Lebih Dekat Dengan Keindahan di Pura Lempuyang Luhur

September 05, 2018



Bismillaahirrohmaanirrohim
Sudah mafhum kalau Bali sangat terkenal dengan pantai, budaya, dan puranya. Salah satu pura yang terkenal menjadi destinasi wisata adalah Pura Lempuyang Luhur.


Lokasi dan Bagaimana Cara Menuju Pura Lempuyang Luhur

Kalau kamu ingin mengunjungi Pura Lempuyang Luhur maka kamu bisa menuju ke arah timur pulau Bali, lebih tepatnya di Kabupaten Karangasem. Ada banyak penanda jalan menuju ke Pura Lempuyang Luhur ini karena pura ini termasuk salah satu pura paling tua yang ada di Bali. Oleh karena umurnya yang sudah cukup tua itu menjadikan pura ini menarik bagi para wisatawan.

Selain itu pemandangan di sekitar Pura Lempuyang Luhur ini sangat menakjubkan, karena dekat dengan gunung yang seolah-olah gunung menjadi latar belakang yang indah dari pura ini. Selain itu tidak hanya Pura Lempuyang Luhur ini saja yang menjadi tempat wisata utama di Karangasem, ada beberapa tempat wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi sehingga bisa melengkapi perjalananmu di sana.

Kalau kamu dan keluargamu datang ke Bali naik pesawat, di bandara kamu bisa langsung menyewa mobil. Butuh sekitar 2,5 jam perjalanan bermobil ke Pura Lempuyang Luhur. Omocar menyediakan mobil yang bisa kamu sewa secara online.

Daya Tarik Pura Lempuyang Luhur

Pura Lempuyang Luhur ini merupakan salah satu pura yang sangat penting bagi penganut agama Hindu di Bali, maka dari itu seringkali ada juga upacara-upacara adat Hindu yang diadakan di sana. Saat berwisata di sana kamu juga harus menghormati budaya Hindu yang ada di sana. Dalam agama Hindu, Pura Lempuyang Luhur ini ada kaitannya dengan pura-pura lainnya, juga menjadi penghubung antara gunung-gunung yang ada di sana. Ada sejarahnya di balik didirikannya Pura Lempuyang Luhur ini sehingga memiliki arti yang sangat dalam bagi penganut agama Hindu di Bali.

via Wikipedia
Jika kamu berkunjung ke Pura Lempuyang Luhur maka kamu juga harus menyiapkan stamina yang tinggi, karena untuk bisa mencapai puncak Pura Lempuyang Luhur ini kamu harus menapaki sebanyak 1700 anak tangga. Selama kamu berjalan menuju puncaknya, kamu akan melihat keindahan alam pegunungan, beserta suara alam dengan berbagai binatang liar yang tinggal di sekitar pura. Uniknya lagi ketika kamu sudah sampai di puncaknya maka kamu akan bisa melihat banyaknya kera-kera yang bergelantungan dari satu dahan pohon ke pohon lainnya.

Pantangan Saat Berkunjung Ke Pura Lempuyang Luhur

Menurut tokoh adat yang ada di sekitar Pura Lempuyang Luhur ada beberapa pantangan bagi kamu saat berwisata ke Pura Lempuyang Luhur. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa Pura Lempuyang Luhur ini adalah pura yang sangat penting dan sangat suci bagi penganut agama Hindu yang ada di Bali, sehingga ketika kamu datang ke sana kamu pun harus benar-benar menjaga pikiran dan perilaku, termasuk juga tidak boleh berkata-kata kotor saat ada di dalamnya.



Kemudian bagi wanita yang sedang haid atau menyusui dan anak-anak yang masih belum tanggal gigi susunya, tidak diperbolehkan untuk memasuki wilayah Pura Lempuyang Luhur. Untuk kamu yang membawa perhiasan emas sebaiknya dilepas sebelum masuk Pura Lempuyang Luhur karena sering ada kasus dimana perhiasan emas pengunjung menghilang tanpa ada kejadian apapun.

Nah, itu dia artikel tentang mengenal Lebih Dekat Dengan Keindahan di Pura Lempuyang Luhur yang bisa kamu pelajari sekaligus untuk bahan bacaan sebelum kamu bewisata ke Pura Lempuyang Luhur, Bali.

Semoga artikel kali ini bisa membantu perjalanan berliburmu lebih berkesan yah, gaes. Dan jangan lupa, feel free to drop your comments ...

~Blessed
Khoirur Rohmah

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Me

Jika ingin mengontak saya untuk keperluan publikasi, kerjasama, ataupun pertanyaan lain tentang blog ini bisa dengan mengirim email langsung ke rurohma95@gmail.com.
Terima kasih -
Copyright by Khoirur Rohmah
Fastabiqul Khoirots

Like us on Fanpage

Kicauan Saya