Jumat, 24 Juni 2022

Yuk, Intip 6 Variasi Menu Telur dari Seluruh Dunia



Bismillaahirrohmaanirrohim

Halo sobats,, apa kabar nih? Oh ya, kamu suka nggak sih menu hidangan telur dan aneka kreasinya? Contohnya telur mata sapi deh. Nah kalau kamu lagi liburan ke Yogyakarta nih. Saat sarapan di penginapan indah di Jogja, apa menu yang biasa kamu pilih? Menu berat seperti nasi goreng dan bubur ayam? Atau menu ringan seperti sosis goreng dan telur orak arik yang lembut?


Nah, ngomong-ngomong soal telur, ternyata bahan makanan yang satu ini sangat terkenal di seluruh dunia. Bahkan masing-masing negara memiliki hidangan olahan telur yang unik dan lezat. Mau tahu apa saja hidangan telur di berbagai negara? Yuk, simak ulasan berikut.


Scrambled eggs

Scrambled eggs
Pics from unsplash

Hidangan yang biasa hadir di berbagai hotel dan restoran di Borobudur ini asalnya berasal dari Romawi Kuno. Walaupun terlihat mudah hanya diorak-arik saja, namun untuk mendapatkan tekstur yang lembut dan ringan tidak mudah, lho. Jika ingin scrambled eggs yang super lembut, kamu harus mengocoknya dengan krim atau susu. Supaya rasanya lebih kaya, tambahkan ekstra kuning telur saat mengocok. Saat memasak, pastikan ukuran pan-nya pas sehingga tidak ada bagian yang terlalu matang.


Scotch Eggs

Sesuai namanya, hidangan yang berasal dari Skotlandia ini memiliki penampilan yang unik. telur yang sudah direbus sampai matang, dibalut dengan daging hingga membentuk bola lonjong. Setelah itu, dibalur dengan tepung roti kemudian dipanggang atau digoreng dalam minyak panas hingga kuning keemasan. Hidangan ini kemudian disajikan dengan saus gravy yang hangat dan lezat.


Tamagoyaki

Tamagoyaki adalah hidangan telur omelet yang digulung khas Jepang. Biasanya tamagoyaki dapat dengan mudah ditemukan di restoran sushi terdekat. Hidangan ini sebenarnya lebih kepada kue dibanding telur karena rasa manis dari mirin yang lebih mendominasi. Tak heran, banyak yang mengonsumsi tamagoyaki sebagai palate cleanser setelah menikmati sashimi.


Gyeran mari

Hidangan telur berikutnya berasal dari Korea. Bernama gyeran mari yang diambil dari kata ‘gyeran’ yang berarti ‘telur’ dan ‘mari’ yang berarti ‘gulung’. Jadi, gyeran mari dan tamagoyaki sebenarnya sama-sama hidangan omelet telur yang digulung. Bedanya, gyeran mari lebih gurih, sedangkan tamagoyaki lebih manis.


Shakshuka

Intip 6 Variasi Menu Telur dari Seluruh Dunia
Pics from Unsplash

Hidangan telur dari Afrika Utara ini mulai digemari masyarakat Indonesia karena rasa rempah yang kuat dan cara membuatnya yang cenderung simpel. Sederhananya, shakshuka adalah telur ceplok yang dimasak dengan tomat, cabai, bawang, dan rempah-rempah. Jadi setelah saus tomat matang, beberapa telur diceplokkan di atasnya lalu tutup hingga telur matang. Setelah matang, taburi dengan cincangan daun ketumbar dan peterseli.


Huevos Rancheros

Setelah Afrika, mari kita berangkat ke Meksiko untuk menyantap huevos rancheros. Hidangan ini adalah telur ceplok yang disajikan di atas tortilla goreng dan diberi saus salsa yang segar. Menu sarapan ini cukup komplit dari segi gizi, karena mengandung karbohidrat dari tortilla jagung, protein dari telur, dan sayur dari tomat yang ada pada saus salsa.


Nah, itu dia sobs daftar hidangan telur dari berbagai dunia. Tapi sebenarnya masih banyak loh. Tapi kalau dari list di atas, ada nggak sih yang jadi favorit kamu? Kalau ada, boleh banget loh share di kolom komentar ya. Kalau aku sih hidangan telur ceplok atau telur mata sapi dikasih tambahan irisan cabai sama daun bawang itu udah enak banget asli. Kalau kamu gimana nih sobs? Feel free to drop your comments ya.


Terima kasih sudah membaca dan berkunjung di artikel ini ya. Sampai jumpa pada tulisan berikutnya.


Blessed

Kr. Rohmah


1 komentar:

  1. Tim yang lebih suka ceplok dari varian rebus dan kocok mencebik melihat ini, ternyata ada variasi lain untuk menu telur lha aku cuma kenall tiga itu yang masaknya ya sekadar gitu. Hemm, bisa dicoba ini, terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...