[Day 3] Dibalik nama blog rurohmadotcom dan yang terlibat di dalamnya

November 22, 2018



Bismillaahirrohmaanirrohim...
Kembali lagi dengan saya di blog Fastabiqul Khoirots nih, teman-teman. Hehehee. Di hari ketiga dalam rangka BPN 30 DAY BLOG CHALLENGE dengan tema “Kenapa memilih nama blog yang sekarang digunakan”. Kira-kira ada yang tahukah? Hehehee

Sebelumnya saya pernah sedikit menuliskan postingannya sesaat setelah pindahan rumah ke TLD, tapi saya ingin menuliskan kembali. Hitung-hitung sebagai salahsatu hal untuk mengingat memori dibalik nama blog yang saya gunakan saat ini.


Awal mula sebelum penentuan nama blog


Saya masih ingat betul kalau jauh-jauh hari saya akan pindahan rumah ke blog TLD. Dikarenakan saat itu dimulai arisan link yang digagas oleh Komunitas Blogger Perempuan, dan masih sangat baru juga. Pun saya masih unyuable lah soal blog, meski sekarang juga masih sama, tapi lebih mengenal mbak-mbak yang tergabung dalam kelompok arisan link yang dibuat waktu itu.

Salahsatu mbak, entah namanya siapa sih, karena sudah lupa banget heee
“Mending blognya di TLD-kan, nanti kalau sudah ikut arisan link, jadi domain blog kamu bisa dikenali sama google. Selain itu, bisa nambah back link, terus blog kamu kalau dapat link dari teman-teman blogger di sini, bisa ngebantu blog kamu naik ke page one,”

Karena motivasi itulah, kebetulan banget dapat angin segar kalau ada promo domain murah di salahsatu penyedia jasa domain. Antara iya atau nggak. Tapi akhirnya saya memutuskan untuk maju dan menentukan akan memakai nama blog apa.


Masih dari ilmu yang dituangkan dari sharing yang diberikan mbak-mbak di grup arisan link tersebut.
“Kalau bisa, nama blog itu, yang mudah diingat sama pembaca blog. Yang mudah dilafalkan, dan yang mudah dituliskan saat di browser. Boleh nama sendiri, atau nama tertentu, asal kembali ke poin sebelumnya,”
Kurang lebih mbaknya bilang begitu, dan yang lainnya menyetujui hal tersebut.

Jadi, selama dua hari, di hari pertama saya menentukan pilihan nama yang cocok. Mulai saya tanyakan kepada mamas, kakak saya, serta meminta pendapat dari mbak-mbak di grup tersebut.

Nama-nama yang muncul itu antara lain :
1. Mamas – rurohma
2. Kakak – rohmagrafgity
3. Dari grup – houseofrohma || diaryrohma

Terus lagi, ada tambahan yang diberikan dalam chat yang diberikan mbak-mbak di grup arisan link tersebut
“Kalau sudah tekad bulat memakai satu nama domain blog, selanjutnya harus disamakan dengan nama akun di sosial media lainnya. Sehingga lebih mudah ditemukan, saat ada yang mencarinya,”

Nah, setelah menentukan dari nama-nama di atas, saya lebih condong dengan nama rurohma.com sebagai pilihan akhir nama blog yang akan saya gunakan. Tapi, dapat tambahan dari mbak-mbak tersebut, membuat saya ragu-ragu lagi. Oleh karena itu, di hari kedua yang mana hari mendekati akhir promo, sekaligus di hari tersebut saya sudah harus membelinya. Saya pun membuat voting tentang dua nama yang sudah saya putuskan.

Nama yang tiba-tiba muncul itu karena saya terinspirasi dengan nama akun mbak Evrinasp, hehehee. Iya, sehingga tidak ada salahnya juga kan, menentukan dan melihat bagaimana pendapat teman-teman blogger lainnya serta orang lain di sekitar saya tentang pilihan nama tersebut.

Antara rurohma dan rohmahdg


Iya, rohmahdg terinspirasi dengan nama akun Mbak Evrina, hehehee. Etapi nama tersebut untuk dijadikan domain, kata mbak-mbak di grup kurang bagus dan mereka nggak sreg banget hheee. Okelah saya coba tampung dulu pendapat mereka, sekaligus meminta pendapat teman-teman lainnya seperti blogger : Winda Krisnadefa, Langit Amaravati, Ihwan Hariyanto, Aldi Terren Jr, dan lain-lain.

dari postingan sebelumnya nih gaes, heeee

Selain itu, saya juga menanyakan kepada karyawan di tempat saya bekerja, termasuk pimpinan perusahaanpun saya tanyain juga, hehehee. Biar tahu yang orang lain suka itu yang mana dari nama tersebut.

Mendekati siang hari, saya rekap seluruh nama yang memilih antara dua pilihan itu di excel, dan yang lebih unggul banyak itu adalah nama rurohma.

WOW, berarti keputusan yang saya peroleh sampai belain juga sholat istikhhoroh itu jatuh pada nama blog rurohma. Ahhh... saya benar-benar berterima kasih kepada seluruh orang-orang yang terlibat selama penentuan nama blog ini. Awalnya sih sedikit canggung dengan nama rurohma tersebut. Karena emang jarang dilafalin yah, namanya juga masih awal, tapi selanjutnya semakin kesini, semakin suka aja dengan pemilihan nama blog yang saya gunakan.



Apa sih rurohma itu


Sebenarnya ini adalah ide pertama yang dicetuskan sama mamas. Dia ambil nama tengah-tengah dari namaku yang hanya dua kata ini. Hehehe

khoiRUR ROHMAh

nah, udah dapat kesimpulannya kan gaes? Heheheee. Karena itulah, walau nama itu jauh dari bayangan saya, dan saya begitu tidak suka awalnya dengan nama ruroh, karena kurang beken. Tapi akhirnya nama blog tersebut membawa saya hingga di saat-saat seperti ini. Alhamdulillahhh

Harapanya, semoga nama blog yang saya gunakan ini, bisa memberikan warna dalam diri dan perubahan saya, sebagai salahsatu personal branding yang mana sudah sering mbak-mbak sebutkan. “Jika pemilihan nama blog itu berkaitan dengan personal branding, oleh karena itu, kita perlu mengenalkan kebanyak orang dengan branding nama blog tersebut. Agar mereka tahu, oh ini loh blognya dia,” begitu hehee

Sedikit simple, tapi hal itu memberikan kepercayaan diri yang besar bagi saya. karena di hari itu saya yang bukan apa-apa. Masih anak baru dengan dunia blog, mau menyapa terlebih dahulu dengan blogger hits yang sudah menorehkan berbagai tulisan di blog mereka. Mereka yang awalnya belum kenal, jadi lebih kenal. Kurang lebihnya seperti itu

Mungkin, itulah sedikit dari kisah dibalik “nama blog yang saya gunakan saat ini – rurohmadotcom”.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat,
Feel free to drop your comments yah gaes.

~Blessed
Khoirur Rohmah


#bloggerperempuan #BPN30dayChallenge2018



You Might Also Like

2 komentar

  1. Iya mbak. Lebih enak rurohma. Lebih mudah diinget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhaaa iya mbakk,,, alhamdulillahh
      smoga langgeng terus pokoknya heee

      Hapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Me

Jika ingin mengontak saya untuk keperluan publikasi, kerjasama, ataupun pertanyaan lain tentang blog ini bisa dengan mengirim email langsung ke rurohma95@gmail.com.
Terima kasih -
Copyright by Khoirur Rohmah
Fastabiqul Khoirots

Like us on Fanpage

Kicauan Saya