Cara Mudah dan Cepat Atasi Lensa Kamera Handphone yang Mengembun

Agustus 22, 2018

Pict from Pixabay


Bismillaahirrohmaanirrohim ...
Halo gaes, akhirnya bisa rutin banget posting blog, mumpung mood lagi bagus banget untuk nulis dan berbagi kisah kepada teman-teman semua. Dan kali ini aku ingin bagikan cara termudah dan cepat mengatasi kamera ponsel saat mengembun.

Because karena kemarin handphoneku baru saja tercebur di dalam bak mandi nih ya, karena kecerobohanku yang tidak terkira, hingga akhirnya nggak mau lagi bawa ponsel di toilet, akhirnya aku memutuskan untuk menjaga ponselku baik-baik. Apalagi bagian kamera ponsel. Karena poin itu yang membuatku bisa berbagi infografis dan gambar yang menurutku kece meski aku nggak pakai kamera digital.

Setelah kejadian terjun ke dalam bak mandi, aku nggak melihat sama sekali atau chek apakah kameraku ikutan terkena air apa nggak. Beneran nggak kulihat, aku hanya mengetes sistem di ponselku masih bisa apa nggak. Karena aku percaya, produk keluaran pabrikan Samsung nggak sembarangan soal sistem, dan kuyakini emang bagus sih. Meski dulu kalau beli seharga 1,6 juta di Tahun 2015 udah termasuk mahal banget.

Pict from Pixabay

Nah, kemarin sore itu aku mau foto kambing yang akan disembelih ya, dan udah aku capture, baru aku sadar. Loh kenapa ini jadi buram, nggak bisa sejelas saat aku taken foto seperti biasanya. Barulah aku lihat kalau di kamera ponselku mengembun.

Oh god, aku kurang jeli banget lihat keseluruhan kondisi ponsel. Dan nggak mungkin juga aku ingin mengalami hal yang sama untuk kesekian kalinya yah. Cukup sekali aku merasaaaa, hehehee

Macam begini tapi di kamera belakang

Akhirnya, setelah browsing di internet, aku nemuin cara yang sekiranya efektif aku coba seperti berikut ini
1. Bersihkan Lensa Kamera yang tergores dengan Pasta Gigi
2. Menggunakan Minyak Kayu Putih untuk Lensa Kamera yang Berdebu
3. Masukkan ke dalam wadah beras yang tertutup
4. Masukkan ke dalam wadah yang ada silica gelnya
5. Taruh di depan cahaya lampu

Dari kelima poin tersebut yang mudah aku coba adalah yang terakhir. Sebelumnya aku nyobain yang poin ke 3 tapi malah kotor ponselku, apalagi itu port untu chargernya malah kemasukan beras. Jadilah gagal. Meski nggak terlalu lama juga sih naruh di dalam wadah beras, tapi feeling-ku sudah mengatakan jangan dilanjutkan.

Poin ke-4 aku nggak bisa nemuin silica gel dalam waktu dekat. Apalagi nggak punya stok Silica Gel di rumah. Sisa dari tasku aja udah hilang silicanya.

Akhirnya aku coba taruh di bawah lampu kamar. Aku deketin banget sekitar 3-5 cm dari lampu kamar. Hahahaa. Aku bela-belain kubikin susunan bangunan dari lemari, kursi, wadah jajan ada 2, kemudian kerdus kecil, barulah ponsel. Demi membuktikan apakah menghilangkan embun pada lensa kamera bisa menghilang.

Oke, aku menaruh ponselnya setelah ashar, kemudian sebelum tidur aku lihat lagi kameraku yang udah aku lepas semua perangkatnya. Dari casing, baterai, dan rangka ponsel.

Finally berhasil gaes. Beneran hilang itu embunnya. Aku coba buka kembali di keesokan harinya. Alhamdulillah berhasil. Aku nggak buka seketika saat tahu lensa ponselku sudah kembali, karena khawatir belum bisa normal kembali kameranya. Alhasil paginya nggak mengecewakan. Barulah kemudian aku foto objek yang ada di luar rumah seperti berikut ini.

Ini agak siangan aku ambilnya

Ini setelah berhasil aku nyalakan lagi ponselnya

Yah. Alhamdulillah, karena tanpa lensa kamera ponselku ini, aku nggak tau harus menyalurkan lewat apa hobi memotreku yang suka random ini. Dia teman setiaku dari tahun 2015 yang nggak tahu akan diganti lagi kapan, hehehe

Pict from Pixabay

Berkat internet yang menyediakan banyak artikel, membuatku trial and error untuk memastikan cara mana yang mudah dan benar-benar cepat untuk terbuktikan hasilnya.

TIPS dan TRIK

- Lepas rangka ponsel, meliputi rangka, baterai, dan casing
- Cari tempat yang pas untuk mendekatkan cahaya lampu dengan lensa kamera
- Dekatkan cahaya tepat pada lensanya yang mengembun
- Opsi bisa pakai lampu senter pada kamera lainnya

Aku bikin postingan ini dalam rangka pengalaman aku saat mengalami lensa kamera ponsel yang mengembun. Siapa aja teman-teman yang mungkin mengalami hal yang sama, bisa mampir atau terdampar ke mari, boleh lah share dan drop your comments ya....

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung dalam blog post Fastabiqul Khoirots ini tentang Cara Mudah dan Cepat Atasi Lensa Kamera Handphone yang Mengembun ini bisa bermanfaat. Feel free top your comments

Blessed
~Khoirur Rohmah


You Might Also Like

8 komentar

  1. Ponsel ku juga sering ada embunnya mba, karena terakhir kali jatuh dikolam renang. Bisa dicoba caranya nih biar embunnya hilang :))

    BalasHapus
  2. Tipsnya bermanfaat banget, jadi kalau ponsel ku ada embunnya bisa diterapkan :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali Mbk Tika
      Monggo dicoba hehee

      Hapus
  3. selalu suka deh bidikan phonegraphy mu kak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh masak iya mas?
      Cuma ala-ala aja tuhu ambil fotonya hehee

      Hapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Me

Jika ingin mengontak saya untuk keperluan publikasi, kerjasama, ataupun pertanyaan lain tentang blog ini bisa dengan mengirim email langsung ke rurohma95@gmail.com.
Terima kasih -
Copyright by Khoirur Rohmah
Fastabiqul Khoirots

Like us on Fanpage

Kicauan Saya