Kemudahan Menggunakan Aplikasi DANA yang perlu Kamu Ketahui

Kamis, 28 Mei 2020

Jember Regency, East Java, Indonesia

Bismillaahirrohmaanirrohimm
Halo sobats FR di manapun kamu berada,,, sebelum memulai postingan ini, aku ingin mengucapkan Minal Aidzin Wal Faidzin, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H, buat teman-teman yang menjalankannya ya. Walau hari raya kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, semoga tetap memberikan berkah tersendiri buat kita ya.
 
Seperti tida berkumpul dengan keluarga di rumah untuk menghindari covid-19 yang mungkin kita bawa saat sampai di kampung halamana. Atau kita yang biasanya hedon beli ini itu untuk menyambut lebaran, bisa meminimalisir keuangan untuk kebutuhan sehari-hari selama #dirumahaja. Atau yang saat kumpul bareng keluarga ditanyain, “kapan nikah”, “kapan lulus”, “kapan wisuda”, “udah kerja atau belum”, dan lainnya.

Nah, kebetulan juga. Di lebaran yang mana aku juga nggak banyak kelilingnya. Apalagi setelah menikah yang jadwal silaturahminya bakalan nambah, karena uda jadi dua keluarga. Jadi dipersempit hanya mendatangi keluarga inti saja. Alhasil sedikit yang datang ke rumah juga, pun kue yang tersedia di meja juga sering aku makan sendiri, bersama anggota kelurga lainnya tentunya ya sobats. Hehehee

Ngomongin selama lebaran di rumah aja. Aku juga ada pengalaman nih terkait penggunaan aplikasi yang baru aku gunakan lagi saat hari raya idul fitri tahun ini. Ya, aplikasi ini adalah DANA yang mungkin juga kamu instal di ponsel pintar kamu yah, sobats. Hehehee

Tentang Aplikasi DANA


Buat kamu yang baru tahu DANA itu apa, Dana adalah sebuah aplikasi yang memberikan layanan pembayaran digital dengan basis open-platform. DANA ini merupakan singkatan dari Dompet Digital Indonesia.

Jadi, dengan aplikasi DANA ini, kamu dapat melakukan pembayaran digital salahsatunya dengan scan QR code. Jadi, semisal saat kamu makan di resto hits dan perlu membayar pesanan, kamu tinggal buka aplikasi DANA lalu Scan, gitu deh. Mau beli pulsa, beli paket data, bayar listrik, air, mau transfer antar atau ke bank lain  juga tinggal akses dari aplikasi ini.

Lebih simple juga, karena cukup bawa HP aja sudah bisa melakukan aktivitas digital yang dapat dijangkau dengan satu aplikasi saja. Mudah juga, nggak perlu bawa dompet dengan isi tebal yang mana khawatir ada orang iseng yang merebut dompet kita, ya kan?

Pengalaman Menggunakan Aplikasi DANA


Aku merupakan pengguna DANA sejak tahun 2019, lebih tepatnya saat baru punya HP baru lah. Waktu itu aku memasang beberapa aplikasi dompet digital yang salahsatunya adalah DANA. Keunggulan yang paling aku nikmati dari aplikasi DANA ini salahsatunya adanya promo yang bisa aku dapatkan di tiap transaksi yang telah aku lakukan. Entah pembelian pulsa, paket data, hingga listrik. Dan promo yang bisa didapatkan itu bervariasi. Dari potongan pulsa untuk minimum pembelian sekian, dan masih banyak lagi.

Dan saat event Harbolnas atau apa gitu, DANA ini mengeluarkan banyak promo menarik deh, dengan skala besar dan lebih dari biasanya. Mulai diskon groceries, belanja online, hingga nongki di tempat hits tertentu gitu. Yang mana setelah event tersebut, promo yang biasa aku dapatkan, nggak lagi bisa kunikmati sobats. Mungkin pengguna DANA pun juga merasakannya ya, perbedaan tersebut.

Kelebihan Dompet Digital DANA yang perlu Kamu Ketahui


Salahsatu keunggulan yang dimiliki aplikasi DANA, dan yang membuat berbeda dari aplikasi lain yang berbasis sebagai dompet digital, selain memberi promo seperti yang sudah aku jelaskan di atas yah, sobats. Selain itu antara lain:

1. Bebas Transfer ke Bank Tertentu secara GRATIS

Yah, tidak ada biaya yang perlu dibebankan ketika kamu ingin transfer dari saldo di DANA untuk dikirim ke Bank yang kamu miliki. Biaya gratis ini dapat kamu nikmati selama 10x dalam satu bulan untuk transfer ke Bank. Selebihnya kamu akan dikenai biaya admin yah sobats. Dan pengalaman aku sendiri belum pernah sampai transfer beberapa kali sih dalam satu bulan. Jadi tetap aman saja tiap kali mau transfer saldo ke Bank tertentu.

2. Bebas Tambahan Biaya untuk Top Up Saldo dari Rekening

Adakan kalau dompet digital yang memberikan biaya untuk top up saldo. Nah, di DANA ini tidak ada ceritanya mau nambah saldo 10.000, trus dikenai biaya 1.000, sehingga transfernya jadi 11.000. Nggak. Jadi, tetap 10.000 yang perlu kita keluarkan dari rekening yang kita miliki.

Ya, walau nggak seberapa juga sih meski ada tambahan biayanya. Tapi, kalau ada yang tanpa biaya, kenapa tidak? Betul nggak sih? Hehehee.

3. Harga yang relatif Terjangkau untuk Tiap Layanan

Mengapa begitu sih? Iya soanya selisih dikit pasti tentu akan cari yang lebih sedikit potongannya ya kan? Sama aja dengan di aplikasi DANA ini sobs. Tiap kali aku mau beli paket data, pulsa, atau membayar tagihan listrik, aku selalu keliling dulu deh untuk melihat berapa biaya yang harus aku keluarkan dari dompet digital 1, 2, 3. Dan tenang. Aku hanya menginstal 3 aplikasi yang berbasis dompet digital aja kok. Hehehe

Semisal begini, aku mau beli pulsa 10.000 untuk provider di kartu ku.......
Di aplikasi 1, harganya sama, 10.000.
Di aplikasi 2, harganya 10.200.
Sedangkan di aplikasi 3 harganya 11.000.

Kalau kamu bakalan milih yang mana nih sobats???
Nah, DANA itu aplikasi 1. Bahkan ada juga untuk provider tertentu untuk pembelian pulsa sekian, harganya malah di bawah aplikasi lainnya. Intinya cari yang lebih murah. Gitu. Dan DANA memberikan itu.

Tapi nih, selain kelebihan, tentu ada juga kekurangan yang perlu kamu ketahui pisan ya, sobs. Sehingga nggak afdol, kalau aku memberikan sedikit celah dari aplikasi dompet digital dengan logonya yang memiliki warna biru ini.
 Sayangnya........

Kirim Uang ke Rekening Bank tertentu dengan Minimal Nominal 50.000

Iya, kalau di bawah itu nggak bisa. Makanya kalau mau transfer ke rekening lain selain yang kamu miliki. Sebaiknya jika di atas 50.000 nominalnya. Kamu cukup gunakan aplikasi DANA ini saja, lebih hemat.

Kalau di bawah itu, bisa pakai aplikasi lain atau langsung dari  rekening yang kamu miliki. Jka selisih biaya adminnya sedikit saja ya kan. Misal di aplikasi lain dikenai 2.500, sedangkan di rekening kamu antar bank, dikenai biaya 6.500. Jadi bakalan milih yang mana nih kamu?

Nggak ada Promo lagi Tiap Transaksi

Siapa sih yang nggak suka sama yang gratisan gitu, apalagi diskonan, heueheuee. Iya, memang untuk sekarang masih belum ada promo tertentu. Semoga kedepannya DANA menghadirkan kembali promo tersebut. Yang mungkin juga dinanti pengguna lainnya.
 NOTE :
Btw aplikasinya mudah digunakan, tidak menghabiskan ruang penyimpanan, dan bikin berat juga ponsel pintar kamu. Yang pasti, jika kamu ingin menikmati kebebasan dalam memilih layanan yang tersedia pada fitur aplikasi DANA, sebaiknya kamu upgrade personal account kamu yang ada di DANA menjadi premium yah sobats.

Karena, kalau belum premium, kamu juga nggak bisa transfer antar rekening. Dan saat proses upgrade juga mudah kok. Intinya tinggal menunggu saja, dan siap untuk meng-eksplorasi secara bebas aplikasi berbasis dompet digital yang ada di Indonesia ini yah...

Nah,,, itu dia detail informasi yang ingin aku bagikan ke kamu sekalian, sobats. Apabila ada kekurangan atau kelebihan dari Aplikasi DANA yang belum aku sebutkan di atas, kamu dapat menyebutkannya di kolom komentar yah.

Sekali lagi terima kasih sudah membaca dan berkunjung di postingan kelebihan menggunakan aplikasi DANA yang perlu Kamu Ketahui ini. Semoga bermanfaat, dan feel free to drop your comments yahh...

~Blessed
Khoirur Rohmah

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Copyright © Fastabiqul Khoirots. Blog Design by SkyandStars.co