‎ ‎

Pentingnya Chatbot Whatsapp Untuk Komunikasi Bisnis Anda

Pentingnya Chatbot Whatsapp Untuk Komunikasi Bisnis Anda

Memiliki bisnis tentu diperlukan komunikasi yang baik antara pemilik dan pelanggan. Namun, ada permasalahan yang mungkin pernah dirasakan pemilik bisnis ketika terjadi ketidakseimbangan antara tenaga kerja dan pelanggan. Seperti pelanggan yang ingin memesan produk, sekedar bertanya, atau melacak pesanan yang semakin hari semakin bertambah. Sehingga membuat pesan yang masuk tidak sepadan dengan yang menangani atau menjawab keluhan, yang pada akhirnya terdapat pesan yang diabaikan. Oleh karena itu, untuk pelaku bisnis, kebutuhan chatbot adalah bagian penting yang harus dimanfaatkan, terlebih bisnis dalam bidang digital.


Chatbot atau chat robot adalah teknologi komputer berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang dapat menstimulasi percakapan layaknya manusia. Dalam hal ini, chatbot merupakan layanan yang dapat menjawab pesan secara otomatis.


Tugas chatbot sebagai komunikasi bisnis adalah untuk membantu sebuah bisnis dalam menangani ribuan pesan yang masuk seperti melalui whatsapp. Dengan begitu, bot dapat memastikan bahwa semua pesan dari pelanggan dapat ditangani dengan cepat. Maka tidak heran kalau akhirnya chatbot banyak digunakan oleh pemilik bisnis. Karena hal ini dapat menghemat biaya operasional dan juga memberikan layanan yang aktif selama 24 jam. Sehingga secara tidak langsung menjadi nilai tambah bagi pelanggan menyukai produk, dan juga menghemat jumlah karyawan untuk dapat meningkatkan penjualan.


Dibalik julukan sebagai asisten digital yang dapat memberikan jawaban secara relevan. Ternyata chatbot terbentuk selain karena kecerdasan buatan (AI), juga hadirnya teknologi sebagai berikut:

  • Artificial Intelligence (AI)
  • Automated Rules 
  • Natural Language Processing (NLP)
  • Machine Learning


Mengenal Cara Kerja Chatbot


Secara sederhana, chatbot bekerja dengan mengandalkan kata kunci yang sudah tertanam di dalam sistem. Sehingga, setiap kali chatbot menerima pertanyaan dari pengguna, otomatis menyesuaikan jawaban mana yang cocok dengan kata kunci pertanyaan yang telah diajukan. Meski begitu, selain karena kemampuan analisis dan pengenalan yang responsif, chatbot juga menggunakan tiga sistem operasi yang di antaranya adalah:


1. Pattern Matching (Penyesuaian Pola)

Memungkinkan chatbot mengelompokkan teks atau tulisan. Dengan ini, membuat chatbot memindai kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna. Namun, jika ada pola di luar kata kunci, maka chatbot tidak akan mampu memberikan jawaban yang sesuai.

2. Decision Tree-Based

Merupakan jenis pola kerja chatbot yang mana pelanggan hanya dapat memilih pertanyaan yang telah disediakan oleh sistem, dan jika tidak ada yang sesuai dengan keinginan, maka pelanggan akan diarahkan dengan menghubungi call center.

3. Contextual

Cara kerja chatbot yang telah mengandalkan sistem AI yang disebut sebagai Machine Learning ini memungkinkan terdapat percakapan yang terasa lebih natural dan dapat merespon menggunakan bahasa yang alami. Selain itu, untuk mendukung pola kerja ini, juga dibutuhkan sistem Natural Language Processing (NLP) yang dapat memudahkan teknologi AI memahami konteks atau permintaan para pengguna.


Setelah mengetahui bagaimana cara kerja chatbot, berikut ini beberapa manfaat atau keuntungan dari penggunaan chatbot untuk pemilik bisnis.


Manfaat Penggunaan Chatbot untuk Komunikasi Bisnis Anda

Manfaat Penggunaan Chatbot untuk Komunikasi Bisnis Anda

Senang nggak sih kalau pas lagi chat online shop, belum sampai 5 menit, sudah langsung dibalas oleh ownernya? Tahu nggak, saat kamu bertanya tersebut yang jawab adalah chatbot? Nah, berikut ini adalah manfaat yang akan didapat apabila pemilik bisnis menggunakan chatbot whatsapp sebagai komunikasi bisnis. Di antaranya adalah:


1. Memudahkan Dalam Operasional

Hanya dengan chatbot memudahkan dalam menjawab beragam dan berbagai pertanyaan-pertanyaan dasar yang sering diminta pelanggan. 

2. Bekerja Secara Sistematis

Berkat AI yang didesain dengan machine learning dan deep learning membuat chatbot dapat menjelaskan agar tetap akurat untuk menghindari kesalahan.

3. Ekonomis dan Efisien

Dengan chatbot, pelanggan bisa bertanya di luar jam operasional karena chatbot dapat bekerja selama 24 jam.

4. Praktis, Cepat, dan Responsif

Pelanggan dengan mudah dilayani oleh chatbot secara cepat berkat pemrograman yang telah disiapkan sesuai kebutuhan dan dengan bahasa yang mudah digunakan.

5. Memiliki Energi Tak Terbatas

Pemilik bisnis bisa memaksimalkan sistem operasional dengan efektif tanpa batasan waktu.

6. Mengutamakan Kepuasan Konsumen

Dapat meningkatkan rating positif bagi bisnis, karena pelanggan membutuhkan respon yang cepat dan menjawab kebutuhan secara tepat.

7. Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis

Chatbot memberikan keuntungan bagi pemilik bisnis dapat mengembangkan usahanya secara eksponensial.


Rekomendasi Chatbot Whatsapp Berbasis Artificial Intelligence 

Rekomendasi Chatbot Whatsapp Berbasis Artificial Intelligence

Nah, untuk Anda pemilik bisnis yang saat ini membutuhkan asisten digital dalam menanggapi pesan dari pelanggan seputar produk bisnis Anda, maka menggunakan chatbot whatsapp menjadi langkah yang dapat diterapkan agar mendapatkan manfaat seperti yang telah dipaparkan di atas.


Untuk dapat membalas pesan secara otomatis dalam komunikasi bisnis dengan chatbot whatsapp, Anda dapat memanfaatkan perusahaan yang ahli dibidangnya. Seperti Jatis Mobile yang menjadi solusi atas kebutuhan Anda berupa asisten digital usaha yang Anda miliki.


Sebagai informasi, Jatis Mobile merupakan perusahaan yang menyediakan solusi berbasis teknologi yang berfokus pada solusi komunikasi dan distribusi digital. Yang lebih dari 18 tahun perjalanan di industri ini yaitu sejak tahun 2002, Jatis Mobile telah membantu lebih dari 500 perusahaan untuk dapat meningkatkan bisnis mereka.


Dengan menggunakan Jatis Mobile, dipastikan Anda dapat mendapatkan pengalaman dalam pembelian untuk pelanggan dengan dilayani chatbot untuk dapat meningkatkan kepuasaan mereka dengan memberikan dukungan chatbot secara otomatis. 


Produk yang ditawarkan Jatis Mobile di antaranya seperti:

  • Whatsapp Platform
  • SMS Messaging
  • Email Messaging
  • CPRO+
  • Coster
  • Application Development
  • Beranda Toko
  • Mobile Advertising
  • Artificial Intelligence


Semoga dengan informasi mengenai chatbot, cara kerja, manfaat, serta rekomendasi chatbot di atas membuat Anda lebih paham mengenai penggunaan chatbot bagi bisnis Anda.


~blessed

Khoirur Rohmah




26 komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^
  1. Teknologi AI benar-benar mengubah dunia, semakin canggih dunia teknologi semakin mempermudah tugas manusia pula. Dengan begini, bisnis di media sosial semakin mudah, tidak heran kalau banyak orang mulai beralih ke ranah digital. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. wah baru tau tentang chatbot whatsapp
    Selama ini sering penasaran dengan jawaban whatsapp dari perusahaan ternama
    Ternyata disediakan oleh Jatis Mobile
    Sehingga perusahaan gak ribet mengurus hal administratif

    BalasHapus
  3. Penting banget ya chatbot whatsapp buat bisnis, jadi bisa merespon pelanggan dengan cepat, karena salah satu masalah yang bikin kesal pelanggan itu adalah, jika slow respons, pun juga sebagai pebisnis kadang kesal dengan dengan pertanyaan yang itu-itu saja, itulah gunanya adanya chatbot

    BalasHapus
  4. Chatbot ini sangat membantu bagi pelaku bisnis ya, Mbak. Misalnya bisa menjawab pertanyaan mendasar yang sering ditanyakan pelanggan. kebayang juga harus membalas chat satu per satu. Kalau respon cepat, pelanggan juga senang. Bahkan stand by 24 jam.

    BalasHapus
  5. Ranah digital memang wajib tersentuh dengan efektivitas dan efisiensi ya. Chatbot ini benar-benar membantu saat kita sedang sibuk sementara pesan-pesan dari luar sudah berderet masuk. Setidaknya chatbot bisa membantu menjawab pertanyaan atau kebutuhan yang bisa dijawab secara otomatis. Bahkan untuk sekedar menyapa saja pasti menyenangkan customer. Setidaknya ada response cepat yang bisa mereka baca.

    BalasHapus
  6. Adanya chatbot di sebuah web brand memudahkan buat pengguna ketika lagi butuh solusi terhadap brand tersebut ya. Inilah pemanfaatan teknologi yang positif

    BalasHapus
  7. Saya melihat banyak sekarang perusahaan-perusahaan bisnis, pelaku bisnis UKM/UMKM di website mereka sudah disediakan tombol chatbot ini, supaya ada feedback dari klien ke bisnis mereka. Saya pun memakai ini di website jual beli bibit tanaman saya. Efektif langsung kita terima saat ada yang tanya atau pesan bibit. Makin canggih saja komunikasi saat ini.

    BalasHapus
  8. Aku sangat setuju dengan artikel ini tentang manfaat penggunaan chatbot untuk komunikasi bisnis. Chatbot menyediakan solusi yang luar biasa bagi para pelaku bisnis untuk melayani pelanggan dengan cepat dan efisien. Chatbot juga membantu meminimalkan biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan pelanggan. Aku yakin penggunaan chatbot akan menjadi sangat bermanfaat bagi bisnis di masa depan.

    BalasHapus
  9. Chatbot lagi ramai sekarang, ternyata bisa memberikan manfata ya, khususnya dalam pelaayanan pelanggan

    BalasHapus
  10. Aku jadi penasaran lho mbak kalau pakai chatbot gitu pesan masuk otomatis terbuka atau tetap unread di notifikasinya?

    BalasHapus
  11. Memang buat pelaku bisnis terbantu sekali dengan adanya chatbot WA, jadi ketika dia sedang tidak aktif maka customer bisa paham kalau chatnya belum terbalas

    BalasHapus
  12. Chatbot ini sangat membantu bagi pemilik bisnis, terutama yang sering mendapatkan pertanyaan yang sama dari para pelanggan. Kalau polanya sudah diketahui, memang enak banget memanfaatkan teknologi ini

    BalasHapus
  13. Makin banyak langganan dan pelanggan juga puas nanya nanya di chatbox sebelum check out

    BalasHapus
  14. Sahabat aku yg punya bisnis online pasti terbantu pakai ini ya mba. Banyak chat terus kan kalau konsumen dilayani dengan cepat pasti bahagia.. teknologinya canggih ya bermanfaat

    BalasHapus
  15. Ini juga harus jadi pertimbangan ya mak, ketika kita ingin membangun sebuah bisnis harus memiliki chatbot. Kebetulan sekolah anakku sudah pakai chatbot dan memang sangat membantu sekali. Apalagi untuk bisnis-bisnis lainnya ya.

    BalasHapus
  16. Merasa terbantu sekali karena kini ada chatbot whatsapp.
    Karena bagi dunia bisnis, klien gak mau nunggu kalau lama responnnya. Rasanya uda bete duluan aja gitu ya..

    Berkat chatbot whatsapp, paling gak merasa dilayani dan dijawab sesuai dengan kebutuhan calon buyer.

    BalasHapus
  17. Adanya chatbot WA ini sangat membantu para pelaku bisnis yang menggunakan WA sebagai salah satu media promosi bisnisnya ya mbak

    BalasHapus
  18. Aku juga pakai soalnya ada calon customer yang kalau dibales lama suka marah marah. Kadang juga dianggap kita nipu. Aneh banget emang...

    BalasHapus
  19. Chatbot memang cukup membantu tapi yang gak enaknya kalau yang di balik layarnya lama baru membalas hal yang hanya dia yang bisa jawab .... rasanya pengen bilang percuma punya chatbot :D
    Seharusnya malu ya sama chatbot yang lebih rajin.

    BalasHapus
  20. Bener banget deh, chatbot WA untuk pebisnis lumayan diperlukan.

    Selain memudahkan pelaku bisnis dan jadi lebih efisien, rasanya akan memuaskan pelanggan juga karena fast response, jadi bisa dibalas kapanpun. Keuntungannya banyak deh yaa

    BalasHapus
  21. Wah keren banget nih chatbot wa ya. Kalo bisnisnya udah besar, wajib pake nih. Pasti banyak yang ngechat.

    BalasHapus
  22. Semakin banyak ya yang bisa memudahkan pekerjaan kita di internet, ada chatbox, chatgpt, bingchat, dll.

    BalasHapus
  23. Ah jadi tahu sekarang tentang cara kerja Chatbot untuk WA bisnis. Teknologi AI sekarang makin dibutuhkan dengan berkembangnya digitalisasi di berbagai sektor utamanya usaha UMKM

    BalasHapus
  24. Chatbot ini sebenarnya banyak membantu lo kalau untuk urusan bisnis. Karena bisa disetting sesuai kebutuhan juga kan ya

    BalasHapus
  25. Ternyata seperti itu ya kerja chatbot wa, dulu aku penasaran bagaimana pelaku bisnis mengaktifkan chatbot ini.

    BalasHapus
  26. Kehadiran teknologi AI melalui fitur Chatbot ini memang memudahkan banget ya buat para pemilik usaha. Apalagi yang usahanya udah besar.

    BalasHapus

Chingudeul