‎ ‎
personal lifestyle blogger jember

Isi dan Contoh Tulisan Yang Harus Ada di Undangan Pernikahan Digital

contoh tulisan undangan pernikahan digital

Saat ini dengan adanya kecanggihan teknologi. Untuk mengabarkan tanggal pernikahan, tidak hanya dengan menggunakan undangan cetak saja. Karena kamu tetap bisa membagikan kabar bahagia tersebut, dengan memilih undangan pernikahan digital.

Hal ini bisa jadi langkah terbaik untukmu, karena ikut mengurangi penggunaan kertas, serta mampu menghemat biaya. Tanpa takut ada keterbatasan desain atau model undangan. Sebab pilihan undangan pernikahan digital sama indahnya dengan undangan fisik.

Sehingga kamu tidak perlu repot-repot harus mengirimkan undangan ke tempat ekspedisi, untuk rekan atau tamu yang berada di luar kota. Cukup kirimkan undangan digital kamu melalui media sosial yang mereka punya. Seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, Line, dan sebagainya.

Namun, sebelum memesan undangan pernikahan digital pada jasa pembuatnya. Sebaiknya kamu perlu membaca terlebih dahulu tentang apa itu undangan pernikahan dan jenisnya. Supaya bisa menentukan akan memilih jenis undangan digital yang seperti apa.

Beberapa hal berikut perlu kamu siapkan saat memesan undangan pernikahan digital. Agar lebih menarik dan berkesan ketika dibagikan.

Yang Perlu Disiapkan untuk Membuat Undangan Pernikahan Digital

Yang Perlu Disiapkan untuk Membuat Undangan Pernikahan Digital

Tidak perlu khawatir undangan pernikahan digital kamu akan memiliki pengaruh atau tidak. Asalkan desain dan konsepnya sudah tepat, saya yakin tamu undangan bisa menangkap visimu tersebut.

Kuncinya ada pada penggunaan fitur desain yang sudah disediakan jasa penyedia undangan digital. Apalagi jika itu berbayar, akan sangat banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Seperti custom font atau warna yang digunakan, dan tulisan lain yang perlu ditambahkan.

Untuk itu, simak dan perhatikan poin penting berikut ini, saat mempersiapkan undangan pernikahan digital. Di antaranya adalah:

1. Menentukan Tema

Bagian paling awal dan utama dari pembuatan undangan pernikahan digital adalah tema. Apalagi jika diberi sentuhan personal saat menentukan elemen demi elemen, agar memberi kesan yang tak terlupakan bagi tamu undangan.

Dengan tema yang menarik terlebih bisa relevan dengan acara, akan membantumu dalam mengarahkan konsep undangan seperti apa.

2. Pemilihan Desain Menarik

Sebisa mungkin desain undangan, mudah dibaca untuk semua kalangan usia. Apalagi dari segi tulisan, tata letak. Tak lupa pula, desain juga harus bisa diakses untuk semua perangkat.

3. Menyusun Detail Informasi Acara

Informasi ini akan sangat memudahkan tamu undangan memahami rangkaian acara pernikahan kamu. Mulai dari:

- Tanggal, Waktu, dan Tempat Acara :

Informasi paling penting yaitu penulisan tangga, waktu, dan tempat acara dijelaskan secara rinci dan detail. Untuk memudahkan tamu undangan, lokasi tempat acara juga ditambahkan dengan peta. Atau dengan QR Code.

- Deskripsi Acara yang Menarik

Pemilihan kata-kata yang digunakan lebih baik yang indah dan menarik. Supaya bisa membuat tamu undangan antusias untuk datang ke tempat acara pernikahan kamu.

- Tautan RSVP

Untuk mengetahui berapa jumlah tamu undangan yang hadir, maka kamu perlu memberikan tautan yang berisi konfirmasi kehadiran agar tamu undangan dapat memberikan tanggapannya.

- Informasi Tambahan

Jika memiliki hal lain untuk tamu undangan, seperti penggunaan dress code tertentu. Alangkah lebih baik tuliskan juga.

- Kontak yang Bisa Dihubungi

Memudahkan apabila ada tamu undangan perlu menanyakan sesuatu berkaitan dengan acara. Sertakan nomor telepon, atau sosial media tertentu, jika ada yang menghubungi untuk bertanya. Tapi opsi ini bisa digunakan atau tidak.

4. Menggunakan Animasi Interaktif

Ada banyak elemen dalam undangan pernikahan digital yang bisa digunakan. Termasuk pemilihan animasi yang interaktif, bisa membuat undangan lebih menarik. Tapi sesuaikan dengan tema dan desain acara.

5. Memanfaatkan Media Sosial

Kecanggihan teknologi saat ini dapat dimanfaatkan untuk mengabarkan hal baik, termasuk pernikahan. Dengan mencantumkan tautan, atau akun tertentu untuk ditandai saat pelaksanaan acara pernikahan berlangsung.

Bisa juga dengan memanfaatkan pembuatan filter tertentu, dalam rangka pernikahan kamu. Jadi, saat mengunggah di media sosial, cukup tambahkan filter custom tersebut.

6. Pendistribusian Undangan

Usahakan agar tamu bisa mendapatkan undangan secara tepat waktu. Tidak jauh-jauh hari, juga tidak mendekati acara. Sekiranya pas, ketika acara menjelang satu atau dua Minggu sebelum hari H.

Pastikan pendistribusian dilakukan secara efektif. Bisa menggunakan pesan teks, email, hingga tautan yang dapat diarahkan langsung menuju situs atau web undangan pernikahan kamu.

7. Menyematkan Multimedia

Yang bisa kamu tambahkan agar tamu undangan bisa menggambarkan bagaimana konsep acara, dengan menyematkan multimedia yang memang sudah tersedia. Seperti foto pre-wedding, video perkenalan, dan sebagainya.

Kelebihan Menggunakan Undangan Pernikahan Digital

Jika kamu memilih menggunakan undangan digital sebagai media informasi untuk pengumuman pernikahan. Maka keuntungan berikut ini bisa kamu dapatkan, yang juga termasuk keunggulan atau kelebihan dari undangan pernikahan digital, seperti:

Keunggulan Undangan Pernikahan Digital

1. Menghemat Uang dan Waktu

Melihat harga undangan fisik per lembar sangatlah bervariasi, tergantung tebal tipis kertas, dan desain. Tentu juga ada minimal pemesanan yang ditentukan oleh percetakan. Semakin tebal, rumit, bahkan mewah, harga juga bersaing.

Belum lagi dengan pengiriman undangan ke daftar tamu yang tempat tinggalnya tidak hanya di satu lokasi. Maka kamu pun perlu untuk mengirimkan satu per satu, agar sampai di tangan tamu undangan.

Ada banyak hal yang perlu kamu urus untuk persiapan pernikahan. Supaya bisa menghemat waktu saat pengiriman dan juga uang dengan pemesanan undangan. Pemilihan undangan pernikahan digital bisa jadi pilihan. Lebih praktis dan mudah.

2. Desain Satu untuk Semua

Kamu tidak perlu pindah vendor untuk desain undangan pernikahan digital, situs pernikahan, kartu ucapan terima kasih bukti kehadiran, hingga klaim souvenir. Bisa jadi di satu tempat tersebut, sudah menyediakan hal itu.

Sehingga tidak perlu bingung tema. Cukup sesuaikan dari desain dan warna, apalagi kalau kamu juga menggunakan undangan pernikahan fisik dengan jumlah terbatas.

3. Ramah Lingkungan

Karena pembuatan kertas diambil dari pohon. Maka, dengan penggunaan undangan pernikahan digital, kamu juga ikut membantu mengurangi pemakaian kertas sebagai bahan undangan demi lingkungan.

4. RSVP Lebih Cepat untuk Semua Orang

Berkat teknologi masa kini, siapapun tamu undangan yang akan menghadiri pernikahanmu. Bisa dengan mudah memberikan konfirmasi melalui situs web yang telah disediakan. Sehingga kamu bisa mengetahui, berapa tamu undangan yang akan hadir tersebut lebih cepat.

Isi Undangan Pernikahan Digital

isi undangan pernikahan digital

Hampir sama dengan tulisan yang ada di undangan pernikahan fisik, hanya saja untuk versi digital dikemas dengan lebih sederhana dan praktis untuk sekali baca. Namun dari jenisnya, undangan pernikahan digital memiliki perbedaan. Seperti berikut ini:

- Gambar

Ada isinya yang cukup singkat, bisa jadi hanya bagian pokok saja. Seperti nama pengantin, tanggal, dan tempat acara. Bisa juga berupa desain dari undangan fisik yang dijadikan jpg.

- Video

Isinya jadi lebih variatif, karena seperti lembaran presentasi dengan animasi yang bergerak. Namun bagian pokok seperti prakata, penutup, mempelai, hingga tanggal dan tempat acara akad maupun resepsi bisa tercantum semuanya. Bahkan bisa lebih, apalagi jika ada ketentuan tersendiri. Misalkan jaga protokol kesehatan, RSVP, hingga dress code.

- Website

Isinya cukup minimalis juga, selain sama-sama harus ada nama mempelai hingga orangtua, tanggal acara akad maupun resepsi, atau hanya salahsatu saja, tempat acara, kolom maps, tanda kasih untuk yang tidak bisa hadir. Bisa juga dicantumkan RSVP.

Contoh Undangan Pernikahan Digital

Berikut ini saya akan cantumkan salah satu contoh undangan pernikahan digital yang berupa gambar. Ketentuan desain bisa disesuaikan dengan keinginan mempelai. Ingin lebih lengkap datanya, atau hanya bagian pokok saja.

Apalagi kalau sudah membuat undangan pernikahan fisik. Karena yang digital hanya dibagikan ke rekan atau saudara yang lokasi tempat tinggalnya cukup jauh. Atau bisa jadi supaya lebih praktis, versi digital dibuat karena memang ingin lebih hemat dalam anggaran undangan.

contoh undangan pernikahan digital
contoh gambar undangan pernikahan digital minimalis

undangan pernikahan digital gambar
contoh gambar undangan pernikahan digital dengan foto atau ilustrasi 

Undangan Pernikahan Digital dengan RSVP
contoh gambar undangan pernikahan digital disertai RSVP

Jadi mau buat yang versi mana nih?

Penutup

Mau pilih undangan pernikahan digital apapun, atau mau baca tentang undangan online. Semuanya memiliki kesamaan untuk mengenalkan siapa pengantinnya, dan kapan diselenggarakan perayaan pernikahan. Agar tamu undangan juga bisa hadir dalam acara bahagia tersebut, sekaligus mengucapkan selamat atas kebahagiaan mempelai untuk memasuki lembaran atau babak baru kehidupan.

Ya, pernikahan adalah dunia baru untuk siapapun yang berkomitmen menjalankan janji yang diharapkan sekali seumur hidup.

Doa baik untuk kamu yang tengah merencanakan pernikahan. Semoga selalu diberikan kelancaran dari awal hingga akhir, tanpa ada halangan satu apapun. Amiin…

Semoga informasi yang saya sampaikan ini bermanfaat. Terima kasih telah membaca dan berkunjung ke website ini. Feel free jika artikel ini bermanfaat. Atau bisa juga tinggalkan komentar di kolom yang telah disediakan.

Blessed
Rohmah

1 komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^
  1. Semenjak covid, undangan digital seringkali menjadi pilihan maupun solusi, terutama undangan pernikahan :) Memang bagus sih jadi pengundang bisa tahu dan yakin siapa saja yang pasti akan hadir, mana yang tidak. Keterbatasan undangan jadi lebih praktis dihitung. Desain undangan cantik2 banget ya zaman sekarang, tulisannya juga menarik.

    BalasHapus

Chingudeul