Cara yang Benar Shalat Tarawih Sendiri Di Rumah

Senin, 11 Mei 2020

Kabupaten Jember, Jawa Timur, Indonesia



Bismillaahirrohmaanirrohim...
Halo sobats... Tidak terasa kita sudah melewati pekan ketiga bulan puasa di Ramadan tahun ini. Pastinya tidak lunturnya semangat puasa meski menjalaninya di tengah pandemic Corona COVID-19. Sepertinya momen ini bisa menjadi saat bagi kita untuk lebih giat lagi beribadah kepada Allah SWT. Tidak hanya puasa saja amal ibadah yang bisa dilakukan umat muslim di bulan Ramadan, karena mereka juga bisa shalat tarawih. Biasanya shalat tarawih ini dilakukan setelah menyelesaikan shalat isya dimalam hari.

Memang sudah menjadi hal lumrah bagi setiap umat muslim pada bulan Ramadan ini menjalankan shalat tarawih berjamaah di masjid. Tetapi di Ramadan tahun ini, pemerintah mengimbau seluruh umat islam di tanah air untuk shalat tarawih di rumah masing-masing. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah semakin meluasnya risiko penularan virus Corona COVID-19.

Tetapi tidak perlu khawatir karena pahala yang didapatkan tidak akan berkurang meski melakukan shalat tarawihnya di rumah. Lalu bagaimana tata cara shalat tarawih sendiri di rumah yang benar?

Berikut di bawah ini cara benar shalat tarawih sendiri di rumah diantaranya yaitu :

1.    Niat Shalat Tarawih Sendiri Di Rumah

Shalat tarawih merupakan ibadah sunnah yang hukumnya sunnah muakkad yang bisa dilakukan sendiri atau cara munfarid di rumah. Bagi kalian yang akan mengerjakan shalat tarawih sendiri di rumah, berikut dibawah ini bacaan niatnya :
“Ushollii Sunnatat-taroowiihi rok’ataini mustaqbilal qiblati lillaahi ta’alaa.”
Yang Artinya : “Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka’at menghadap kiblat karena Allah ta’ala.”

2.    Cara Benar Shalat Tarawih Sendiri Di Rumah

Shalat tarawih sendiri di rumah umumnya cukup dikerjakan dengan 11 rakaat yang terdiri dari 8 rakaat shalat tarawih dan 3 rakaat shalat witir. Shalat tarawih idealnya dikerjakan sebanyak 2 rakaat dengan 1 kali salam seperti shalat sunnah lainnya. Oleh karena itu kerjakan shalat tarawih 8 rakaat dengan setiap 2 rakaat diakhiri salam seperti biasanya.

Kemudian disambung dengan mengerjakan shalat witir 3 rakaat yang diakhiri 1 kali salam. Sebenarnya untuk mengerjakan shalat tarawih sendiri di rumah ini sama saja dengan cara mengerjakan shalat fardhu, termasuk gerakan dan bacaannya. Tetapi hal yang membedakan antara tata cara shalat sholat tarawih dari shalat fardhu adalah terletak pada bacaan niatnya saja.

Untuk lebih jelasnya, berikut dibawah ini tata cara shalat tarawih yang bisa dilakukan :
·         Takbiratul Ihram.
·         Membaca Doa Iftitah.
·         Membaca Surat Al-Fatihah.
·         Membaca Surat Al-quran.
·         Ruku.
·         I’tidal.
·         Sujud.
·         Iftirasy (Duduk diantara dua sujud).
·         Sujud kedua.

Lalu berdiri untuk mengerjakan rakaat yang kedua.
·         Membaca surat Al-Fatihah.
·         Membaca surat Al-Quran.
·         Ruku.
·         I’tidal.
·         Sujud.
·         Iftirasy (Duduk diantara dua sujud).
·         Sujud kedua.
·         Tasyahhud akhir.
·         Salam.

Umumnya shalat tarawih dikerjakan antara 8 rakaat ditambah dengan 3 rakaat shalat witir. Tetapi ada juga yang mengerjakan shalat tarawih 20 rakaat ditambah dengan  3 rakaat shalat witir. Meski begitu, masing masingnya itu dikerjakan setiap 2 rakaat lalu diakhiri dengan salam. Sebaiknya shalat tarawih memang ditutup dengan shalat witir dengan jumlah rakaat yang ganjil. Niat mengerjakan shalat witir bervariasi, umumnya dikerjakan 1 rakaat atau 3 rakaat.

Berikut dibawah ini bacaan niat shalat witir 3 rakaat yang diakhiri 1 kali salam :
“Ushallii Sunnatal Witri Tsalaasa Roka’aatin mustaqbilal Qiblati Adaa’an lillaahi ta’alaa.”
Yang Artinya : “Saya berniat shalat witir tiga rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’alaa.”

Nah, kebetulan nih sobats aku dari awal puasa banyakan mengikuti sholat tarawih berjamaah di mushola dekat rumah. Namun, beberapa waktu terakhir aku juga sholat tarawih sendiri di rumah, sebab kondisi sehabis hujan, dan alasan nggak ikut jamaah karena sebelumnya ada warga yang habis bepergian dari kota yang termasuk zona merah tapi tidak melakukan karantina mandiri. Dan ikut jamaah di mushola yang letaknya depan rumah mertua, pas. Sejajar dengan kamarku.

Yaudah, berbekal niat sholat tarawih dari kakak aku yang bisa bilal saat sholat jamaah, aku melafalkannya di rumah. Lumayan sih, tapi aku melaksanakannya 20 rakaat sholat tarawih dan 3 rakaat witir. Jadi aku samakan seperti halnya saat berjamaah.

Terus nih, kalau kamu punya cerita apa sih terkait tarawih? Masih ikut sholat tarawih berjamaah, libur, atau sholat sendiri di rumah nih? Boleh deh feel free to drop your comments yah sobats.

Btw terima kasih sudah membaca dan berkunjung di artikel cara yang benar shalat tarawih sendiri di rumah ini, ya. Yang pasti, dimanapun kita melaksanakan kesunnahan sholat tarawih ini, semoga mendapatkan manfaat dan berkah kepada diri kita masing-masing ya. see ya on the next article.

~Blessed
Khoirur Rohmah

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Copyright © Fastabiqul Khoirots. Blog Design by SkyandStars.co