‎ ‎

Mudahnya Mencari Lowongan Kerja Online di Era Digital

 

mudahnya hunting lowongan kerja online di era digital

Pernah pada suatu hari saya bertanya pada salahsatu teman yang juga berprofesi sebagai HRD di sebuah perusahaan, tentang melamar pekerjaan di era teknologi digital. Apakah masih perlu mengirimkan surat lamaran kerja dengan tulis tangan atau langsung melalui email? Dia pun menjawab, tidak perlu dibuat sulit. Justru dengan adanya teknologi digital, sekarang mau mencari kerja hingga melamar pekerjaan lebih dimudahkan dengan memanfaatkan teknologi tersebut. 


Mengapa saya menanyakan demikian? Sebab saat mendapatkan pekerjaan pertama dulu, saya perlu mengajukan surat lamaran kerja sekaligus survei langsung di perusahaan incaran. Namun berbeda dengan sekarang ini yang mana teknologi digital sudah sangat mencamur. Bahkan diberikan kemudahan untuk mencari lowongan kerja secara online.


Dengan menggunakan internet, akan sangat mudah bagi seseorang untuk mencari lowongan kerja dari mana dan kapan saja tanpa perlu datang langsung ke perusahaan atau ke kantor perekrutan. Cukup mengirimkan lamaran pekerjaan secara online, kemudian mengikuti proses seleksi, sampai wawancara secara daring. 


Hal ini akan sangat menghemat waktu serta biaya terkait mencari pekerjaan. Apalagi ada banyak situs web, aplikasi, hingga platform online yang menyediakan informasi tentang lowongan kerja baik perusahaan dan industri.  Tinggal memilih mana bidang yang sesuai dengan ketertarikan, keahlian dan juga kemampuan. Meski demikian, pastikan informasi yang diberikan oleh situs web tersebut terpercaya dan valid.


Tips Mencari Kerja Online di Era Digital


Menurut data yang dirilis oleh Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas), dari laman Pricebook untuk jumlah angkatan kerja di Indonesia, dihitung per Agustus 2022 telah mengalami kenaikan hingga 3,57 juta orang (dari total 143,72 juta) apabila dibandingan dengan periode sebelumnya


Oleh karena itu, mencari kerja secara online adalah opsi yang banyak dipilih para pencari kerja. Apalagi pasca pandemi Covid-19 yang mayoritas kegiatan dilakukan secara daring.


Nah, sebelum memutuskan akan mencari lowongan kerja online di era digital ini dan bingung bagaimana cara mendapatkan pekerjaan secara online. Kiat atau tips berikut ini bisa Anda terapkan, seperti:

internet cepat


1. Temukan Situs Web atau Aplikasi Pencari Kerja yang Terpercaya

Ada beberapa situs atau aplikasi pencari kerja yang bisa Anda gunakan yang juga sudah pasti terjamin kredibilitasnya. Bahkan sudah terkenal di kalangan pencari kerja. Aplikasi ini akan merekomendasikan kamu pada jenis pekerjaan serta perusahaan terbaik berdasarkan pengalaman, kemampuan, dan minat dari pencari kerja.


Beberapa rekomendasi situs atau aplikasi pencari kerja, seperti:

  • JobStreet
  • LinkedIn
  • Kalibrr
  • Karir
  • Sribulancer
  • Dan lain sebagainya


2. Buat Akun di Situs Pencari Kerja Yang Dituju

Supaya bisa mendapatkan informasi pekerjaan dari situs pekerja tersebut, tentu kamu juga harus membuat akun terlebih dahulu. Lalu lengkapi data diri, riwayat pendidikan hingga pengalaman kerja.


3. Sesuaikan dengan Bidang Yang Dikuasai dan Pendidikan Terakhir

Cantumkan bidang yang kamu kuasai secara spesifik dan sesuaikan juga dengan pendidikan tarakhir agar memudahkan dalam mencari pekerjaan yang sesuai.


4. Mencari Tahu Informasi Tentang Perusahaan Yang Dipilih

Untuk menghindari lowongan pekerjaan yang palsu, kamu perlu menggali lebih dalam tentang perusahaan yang kamu pilih.


5. Membuat CV (Curriculum Vitae) dan Buat Semenarik Mungkin

Agar CV bisa diakses melalui ATS (applicant tracking system) dan dibuka di komputer, kamu perlu membuat CV dengan format PDF atau JPG. Lalu buatlah CV dengan semenarik, dan sekreatif mungkin.


6. Menyertakan Resume

Resume dapat membantu pencari kerja lebih menonjol untuk persaingan dengan pencari kerja lainnya.


7. Pastikan Sosial Media Kamu Berisi Konten Positif dan Dalam Keadaan Baik

Apabila terdapat isi media sosial yang kurang baik, hal ini bisa membuat perusahaan mempertimbangkan kembali untuk mempekerjakan Anda.


8. Kirim Surat Lamaran Melalui Email atau Langsung ke Situs dengan Salam Pembuka yang Sopan

Cukup mengirim lamaran pekerjaan ke email perusahaan tanpa mengosongkan subjek, dan isi email. Minimal beri salam pembuka terkait maksud dan tujuan pengiriman berkas.


9. Selalu Update Tentang Lowongan Kerja

Supaya mengetahui informasi terbaru lowongan kerja, Anda harus sering membuka situs web atau aplikasi pencari kerja tersebut.


Untuk mendukung kegiatan selama mencari lowongan kerja secara online, tentu dibutuhkan dukungan berupa internet cepat Indihome dari Telkom Indonesia yang mampu menjangkau di wilayah negeri ini. Sehingga tidak hanya yang ada di perkotaan saja yang mampu menikmati sinyalnya, melainkan pelosok desa juga bisa.


Kalau kamu, dari rekomendasi situs pencari kerja online serta tips di atas, mana yang sudah diterapkan? Boleh bagikan pengalaman kamu di kolom komentar, ya.


Terima kasih sudah membaca dan berkunjung di artikel ini. Semoga bermanfaat. 


12 komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^
  1. ga bisa dipungkiri sih perkembangan teknologi yang begitu cepat merubah semua sistem, termasuk dalam mencari pekerjaan. Saya belum pernah coba sih secara digital atau kaya linkedin gitu. Yang jelas sebelumnya kita harus siap dalam segala hal, termasuk untuk persiapan wawancara nanti

    BalasHapus
  2. Update lowongan kerja itu memang harus dilakukan.
    Jadinya semisal gak di terima di yang satu, maka bisa ke yang lain
    Dan tentunya untuk bisa update ini, kudu andalkan internet

    BalasHapus
  3. Zaman sekarang tuh ya, mencari lowongan kerja, udah makin gampang aja, nggak perlu ribet cari di koran kek dulu, Cukup andelin koneksi internet dan kita bisa mengakses atau mencari lowongan kerja dari internet

    BalasHapus
  4. Senang banget ya, berkat internet cepat, sekarang lebih mudah mencari kerja
    Asalkan cermat dan giat menambah skill
    dan semua bisa kita peroleh dengan mudah melalui internet cepat

    BalasHapus
  5. IndiHome benar-benar memantu banyak orang ya mbak. Bener banget yang bukan hanya daerah perkotaan tapi sampe pelosok desa IndiHome hadir dan mempermudah segala aktivitas masyarakat termasuk dalam mengakses lowongan pekerjaan secra online.

    BalasHapus
  6. Aku juga menggunakan aplikasi supaya lebih proper aesuai dengan background pendidikan dan kemampuan.

    Dan perusahaan-perusahaan besar juga banyak yang membukaowongan kerja disana

    BalasHapus
  7. Karena saya generasi X, maka saya memang lebih banyak mencari lowongan kerja lewat koran, juga mendatangi langsung perusahaan, Mbak. Dan itu memang butuh waktu dan tenaga juga.
    Makanya zaman now, mencari lowongan kerja lebih dimudahkan.

    BalasHapus
  8. Setujuuu, lulus kuliah, ponakanku pulkam, dan dari sana cari lowongan kerja secara online, syukurnya ada internet cepat Indihome dari Telkom Indonesia yang mampu menjangkau di wilayah Indonesia

    BalasHapus
  9. Adanya akses internet cepat dari IndiHome memudahkan mendapatkan banyak informasi, termasuk informasi lowongan kerja yang sekarang bisa dengan mudah diperoleh.

    BalasHapus
  10. Makasih kak, tips ini berguna banget bagi para pencari kerja yang ingin mencari lowongan kerja secara online. Memang jaman sekarang mencari lowongan kerja online dapat dilakukan melalui situs web atau aplikasi khusus yang menyediakan lowongan kerja, serta melalui jejaring sosial seperti LinkedIn, lebih mudah ya...

    BalasHapus
  11. Mencari kerja zaman digital memang menjadi sebuah kemudahan tersendiri yaa..
    Karena akses mudah, syarat pun bisa via online. Semoga dengan berbagai kemudahan ini membuat Kita semua semakin terbuka peluang mendapatkan pekerjaan yg sesuai bidang keilmuannya.

    BalasHapus
  12. Sisi positif dunia online yang harus kita syukuri sebagai content writer masa kini. Hehehe. Pekerjaan lebih gampang dicari lewat berselancar di dunia maya. Ibu-ibu bisa lebih produktif di rumah.

    BalasHapus

Chingudeul