‎ ‎
personal lifestyle blogger jember

Fitur, Manfaat, dan Keunggulan Website Undangan Pernikahan Digital

website undangan pernikahan online

Di era yang serba digital ini, tentu segala sesuatu bisa diakses dengan cepat. Apalagi jika didukung dengan perangkat seperti gawai dan internet yang mumpuni. Termasuk dalam hal pembuatan undangan. Salah satunya berupa website undangan pernikahan online.

Sebenarnya ada beragam pilihan yang dapat kamu gunakan untuk undangan pernikahan digital. Bisa berupa gambar, video, hingga website. Seperti yang disebutkan dalam artikel mengenal undangan pernikahan.

Namun untuk saat ini saya ingin berbagi seputar undangan pernikahan online. Dan mengapa kamu harus menggunakannya. Untuk itu simak ulasannya dari awal hingga akhir, ya.

Keunggulan Website Undangan Pernikahan Online

keunggulan undangan pernikahan website

Berbeda dengan gambar dan video yang merupakan file elektronik. Website khusus undangan pernikahan online berbentuk tautan yang akan diantarkan menuju situs dengan URL custom. Berisi informasi berkaitan dengan isi acara pernikahan kamu.

Lebih lanjut lagi, simak keunggulan website undangan pernikahan online berikut ini:

1. Undangan Pernikahan Online Berbentuk Web Interaktif

Jika file elektronik berupa gambar dan video perlu dikirim ke nomor atau akun tertentu. Maka undangan pernikahan online website, hanya perlu mengirimkan tautan yang diarahkan ke browser internet. Baik secara individual maupun massa sekaligus tapi dalam bentuk tautan atau URL Link.

2. Akses Lebih Mudah di Tiap Perangkat

Praktis, karena hanya perlu klik tautan yang didapat dari pengantin. Lalu kamu akan dibawa ke undangan dalam bentuk website. Kalau bentuk gambar atau video, harus disimpan terlebih dahulu di gawai.

3. Memiliki Banyak Ruang untuk Tamu Undangan Berinteraksi

Jika file berupa gambar atau video, adakalanya ruang untuk berbagi informasi, atau durasi yang terbatas. Maka di undangan pernikahan digital website, pengantin bisa menambahkan anek foto, daftar hadiah, hingga cerita.

Tamu undangan juga bisa berinteraksi dalam website tersebut, dengan memanfaatkan fitur atau elemen seperti: RSVP online sebagai tanda kehadiran acara, tanda kasih dengan mencantumkan nomor rekening tertentu jika ingin memberikan hadiah, namun tidak dapat menghadiri acara.

Serta ada fitur untuk ucapan selamat kepada pengantin. Yang tentunya hanya dimiliki oleh undangan pernikahan online website. Dan masih banyak fitur lain yang bisa ditambahkan.

4. Penulisan Nama Undangan Lebih Fleksibel

Jika ingin mencantumkan nama tamu berbeda di undangan pernikahan gambar dan video, akan banyak menyita waktu dan penyimpanan. Apalagi jika harus di edit manual.

Namun undangan pernikahan website, lebih fleksibel. Karena bisa mencantumkan nama tamu undangan berbeda di tiap website, dengan satu desain saja.

5. Tidak Berat di Penyimpanan Berkas

File berupa gambar dan video lebih banyak menghabiskan media penyimpanan di gawai. Apalagi jika perlu mengirimkan ke berbagai kontak tamu. Dan mereka juga perlu download file tersebut agar bisa tahu undangannya.

Berbeda dengan undangan pernikahan online website, cukup mudah dan tanpa perlu khawatir memori habis. Sebab, hanya mengirimkan tautan saja.

6. Proses Pengerjaan Lebih Cepat

Kalau ingin undangan pernikahan bisa lebih cepat dan singkat pengerjaannya. Undangan website bisa jadi pilihan. Karena proses pembuatan jauh lebih cepat dibandingkan membuat undangan pernikahan berupa gambar atau video.

7. Cara Buatnya dengan Akses Website Tertentu

Untuk membuat undangan pernikahan digital website, bisa dengan menggunakan gawai atau laptop. Caranya dengan akses salah satu website khusus yang biasa melayani pembuatan undangan pernikahan digital.

Tapi kalau ingin membuat undangan pernikahan digital gambar dan video. Kamu memerlukan instalasi aplikasi tertentu yang dapat diakses di gawai atau hanya di laptop saja.

Fitur Undangan Pernikahan Website Berbayar

fitur undangan pernikahan website

Mengapa berbayar? Jika gratis, fitur yang akan saya sebutkan berikut ini, tidak bisa kamu dapatkan. Karena lebih terbatas, dan tidak bisa menambahkan atau jika ingin mengganti elemen tertentu.

Elemen di undangan pernikahan digital website lebih terbatas daripada yang berbayar pastinya. Meski demikian, harga yang kamu keluarkan cukup membuat undangan kamu lebih indah kok. Karena bisa menikmati fitur-fitur berikut ini. Di antaranya adalah:

1. Penulisan Tamu Undangan Secara Custom

Tidak perlu repot jika mau edit dengan nama tamu undangan lainnya. Karena cukup akses websitenya dengan gawai atau laptop, lalu edit daftar nama tamu undangan tertentu.

2. Musik Latar Bisa Diatur Sesuai Keinginan

Bisa disesuaikan dengan lagu pernikahan terbaru 2024, lagu yang memiliki kenangan saat bersama pasangan.

3. Memiliki Berbagai Tema yang Lengkap

Kamu bebas menentukan tema yang diinginkan, tanpa khawatir terbatas saat memilih tema tertentu.

4. Form RSVP untuk Kehadiran

Bisa mengetahui siapa saja yang kiranya dapat menghadiri acara pernikahan kamu secara langsung. Atau tamu undangan yang tidak dapat hadir.

5. Ucapan Selamat untuk Pengantin

Kolom yang tamu undangan dapat mengirimkan kata-kata indah untuk pernikahan kamu. Atau pesan-pesan bagi kamu dan pasangan.

6. Amplop Digital

Bisa mencantumkan nama, dan nomor rekening, serta bank kamu atau pasangan, jika tamu undangan ingin memberikan tali kasih dalam acara pernikahanmu.

7. Galeri Foto atau Video

Bukan hanya foto, video juga bisa kamu sematkan pada undangan pernikahan digital website. Bisa sedikit, bahkan banyak.

8. Hitung Mundur Waktu Acara

Tamu undangan bisa memperkirakan berapa kiranya waktu acara setelah mendapatkan tautan undangan tersebut.

9. Sudah Terintegrasi dengan Maps

Lebih memudahkan, karena bisa terdapat maps lokasi acara pernikahan kamu. Yang tentunya sudah tersambung dengan Google maps ya.

10. Tersedia Informasi Live Streaming

Kalau kamu menyiarkan langsung acara pernikahanmu, maka kamu juga bisa memberikan informasi live streaming tersebut.

11. Layar Sapa dan Check in Counter

Berguna saat tamu undangan mendatangi acara kamu, sebagai tanda mereka hadir di pernikahanmu.

12. Tata Letak Halaman Lebih Bervariasi

Tidak monoton, karena letak halaman lebih bervariasi untuk dikembangkan sesuai mood atau keinginan kamu.

13. Mudah untuk Mengatur Halaman

Lebih mudah untuk menambah maupun mengurangi halaman, baik yang perlu atau tidak. Seperti contoh ingin menambahkan kata-kata mutiara.

14. Bisa Mengubah Warna dan Jenis Tulisan

Jika tidak sreg atau cocok dengan warna dan jenis huruf. Kamu bisa mengubahnya secara langsung.

Jadi gimana? sudah terpikirkan untuk membuat undangan pernikahan website seperti apa, setelah membaca beberapa fitur yang tersedia untuk undangan website versi berbayar di atas?

Manfaat Menggunakan Undangan Pernikahan Digital Website

manfaat undangan pernikahan digital website

Seperti yang disebutkan dalam artikel tulisan yang harus ada di undangan pernikahan digital. Manfaat jenis undangan ini juga sama dengan undangan dalam bentuk gambar maupun video. Walaupun ada kelebihan dari undangan website, yang tidak dimiliki kedua jenis file elektronik tersebut. Sesuai yang saya jabarkan di awal tadi.

Meski begitu, saya akan tetap membagikan kembali manfaat dari undangan pernikahan website. Di antaranya adalah:

1. Praktis dan Ramah Lingkungan

Tamu undangan cukup menyimpan undangan dalam bentuk tautan, tanpa perlu khawatir hilang, kecuali tidak sengaja terhapus. Dengan menggunakan undangan pernikahan website, kamu juga ikut mengurangi limbah penggunaan kertas. Sehingga ramah lingkungan

2. Meminimalisir Biaya

Undangan tradisional atau undangan pernikahan fisik, apalagi jika menggunakan bahan premium. Maka harga per satuannya akan dikenai lebih mahal. Apalagi jika pemesanan kurang dari minimal ketentuan. Hal ini dapat membuat anggaran undangan semakin lebih besar.

Dengan menggunakan undangan pernikahan website, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk cetak, hingga ongkos kirim undangan. Sehingga bisa lebih efisien biayanya.

3. Desain dan Fitur Lengkap

Kamu bisa menyesuaikan opsi desain undangan dengan beragam fitur lengkap yang disediakan. Seperti yang disebutkan di atas. Hal ini juga bisa jadi ajang untuk kamu dapat mengekspresikan diri, personal, mood, dan gaya.

4. Pengiriman Cepat

Proses pendistribusian jauh lebih cepat, karena bisa kamu kirimkan dengan berbagai cara. Baik individual maupun secara massal. Pun kamu juga bisa lebih banyak memiliki kesempatan besar untuk menjangkau tamu undangan.

5. Update Undangan Lebih Mudah

Ada yang perlu diperbarui di undangan? Tidak perlu khawatir akan tambahan biaya. Cukup kirimkan kembali tautan terbaru undangan pernikahan website kamu yang sudah di update.

Penutup

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan undangan pernikahan digital website. Meski demikian, pamor undangan fisik atau undangan pernikahan tradisional tidak akan pernah pudar pesonanya.

Alangkah lebih baik jika membagi pembuatan undangan ini berdasarkan daftar tamu. Baik untuk rekan, maupun keluarga. Sehingga bisa tahu estimasi jumlah tamu yang perlu dikirimkan undangan pernikahan digital, dan mana saja yang hanya mendapatkan undangan fisik.

Meski demikian, tidak ada salahnya juga untuk memilih undangan pernikahan digital website. Sebab kamu akan mendapatkan manfaat di atas. Pun juga bisa mengenalkan jenis undangan ini ke rekan, atau keluarga yang belum tahu.

Untuk kamu yang lagi menyusun undangan pernikahan, dan bingung memilih jenis undangan. Semoga informasi yang saya bagikan ini membantumu. Apabila bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya ke lini masa yang kamu punya.

Bagi kamu yang baru mendapatkan undangan pernikahan, dan bingung apa saja yang perlu dilakukan saat di tempat acara. Bisa banget kamu baca artikel tentang sopan santun saat menghadiri undangan pernikahan ini.

Terima kasih telah membaca dan berkunjung di artikel ini. Sampai jumpa pada tulisan berikutnya.

Blessed
Rohmah

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Chingudeul