Perayaan Hari Blogger Nasional Bersama Warung Blogger dan Kilas Balik dengan Pojok WB

Jumat, 06 November 2020

Jember Regency, East Java, Indonesia

 

Hari Blogger Nasional Versi Warung Blogger


Bismillaahirrohmaanirrohim

Halo sobats, apa kabar nih malam ini? Jujur, saat postingan ini ditulis, aku lagi bingung mau kasih judul apa ya. Sampai cari referensi penulisan judul di hipwee, eh ndilalah malah ikutan baca artikelnya. Coba baca judul buku-buku yang ada di rak. Kok pusing juga ya, harus miringin kepala dulu. Sampai akhirnya, ”Ketik aja dulu, judul urusan akhir nanti,”. Kamu gitu juga nggak sih??

 

Mengapa artikel ini wajib tayang malam ini? Kok nggak dari kemarin aja diunggah, atau besok gitu? Kalau kemarin, emang belum nemu ide. Nah malam ini pas deadline, mau nggak mau ide dipaksa muncul dan udah bikin kerangkanya, tinggal ngembangin. Nah, kalau nunggu judul dulu, kemungkinan isi artikelnya bakalan sistem kebut-kebutan tuh.

 

Jawabannya, karena ada hal penting yang ingin aku bicarakan terkait sebuah komunitas. Yang sangat berjasa, dan berarti banget untuk aku. Siapa lagi kalau bukan Warung Blogger. Atau mungkin kamu lebih mengenal WB ya sobats. Spesial juga, aku akan menuliskan sedikit alur cerita tentang WB dari awal hingga masa saat ini. so, let’s check this out...

 

Komunitas Blogger Pertama untuk Seorang Pemula

 

Aku masih ingat cerita awal mula bisa gabung di grub Facebook WB, sampai bikin Surat untuk Warung Blogger saat ulang tahunnya yang ke-4 di tahun 2014. Di sana aku curhat dari kesan pertama aku gabung, dan ketika aku baca kembali tulisan tersebut, aku tertawa karena membaca artikel yang kutulis sendiri.

 

Logo Warung Blogger

Terkait logo ini, dalam postingan tersebut aku menanyakan dimanakah huruf R nya? Aku nggak yakin kalau yang dibagian pegangan gelas itu adalah R nya. Sampai membaca komentar dari Mbak Susindra ini, membuatku tambah ketawa. Ya ampun, sebegitu terongnya aku dulu. Hahahaa.

 

Monggo dipersilakan untuk menertawakan saya yang terong banget  :'(

 

Di setiap milad WB, tentu akan aku usahakan ikut berpartisipasi, selagi emang nggak kena virus M, dan lainnya ya. Seperti perayaan ke 5 tentang Bulan Meiyang Berkesan, dan 6 tahun WB dengan tema Best Blogger Moment, aku juga ikutan memeriahkannya.

 

Hari Blogger Nasional Bersama Warung Blogger

 

Aneka Warna Logo Warung Blogger
Kamu suka yang mana?

Tanggal 27 Oktober 2020 kemarin adalah perayaan Hari Blogger Nasional, dan sayangnya aku belum membuat postingan apapun. Meski begitu aku tetap ikut perayaan untuk pesta HarBlogNas yang dirayakan secara virtual dengan membahas tema yang erat kaitannya dengan Blogging, hingga live streaming yang membuat kilas balik awal mula ngeblog.

 

Kebetulan saat Hari Blogger Nasional, Warung Bogger memang tidak mengadakan pesta perayaan tertentu. Namun, ada tantangan membuat postingan yang berkaitan dengan Pojok WB. Udah pada tahu apa belum nih sama Pojok WB? Soalnya aku mau sedikit kilas balik saat bergabung dengan Pojok WB hingga sekarang ini.

 

Kilas Balik Bersama Pojok WB

 

Nah sobats, Warung Blogger selain memiliki grup utama di Facebook, juga punya grup untuk cuap-cuap melallui whatsapp loh. Nama grupnya adalah Pojok WB. Mungkin kamu penasaran ya kan, kok namanya Pojok WB?

 

Logo Pojok WB
Logo Resmi Grup Pojok WB 

Kalau menurutku, misal ada satu ruangan kadang paling asyik tuh rumpi bareng teman-teman di pojokan, untuk membahas apapun itu. Dari A-Z, apalagi ditambah suguhan berupa makanan dan minuman. Udah pasti betah deh itu.

 

Selaras dengan hal itu, Pojok WB sebagai grup Whatsapp untuk anggota Warung Blogger ini dibuat supaya terjalin komunikasi yang searah dengan anggota lainnya. Pembahasannya pun juga random. Tidak melulu soal blogging, namun bisa topik lainnya yang hits saat itu.

 

Awal Mula Gabung Pojok WB

 

Kebetulan, saat awal-awal aku gabung di grup Pojok WB itu karena rekomendasi dari Mbak Jiah, kalau ingin gabung di Pojok WB bisa melalui Teh Dian Safitri. Kemudian aku dikasih kontaknya, lalu dikasih tahu rule atau persyaratan saat sudah gabung di grup tersebut. Barulah aku diajak bergabung di grup yang ternyata asyik juga ya.

 

Asyiknya tuh, setiap minggu ada agendanya. Misal Senin pakai bahasa Inggris, Selasa untuk list Blogwalking, Rabu memakai bahasa baku yang sesuai EYD, Kamis kalau nggak salah terkait review film di grup, Jumat Daftar Blog Walking, Sabtu dan Minggu, lupa deh apa aja itu. Soalnya chatnya nggak dicadangkan di hape lama.

 

Sebagai anak baru di grup tersebut yang baru bergabung sekitar 3 tahun yang lalu mungkin ya, aku sering jadi silent reader, walau sesekali muncul untuk menyatakan bahwa eksistensiku itu ada. Iya, gitu. Kadang pengen nimbrung, etapi nggak jadi karena lagi kerja dan sebagainya. Sehingga, tahu-tahu udah tertimbun beratus chat dah.

 

Catatan Indah dengan Pojok WB

 

Di Pojok WB ini juga, aku mendapatkan sebuah kehormatan bisa dipanggil sebagai Putri Unicorn, berkat Teh Dian dan Mbak Siti Mudrikah.

 

Mengapa bisa begitu?

Awalnya karena saat nge-list di blogwalking, setelah selesai BW aku selalu memberikan tanda emot Unicorn disamping namaku. Karena dulu masih jadi karyawan, saat nge-list di daftar BW aku akan segera selesaikan jika sudah terpenuhi daftarnya, atau mencicil BW tersebut. Sehingga, misal hari ini nge-list, hari itu juga aku selesaikan, dan aku kasih tanda Unicorn itu.

 

Bukan tanpa sebab aku suka emot itu, dan menggunakannya saat mendaftarkan link artikelku di grup Pojok WB. Soalnya aku juga sama gambar Unicornnya. Apalagi setelah Teh Dian manggil Putri Unicorn, aku kasih nama Twitterku dengan sebutan ini. hahahaa. Ya inspirasinya dari Teh Dian. Kalau nggak gabung di Pojok WB, mungkin nama akun twitterku tidak demikian deh. Ehhehee.

 

Kesan-Kesan saat Bergabung dengan Pojok WB

 

Alhamdulillah, selama gabung di grup Pojok WB juga, bisa kenal lebih dekat dengan blogger-blogger hits di seantero negeri ini melalui chatting, atau bergabung dalam proyek kerjaan yang diadakan oleh Warung Blogger. Sebuah bonus dan juga pengalaman mengesankan bareng Anggota Warung  Blogger di Pojok WB.

 

Mungkin grup ini tidak jauh berbeda dari grup blogger lainnya. Namun, setiap grup tentu memiliki atmosfir yang berbeda pula. Hal itu juga terjadi dengan blogger-blogger yang ada di Pojok WB. Kakak admin yang receh, merangkul, kadang jadi bahan candaan, ada anggota yang silent reader juga, yang sering muncul ada, ahhh, banyak deh.

 

Pojok WB Saat ini

 

Semakin kesini, Pojok WB memberikan dorongan kepada para blogger untuk lebih konsisten dalam menuliskan konten organik. Salahsatunya dengan diadakannya OWOP atau One Week One Post, yang bertujuan bahwa dalam satu Minggu ada satu postingan yang diunggah, dengan tema yang beragam di tiap minggunya. Sayangnya aku baru ikutan satu tentang Review Dorama Survival Family 2016 euuyy. Ehh dua sama postingan ini ding.

 

Terus, ada yang tanya nggak nih, Rules di awal gabung sampai saat ini masih berlaku nggak nih, Kurang lebih sudah lebih santai lagi nih sobats. Namun jadwal untuk list Blogwalking tetap di hari Selasa dan Jumat. Apalagi ya???

 

Kalau mau gabung di Pojok WB gimana??

Kamu dapat menghubungi akun sosial media admin Warung Blogger, salahsatunya Teh Dian Safitri Ravi. Mungkin akan lebih dijelaskan lebih detail terkait how to nya.

 

Dear Pojok WB,

 

Semoga kedepannya, kamu bisa menaungi para blogger yang ingin lebih dekat dengan blogger lainnya lebih intens, dapat memberikan suntikan semangat untuk konsisten menulis, bahasan random namun ada hal-hal yang bisa dipetik dari pembicaraan tersebut. Kamu dapat menjadi keluarga versi virtual bagi blogger untuk sharing apapun. Dan semoga yang hanya dari dumay aja, bisa bertatap muka secara duta ya.

 

Ahh.. kayaknya jadi panjang begini deh curhatanku kalau membahas Warunng Blogger dan Pojok WB ini. Semoga artikel di atas ini bisa bermanfaat ya sobats. Jangan lupa, feel free to drop your comments ya...

 

Terima Kasih sudah Membaca dan Berkunjung di artikel ini. see you next.

~Blessed

Khoirur Rohmah

 

 

 

 

35 komentar:

  1. Wah ternyata wb banyak perannya terutama bagi blogger pemula seperti saya, dari cerita mba saya jadi tau,ternyata komunitas itu penting, paling tidak tempat sharing ilmu.makasi tulisannya mba.salam kenal.

    BalasHapus
  2. Sebagai blogger yang jarang gabung dengan blogger di luar Jogja aku minder nih baca artikel mba Rohmah hahaha. Semoga kita tetap konsisten jadi blogger ya

    BalasHapus
  3. Halo mba. Senangnya ada wadah khusus buta blogger ya mba. Kita jadi bisa berkembang bersama dan memperoleh banyak ilmu juga ya

    BalasHapus
  4. Aku baru tau ada perataan bersama Warung Blogger, udah lama banget gak nengokin grupnya di fb tapi gak ikutan wagnya. Dulu pertama kali diadd ke grup FB sama Lozz Akbar nih. Sukses terus untuk Warung Blogger

    BalasHapus
  5. Wah, pasti banyak keseruan ya tergabung dengan komunitas Warung Blogger ini, mbak :) Banyak yang diperoleh mulai pertemanan dengan sesama teman blogger, ilmu ngeblog, berbagai job dan sebagainya. Wiiiih lutuna ya mbak 'Putri Unicorn" terdengar manis gitu hehehe.

    BalasHapus
  6. Selamat hari Blogger Nasional, mbaak. Wah aku juga pengen ah gabung di Warung Blogger. Seru banget kayaknya ada tema-tema tertentu gitu. Biar nambah blogger juga kan

    BalasHapus
  7. wah agendanya seru seru banget yaa. kalo ini WB grupnya aktif di facebook ya mba? Niche apa aja bisa masuk ya? atau niche tertentu mba?

    BalasHapus
  8. Warung Blogger ini emang kaya banget logonya. Pertama ikutan beberapa tahun lalu, aku sampai bingung dulu mau cantumin logo yang mana. Bagus semuaaaa. Hihihi.

    BalasHapus
  9. Kak Rohmah udah lama juga ya gabung di warung blogger. Aku kepengen gabung sebenarnya kak.. ada syarat khusus gak ya? Aku soalnya masih newbie. Ada rasa malu sok kepengen gabung.. hehe

    BalasHapus
  10. Sepertinya Warung Blogger sekarang labih hidup di WAG, ya? Dulu di group FB rasanya rame aja saling komunikasi. Selamat Hari Blogger Nasional

    BalasHapus
  11. Ikut sebuah komunitas bagi seorang blogger memang sangat penting ya kak, kalau gak gitu ga berkembang. Warung Blogger memang sudah banyak dikenal sebagai wadah yang baik bagi para blogger nih.

    BalasHapus
  12. semoga yaaaaaaaaa ada kopdar WB tahun 2021
    biar kita bisa jumpa semuanyaaaaaa

    BalasHapus
  13. Eh seru juga lho kalau dicanangkan jadwal bahasa Inggris, bahasa baku, atau mungkin ada kuis singkat tentang EYD. Jadi ga melulu BW, hihi ...

    Anyway, Selamat Hari Bloger Nasional!

    BalasHapus
  14. Aku anggota WB juga lhooo... tapi hanya aktif dulu ketika masih digawangi bloger2 lawas kayak Mb Susi, Mas Loz, Mas Hakim dll. Kesini-sini udah ga aktif lagi aku di grup WB. Seru juga yaa ternyata aktivitas di pojok WB.

    BalasHapus
  15. Selamat hari blogger, semoga kita bisa memberikan inspirasi untuk para pembaca kita ya mbak. Semangat terus, aku nih udah bikin draft tentang Hari Blogger tapi belum ku selesaikan juga.

    BalasHapus
  16. Saya ikut juga kayaknya di pojok WB Facebook ya mbak ? cuma kurang aktif nih kayaknya. Memang bloger itu perlu komunitas juga ya mbak

    BalasHapus
  17. Wah, baru tahu kalau Warung Blogger ada Pojok WB...
    dan baca pembuka artikel ini aku ngakak so hard...R-nya dimana ya, haha (maapkeun) jelas ada R-nya begitu
    Keren kalau gabung di komunitas yang membantu kita tumbuh dan berkembang begini ya Mbak
    Selamat ngeblog dan terus semangat berbagi inspirasi

    BalasHapus
  18. Unik banget logonya ya Mbak Rohma... Pegangannya membentuk huruf R. Wah banyak ya komunitas bloger ini. Semoga WB semakin berkibar dan menjadi komunitas yg makin keren yaa

    BalasHapus
  19. Kayaknya saya belum gabung di Warung Blogger, cuma sering baca postingan di grup FB-nya aja. Btw, seru juga ya agenda di WAG WB. Kayaknya baru komunitas ini yang ada agenda khusus tiap hari begini.

    BalasHapus
  20. Selamat Hari Blogger mbk.. Dulu awal awal ngeblog lumayan aktif di Warung Blogger. Sekarang udah jarang buka fb, paling sesekali lihat group komunitas Blogger

    BalasHapus
  21. Wah apakabar WB...udah lama bergabung di grup FB nya dan sepertinya lama juga vakum ya..sepertinya aku banyak terlewat event di WB..Semoga sukses terus buat WB ya...

    BalasHapus
  22. Selamat hari Blogger Nasional, mbaak. Wah aku juga pengen ah gabung di Warung Blogger.
    biar makin banyak ketemu teman teman blogger

    BalasHapus
  23. Selamat Hari Blogger Nasional Mbaaa.. maasyaallah, sebelum aku optimasiin blog karena dorongan salah satu teman kantor yang ternyata blogger lawas juga, dia banyak cerita tentang Warung Blogger ini.

    BalasHapus
  24. Aku member Pojok WB juga lho, gabung WAG-nya :D
    Lupa gabung kapan kyknya 2018 atau malah 2017 pas msh di Depok? Lupa
    Silent member tapi suka ikutan listing BW-nya lumayan nambah2 viewers dari circle yang berbeda :D
    Soal logo sbnrnya suka yang lawas, tapi ya mungkin maunya yang fresh yaaa

    BalasHapus
  25. Selamat Hari Blogger Nasional, Mbak. Aku udah lama tahu Warung Blogger dan sudah join di FB Grupnya tapi nggak aktif hehehe.

    BalasHapus
  26. Warung Blogger selalu di hati.
    Karena termasuk salah satu komunitas blogger yang aku ikuti loo..

    BalasHapus
  27. Wah saya juga gabung warung blogger... Tapi lupa udah sejak kapan ya, hihihi...
    Semoga sukses selalu warung blogger :)

    BalasHapus
  28. Wah, hari blogger nasional ya. Selamay hari blogger mba.. Telat nih ngucapin. Wkkw. Aku udah tau ttg warung blogger ini tp lupa mulu join.

    BalasHapus
  29. Ya ampun, Warung Bloger ini kan salah satu komunitas ngeblog yang udah lama banget kan mbak. Kalau denger nama Warung BLogger langsung ingat Pakdhe Cholik

    BalasHapus
  30. Wah, ada nama saya di situ. Hihihi.
    Yah, WB dan PojokWB memang sebuah grup yang unik. Tapi ya memang tiap grup atau pribadi itu unik ya.
    Hangat mungkin lebih tepat.

    BalasHapus
  31. Wah senangnya bisa kumpul sama temN teman warung blogger. Iya mbak selain KEB Dan blogger perempuan, WB yang pertama kali aku Ikutin. Cuma interaksi kurang intens aja karena di sana kan campur ya. Cowok cewek. Aku malu haha

    BalasHapus
  32. Aku juga anggota Warung Blogger, salah satu komunitas blogger yang udah berdiri sejak lama ya maaaak.. Dah senior. Hihi. Selamat hari blogger nasional juga Maaaak! Semangat terus ngeblognya yaaa

    BalasHapus
  33. Senang rasanya bisa gabung ke komunitas seperti ini. Jadi lebih banyak info dan ilmu. Selain itu, semangatnya juga tetap terjaga karena punya banyak teman 😃

    BalasHapus
  34. ya ampun kangen banget deh sama WB, dulu aku udh gabung di grup wa nya, tapi karena ganti hape ganti nomor wa juga jadi kehilangan jejak huhu, pengen join wb lagi :(

    Masih ada nuryy gaaaaa *malah nanya yaa, haha*

    BalasHapus
  35. Aduh kangen deh ikutan program WB. Banyak vacum ya WB sekarang. Inget masa lomba blog bareng WB. Semoga bisa aktif kembali seperti semua ya WB

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Copyright © Fastabiqul Khoirots. Blog Design by SkyandStars.co