[Day 1] Inilah Salahsatu Alasan Menulis Blog Selain untuk Self Healing

November 20, 2018





Bismillaahirrohmaanirrohim ...
Halo teman-teman...
Dalam rangka mengikuti 30 Day Blog Challenge yang diadakan oleh Blogger Perempuan. Saya akan menuliskan opini saya tentang tema “Kenapa Menulis Blog”. Karena itu, saya ingin banyak bercerita dari awal mula saya mengenal blog, hingga bisa ditahap seperti sekarang ini.


Aku pertama kali tahu dengan blog sejak tahun 2008 yang mana saat itu masih duduk di bangku MTs kelas VIII. Semenjak duduk di bangku MTs hingga lulus, saya beberapa kali membuat blog hanya untuk tugas sekolah, pun ganti-ganti email juga. Namun, dari beberapa blog yang masih saya pertahankan hanya 2 blog saja walaupun masih berdomain gratisan di blogspot. Tapi ya gitu, di awal-awal isinya hanya membagikan artikel dari website yang ada di internet untuk saya tulis kembali di blog.

Beranjak saat saya lulus MTs,dan duduk di bangku Aliyah. Waktu itu, saya memanfaatkan waktu berada di kampus Politehnik Negeri di Kota Jember saat saya mengikuti kegiatan prakerin ekstrakurikuler tehnik informatika selama sebulan dengan menuliskan blog sesuai apa yang ingin saya bagikan. Entah membagikan artikel dari website lain, atau hanya sebatas curhatan anak labil di masa itu.

Hingga saat sebelum saya lulus Aliyah, tepatnya di tahun 2012, masih musimnya tryout. Saya ada niatan untuk membuat blog baru, dengan tujuan membagikan makalah dari kelompok kajian yang pernah saya ikuti saat duduk di bangku Aliyah. Harapannya, supaya saat adik kelas mendapatkan tema sesuai yang kelompok saya dapatkan, bisa menemukan artikel tersebut di blog saya. Oleh karena itu. Teman-teman bisa lihat arsip blog saya di tahun 2012 tersebut.

Saat tes Toefl rencanya bisa buat salahsatu sertifikat untuk bidikmisi untuk SBMPTN

Kelas 3 Aliyah

Dan, kenapa di tahun 2013 tidak ada tulisan apapun? Meski saya sering banget menulis diary di buku tulis. Sering banget ikutan lomba menulis, tapi nggak nulis blog? Tahun 2013 adalah tahun terberat buat saya. Di tahun tersebut saya menyelamatkan diri dari kenyataan bahwa saya belum diterima di sebuah perguruan tinggi favorit. Hal pertama dari keluarga yang memang udah nggak bisa dukung apapun dengan keputusan saya. Oleh karena itu, antara tahun 2013 – 2014 diam-diam saya masih merasakan perasaan sakit hati, nangis, sedih ketika mengingat perjuangan untuk bisa merasakan kuliah.

Ketekadan bulat saya pun tumbuh, di tahun-tahun tersebut, saya memutuskan untuk meniatkan pada diri sendiri “It’s oke nggak papa aku nggak kuliah. Yang penting aku bisa mempunyai teman yang bisa sepassion sama aku yang tinggalnya di berbagai wilayah di negeri ini,”. Itulah tekad saya.

Iya, bayangan saya, kalau kuliah pasti bisa punya teman dari berbagai kota. Tapi, meski saya sudah bekerja, saya juga nggak ingin kalah. Saya harus bisa bangkit dari keterpurukan dengan menekuni hal-hal yang saya geluti yang mana saya salurkan lewat blog.

Rohmahh Bisaa hehee 

Barulah di tahun 2015, saya bisa fokus dan tahu seberapa jauh dan manfaat yang bisa saya dapatkan dari ngeblog. Dan alhamdulillah bisa berlanjut hingga sekarang.

Di tahun-tahun itu, seseorang yang sangat aku ingat betul dan buatku menginspirasinya adalah blogger bernama Evrina Budiastuti dan Shintaries.

Bagaimana kisahnya bisa terinspirasi dari mereka?

Karena, setelah membaca profil dan tulisan di blog Mbak Evrina, saya bisa bersyukur kenal dengannya. Dia seorang penyuluh pertanian, tapi dia juga membagikan segala aktifitas kegiatannya dengan menyalurkan informasi apapun dari blognya tersebut.

Sedangkan dari Mbak Shintaries, entah saya dulu kok bisa nyasar di artikel yang isinya tentang prestasi yang ditorehkan oleh Mbak Shintaries. Di saat itulah saya mempunyai cita-cita, supaya suatu hari nanti bisa seperti mbak Shintaries.

seneng pake banget

Alhamdulillah banget, di tahun 2017, akhirnya bisa bertemu Mbak Shintaries di event yang digelar di Jember. Entah kalau Mbak Evrina, kapan bisa ketemunya ini, hehehe

Semenjak saat itu, saya berusaha menulis sesuai mood dan mencoba konsisten sebisa mungkin, jilalau kebetulan ada lomba yang ingin diikuti, ya ikut. Kalau nggak, ya nulis random dan sebagainya.

Nah, melalui judul dari postingan saya ini, salahsatu alasan saya menulis di blog selain media Self Healing itu apa sih?


MEDIA UNTUK BERBAGI

Seperti tagline dari blog ini, yang dulunya menggunakan domain gratisan coretanrohmazha.blogspot.com menjadi rurohma.com yaitu Fastabiqul Khoirots yang mana terinspirasi dari pelajaran Alquran hadits di kelas XII MA, berlomba-lombalah dalam hal kebaikan. Harapannya, dengan menulis, saya bisa berlomba-lomba dengan teman lainnya yang menjuluki dirinya sebagai blogger untuk saling berlomba dalam menuliskan hal apapun yang bermanfaat positif untuk orang lain.

Berbagi apapun meski masih tetap belajar hingga sampai saat ini

Karenanya, di tahun 2015 juga, saya bergabung dengan komunitas blogger untuk bisa bertemu dan gabung dengan teman-teman yang sepassion dengan jalur yang saya pilih yaitu “blogger”.

Alhamdulillah, manfaat yang didapat selama ngeblog dan membagikan tulisan saya kepada netizen, membuat saya memperoleh teman, hadiah dari ngeblog, ilmu dari apa yang disampaikan blogger-blogger lainnya, sahabat blogger, menambah relasi, selain itu dapat bonus fee dari artikel berbayar. Ahh,,, banyak sekali manfaat yang saya peroleh dari menulis di blog. Yang pastinya, membuat saya yang dari nggak tahu, jadi tahu. Dari yang kok bisa gini, jadi tahu kalau ini itu begini. Hheheee, seperti itulah.

Bertemu dan gabung dengan teman-teman yang sepassion itu menyenangkan

Apapun hal yang saya dapatkan dari blog, tidak membuat saya menyurutkan semangat untuk selalu menulis blog untuk tujuan self healing di saat krisis keadaan tertentu maupun media berbagi. Yang pasti, blog sudah menyelamatkan hidup saya yang dari terpuruk menjadi bangkit. Menjadi penyemangat saya untuk bisa membagikan hal apapun yang bisa bermanfaat untuk orang lain. Karena dengan menulis, maka saya ada.

Nah, mungkin itulah secuil tulisan yang ingin sampaikan dari tema “Kenapa Menulis Blog” semoga bisa bermanfaat, feel free untuk drop komentar kalian yah teman-teman.

~Blessed
Khoirur Rohmah

#bloggerperempuan #BPN30dayChallenge2018


You Might Also Like

4 komentar

  1. Beragam ya alasan seseorang nulus blog dan semua menurutku bermanfaat nulis blog itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Eni bermanfaat bangett
      entah apapun tujuannya itu heheee

      Hapus
  2. Masya Allah sudah lama ya ngeblognya dan banyak banget manfaat mengapa nulis di blog ya, biar kita jadi makin lebih baik lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillahh iya mbakk
      Smkain baik dan jadi lebih baik lagi ^_^

      Hapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Me

Jika ingin mengontak saya untuk keperluan publikasi, kerjasama, ataupun pertanyaan lain tentang blog ini bisa dengan mengirim email langsung ke rurohma95@gmail.com.
Terima kasih -
Copyright by Khoirur Rohmah
Fastabiqul Khoirots

Like us on Fanpage

Kicauan Saya