona ini.

Hingga saat ini, melansir dari web covid19.go.id bahwasanya Indonesia terdapat 8.882 pasien yang sudah terkena virus corona, dengan prosentase 1.107 pasien yang sembuh, dan 743 korban yang telah meninggal akibat pandemi ini. Semoga Indonesiaku lekas membaik.

Then, what should we do?


Mengantisipasi itu jauh lebih, dengan menyimak berita secara update terkait cara melindungi diri dari virus corona, gejala virus corona seperti apa, dan bagaimana penanganan selanjutnya. Sebab Virus corona itu penyebarannya cepat, bahkan lelwat udara, sentuhan, pun bisa terkena. Seseorang yang nggak kenal, karena Cuma berpapasan di jalanan pun bisa juga terkena.

Yang pasti, mematuhi apa yang sudah pemerintah anjurkan supaya kita tetap stay save, baik dengan WFH, stay at home, social distancing, menggunakan handsanitizer, menyemprotkan disinfektan di rumah atau ketika mendapatkan paket kiriman tertentu. Jangan bepergian ke kota yang sudah dinyatakan pemerintah sebagai wilayah zona merah di mana di sana sudah terdapat pasien corona berjatuhan.

Semoga, pandemi virus corona ini bisa segera surut dan lekas hilang ke permukaan, supaya masyarakat dapat berkativitas seperti biasa, dan keadaan kembali pulih seperti sedia kala. Semoga aku dan kamu, kita semua tetap diberikan kesehatan, dan dihindarkan dari wabah yang menimpa negara tercinta kita ini ya, sobats.

Terima kasih sudah menyimak, membaca dan berkunjung di artikel aku kali ini terkait ngobrolin yang lagi hits di tahun 2020 tentang Miss Covid-19 ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa, feel free to drop your comments ya ....

~Blessed
Khoirur Rohmah

Referensi :
1 https://www.bali.idntimes.com

26 komentar:

  1. iya nih, begitu menginjakkan kaki di 2020 eh ada corona ini, semua program menjadi di rombak dan kita juga harus menyelesaikan di rumah saja. sungguh perjuangan yang sangat unik. salam sehat untuk kita semua

    BalasHapus
  2. Iya nih covid 19 nyapa Indonesia bikin keder n berantakan semua. Tp sy yakin pasti ada hikmah yang bisa kita petik

    BalasHapus
  3. Kirain tadi ada pemilihan miss-missan gitu kyak Miss Universe hehe. Emang wabahnya luar biasa tahun ini ya, seolah cuma flu tapi dampaknya sampai global. Sayang banget orang masih abai, ga mau menaati anjuran physical distancing yang bikin wabah berlangsung lama. Jadi inget kemarin ngobrol ma temen baru di Australia, dia juga ngeluh tempat umum kayak pantai mulai banyak orang. Di negara maju pun ada sekelompok orang yang ga mau tertib aturan. Sedih jadinya. Semoga segera pulih dan ekonomi kembali lagi.

    BalasHapus
  4. wahhh ini nih, sebagai blogger kita penting banget menulis informasi tepat tentang covid 19. Semakin kita memahami penyakit ini semakin kita waspada dan tak panik
    Penanganan yang tepat dan patuh terhadap protokol kesehatan tentu membuat kita siap menghadapinya

    BalasHapus
  5. Mencegah lebih baik daripada mengobati, pakai prinsip ini ajalah ya. Jadi mending lakukan hal-hal yang bisa membantu kita terhindar dari miss corona, mulai dari rajin cuci tangan, jaga kebersihan, sampai meningkatkan daya tahan tubuh

    BalasHapus
  6. Covid-19 ini tuh jadi bahan ghibah semua orang deh huhuhu, semoga segera ia pergi dan menjauh supaya hidup kembali normal dan makin baik, insya Allah atas izin Allah.

    BalasHapus
  7. Wah saya ketinggalan info challenge ini nih..sudah lewat 9 hr ya..

    BalasHapus
  8. Tetap di rumah aja dan selalu melakukan kegiatan positif agar kita terhindar dari virus yang berbahaya ini. Semoga wabah ini cepat berlalu dan covid 19 ini putus rantai penyebarannya.

    BalasHapus
  9. miss corona emang lagi ngehits ya, tapi semoga ga lama-lama. Diganti sama kabar yang bagus-bagus yang happy. Dari awal tahun 2020 berita hits nya sedih terus, mulai dari banjir jakarta, artis baik yang berpulang, lalu sekarang corona.

    BalasHapus
  10. Iya nih, miss Covid ini primadona yang membuat resah semua penduduk bumi. Semoga wabah virus corona ini cepat berakhir. Tentunya akan membawa kesadaran baru bagi kita manusia bahwa di tahun 2020 manusia dibuat tak berdaya oleh covid 19.

    BalasHapus
  11. Sejarah akan mencatat bahwa miss Corona telah bertandang di 2020 dan telah merenggut banyak nyawa. Dan, kita semua yang ada di masa ini adalah saksi kehadirannya. Semoga wabah ini segera berakhir.

    BalasHapus
  12. Covid-19 ini dampaknya luar biasa ya. Semua orang dan semua sektor terpengaruh. Semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir.

    BalasHapus
  13. Semoga pandemi ini lekas berakir ya. Rasanya virus Corona ini sudah ada sejak lama, semisal yang dulu kita sebut dengan penyakit SARS dan MERS yang juga dari virus Corona, namun dengan hewan pembawa yang berbeda. Parahnya ya sekarang Novel Coronavirus ini malah jadi pandemi, sementara SARS dan MERS masih di level epidemi deh kalo nggak salah.

    BalasHapus
  14. Kirain kaya pageantry wkwkw. Emang wabahnya luar biasa tahun ini ya, seolah cuma flu tapi dampaknya sampai global. Semoga segera pulih dan ekonomi kembali normal.

    BalasHapus
  15. Wah iya salah fokus tentang miss Covid ini, hehehe. Tapi memang bener sih. Di kotaku sekarang ini juga sudah dikenai status PSBB, sampai ada jam malam segala. Baru jalan hari PSBB, eh ada berita kalau ada 2 orang di suatu pabrik besar meninggal karena Covid. Hanya memang, kesadaran masyarakat masih amat kurang. Masih banyak yang berkerumun dengan tidak mengindahkan social distancing

    BalasHapus
  16. Sebenarnya sudah bosan banget di rumah dan pengen jalan-jalan keluar. Tapi demi kebaikan sendiri dan kebaikan bersama, lebih memilih untuk patuh di rumah aja. Semoga Miss Covid19 ini cepat pergi jauh-jauh ya, biar Miss Indonesia aja deh yang wara wiri di TV jangan Miss Covid19 :(

    BalasHapus
  17. Ya Allah aku ketinggalan banget informasi ini. Padahal biasanya ikutan terus kalau BPN yang menyelenggarakan. masih bisa nyusul nggak ya?

    BalasHapus
  18. Ya ampun miss covid! XD semoga lekas berlalu ya, sudah nggak betah. Ayo miss covid pergi saja jauh-jauh.

    Semoga pun orang2 terus aware akan kesehatan ya dengan ke mana2 memakai masker, namun sebaik2nya tetap di rumah aja sih udah paling bagus

    BalasHapus
  19. Sebenarnya aku khawatir sejak kasus Wuhan diumumkan. jauh sebelum Indonesia terinfeksi. Soalnya kan namanya aja virus yang gak kelihatan. Dan mobilitas orang-orang itu kan cepat sekali terutama Jakarta, gak mungkin gak sampai Indonesia. Dan akhirnya beneran meskipun menurutku sedikit telat tanggap. tapi ya sudahlah, sekarang jaga diri saja.

    BalasHapus
  20. Covid 19 lagi jadi trending diseluruh dunia ya..
    Tapi semoga dia juga segera pergi

    BalasHapus
  21. Yup..awal maret mulai positif ada di Indonesia..sampai sekarang tepatnya 2 bulan sudah. . Penanganan sudah berjalan di rel yang benar..meskipun beberapa menyatakan lambat... semoga pandemi ini segera berlalu ya

    BalasHapus
  22. Iya, di awal tahun 2020 ini Covid-19 sdg trending bgt. Semua hal terkait dg dirinya.

    BalasHapus
  23. Sebenarnya yang bikin sedih itu larangan sholat jumat, karena bagi laki-laki ini penting sekali. Sampai susah ngelarang ayah yang masih berangkat. Nggak tau deh nanti pas idul fitri gimana. Rasa-rasanya bakal banyak orang yang bandel

    BalasHapus
  24. Si miss yang satu ini banyak menyadarkan kita dalam berbagai hal ya, baik kebersihan, kesehatan, dan lingkungan. Semoga dia lekas pergi ya

    BalasHapus
  25. Waktu awal kemunculannya baik pemerintah dan masyarakat di indonesia menganggapnya dengan remeh, nah pas waktu udah sampe ke indonesia baru deh kocar-kacir. Semoga saja pemerintah dan masyarakat semakin sadar akan bahayanya virus ini, semoga juga virus COVID-19 ini cepat berlalu dan semuanya kembali dengan normal.

    BalasHapus
  26. Seluruh all sosmed bicarain ini, di beranda aku yg hits Covid melulu tiap hr, dan skrg korban berjatuhan smkin banyak, sedih banget tp ya yg bsa kt lakukan hanya berusaha dan berdoa

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Copyright © Fastabiqul Khoirots. Blog Design by SkyandStars.co