Keseruan Acara HUT BUMN di Mandiri Banyuwangi Half Maraton 2019

Minggu, 14 April 2019

Jember Regency, East Java, Indonesia

Mandiri Banyuwangi Half Maraton 2019

Bismillaahirrohmaanirrohim
Halo sobats... Akhirnya bisa posting lagi setelah beberapa hari yang lalu saya membahas perjalanan saya dan Mbak Rosa ketika Mandiri Banyuwangi Half Maraton 2019 di postingan sebelumnya. Jika kamu belum membaca postingan tersebut, kamu bisa klik link di bawah ini yah, sobats.



Kalau di postingan tersebut saya hanya membahas kaitannya perjalanan saat menghadiri Mandiri Banyuwangi Half Maraton 2019. Tapi di postingan ini saya fokus untuk menyuguhkan artikel terkait rangkaian acara dalam rangka HUT Kementerian BUMN para program Mandiri Banyuwangi Half Maraton 2019 yang diselenggarakan pada hari Minggu, 31 Maret 2019 akhir bulan lalu.

Oke, check this out yah sobats

Mandiri Banyuwangi Half Maraton 2019

Tepat di hari Minggu sekitar jam 4 pagi saya dan rombongan dari tim media sampai di Taman Blambangan Banyuwangi untuk menyaksikan persiapan juga pemberangkatan para pelari yang akan mengikuti acara Mandiri Banyuwangi Half Maraton tersebut. Sebenarnya sobats pada penasaran nggak sih acara ini sebenarnya diinisiasi sama siapa sih? Dan apa maksud diselenggarakannya Mandiri Banyuwangi Half Maraton 2019 ini? Saya nggak akan bikin penasaran, karena akan bakal jembrengin ke sobats semua.

Mandiri Banyuwangi Half Maraton 2019

Tahukah sobats jika di tanggal 13 April 2019 adalah perayaan hari jadi Kementerian BUMN yang ke-21? Nah, menjelang ulang tahun tersebut Badan Usaha Milik Negara kita mengadakan banyak program acara yang melibatkan masyarakat untuk turut serta dalam merayakan rangkaian acara tersebut. Salahsatu acara yang diagendakan oleh Kementerian BUMN itu di antaranya : Padat Karya Tunai, BUMN Goes to Campus, Pangan Murah, serta Mandiri Banyuwangi Half Maraton 2019.

Di acara Mandiri Banyuwangi Half Maraton 2019 kemarin, menjadi ajang lomba maraton pertama yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dan berkolaborasi dengan Bank Mandiri yang merupakan upaya untuk mengembangkan pariwisata di Banyuwangi sekaligus menjadi langkah awal agar menjadikan Kota Banyuwangi sebagai salahsatu destinasi maraton di tingkat nasional hingga internasional.


Jadi, sekarag sudah punya gambaran kan, apa sih itu acara Mandiri Banyuwangi Half Maraton 2019 itu. Semoga sobats mendapatkan pencerahannya ya, hehehheee. Terus kelanjutannya bagaimana dengan event-nya? Yuk simak lagi.

cantik banget pemandangan di atas sana - taken by me

Begitu saya dan rombongan datang, cuaca pagi hari tampak syahdu dengan pemandangan langitnya. Terus, banyak stand yang menjajakan aneka kuliner hingga bisnis-bisnis yang ada di Kota Banyuwangi memenuhi stand yang mengelilingi lapangan taman Blambangan dekat panggung utama, tatkala kami akan menuju jalan depan Bank Mandiri di mana di sana sudah ada banyak para peserta yang melakukan pemanasan.

Ternyata nih, walau masih pagi buta yah, tetep semangat loh para pelari yang akan melaksanakan lomba maraton tersebut, hehee. Oh iya, dalam Mandiri Banyuwangi Half Maraton 2019 ini, terdapat 3 kategori lomba yang bisa diikuti oleh peserta dari pelajar hingga umum. Untuk kategorinya ada 3 jenis di antaranya :
1. Kategori 21K dengan Cut of Time : 3 Jam 45 Menit
2. Kategori 10K dengan Cut of Time : 1 Jam 45 Menit
3. Kategori 5K dengan Cut of Time : 45 Menit

Flag off runner 21K - taken by me

Terus, untuk pemberangkatan runner dengan kategori 21K atau Half Maraton ini berangkat sekitar jam 5 pagi. Sedangkan untuk pelari kategori 10K mulai flag off sekitar jam 05.30. Selisih 30 menit aja. Namun, sebelum pemberangkatan kategori 10K ada sambutan dari Bupati Kota Banyuwangi, Bapak Abdullah Azwar Anas dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia raya dan melafalkan doa.


Pemberangkatan runner kategori 10K

Setelah itu, tibalah waktu untuk pelari dengan kategori 5K. Baik pelari dari kelompok umum atau pun pelajar memenuhi start race. Namun, sebelum kategori ini berangkat, kami disuguhkan dengan tarian tradisional dari Kota Banyuwangi dengan nama “Tari Jejer Gandrung” dengan diiringi musik yang khas Kota Banyuwangi deh pokoknya. Kalau sobats penasaran apa itu tarian ini bisa deh googling ke Mbah Google yah. Heheee. Kemudian, mulailah pemberangkatan lomba lari kategori 5K segera berangkat dan melaju sesuai lintasan masing-masing kategori.


Pemberangkatan runner kategori 5K - taken by me

Oh iya, awalnya sih saya udah antusias banget loh mau ikutan lomba lari 5K itu. Beneran deh, apalagi setelah pakai kaos untuk peserta Mandiri Banyuwangi Half Maraton 2019. Tapi sayangnya mau ngejar Mbak Fevtri dan Mbak Nana saya nggak bisa. Karena masih ada teman-teman blogger yang berdiam diri sembari mengabadikan momen di mana para peserta yang melintasi jalur lari dekat garis start juga finish di depan Bank Mandiri. Begitu acara usai, saya nyesel banget nggak ikutan lari, hahaa. Soalnya udah lama banget nggak lari-lari begitu. Kalau lari dari mantan sih udah pernah, hahaa.  Oke, kembali ke topic yah Sobats, hahaa

Tambahan informasi lagi nih Sobats. Setelah pemberangkatan pelari dengan kategori 5K, Bapak Bupati Banyuwangi beserta para jajarannya juga ikut meramaikan acara ini dengan lari jarak 1Km loh. Keren ya kan? hehee

Photo by - Joe Candra
Yang membuat menarik di ajang Mandiri Banyuwangi Half Maraton 2019 ini adalah antusias dari para warga sekitar yang juga menyambut hangat event untuk rangkaian acara HUT BUMN ini. Bahkan di setiap rute yang dilalui pelari ada banyak dukungan dari masyarakat kepada para peserta lomba lari.

Selain itu, masih ada lagi suguhan untuk runner yang mengikuti lomba dengan beberapa pertunjukan seperti : mendapatkan penyemangat dari para pelajar yang menampilkan berbagai atraksi kesenian tradisional barong dengan alat musiknya, maupun disuguhi dengan area persawahan, dan pegunungan alam saat melalui race dan kategori tertentu. Seperti yang diposting oleh KoncoPlayOn yang juga menjadi peserta lomba lari half maraton ini. 


Mandiri Banyuwangi Half Maraton 2019


Masih ada banyak penampilan dari para warga untuk menyemangati para pelari. Termasuk pertunjukan seni hadrah dengan lagu-lagu islami. Hal ini seperti yang dikabarkan oleh Mbak Fevtri yang ikutan lari 5K.


Sedangkan saya yang sedari awal berada di dekat garis Finish untuk jalur pelari di tiap kategori sekitar jam 8 pagi mulai banyak para pelari yang berdatangan. Mulai dari half maraton, 10K hingga 5K, baik di tingkat pelajar ataupun umum sudah mulai banyak yang berduyun berdatangan. Alhamdulillah banget loh sobats, karena ada juga peserta yang muda banget. Iya pelajar tapi ikut lomba lari di tingkat 10K dan 5K dengan sangat gesit saat melalui garis finish yang berbarengan dengan orang dewasa. Wahhh, benar-benar bikin kagum banget deh.


Woahhh semangat banget ya kan sobats - photo taken by me

Nah, saya nggak banyak menyimak sampai akhir sih di dekat garis finish. Karena di panggung utama Taman Blambangan sudah mulai ramai dari semarak MC yang penuh semangat menghibur para peserta maupun pengunjung yang datang hari itu. Termasuk saat pertunjukan tarian Kembang Pesisiran sebelum rangkaian acara lainnya yang dipandukan oleh Mas dan Mbak MC di panggung utama.




tarian Kembang Pesisiran - taken by me

tarian Kembang Pesisiran - taken by me

senam sehat - taken by me

Oh ya, sobats. Pada acara Mandiri Banyuwangi Half Maraton ini, warga masyarakat juga dikenalkan untuk menggunakan aplikasi Link Aja dalam melakukan transaksi di berbagai booth yang mengelilingi panggung utama. Bukan Cuma itu, ada juga booth khusus yang tugasnya untuk top up saldo loh. Tapi saya nggak top up sih, cuman ikutan main scan QR Code dari Aplikasi Link Aja. Namun nihil. Belum berhasil sobats. Hahahaaa. Bersyukur banget deh buat adek yang menang dapatin smartphone Samsung, ehehhee. Walau demikian, saya bener-bener puas dan seneng banget ikut ramai-ramai scan kode walau belum beruntung heheheh.

Hingga tibalah waktu yang ditunggu-tunggu atau inti dari acara Mandiri Banyuwangi Half Maraton 2019 hari itu, sobats. Dimana pengumuman siapakah pemenang dari para runner untuk tiap-tiap kategori. Sebaiknya simak aja nih beberapa nama pemenang lomba yang saya kutip dari official website mandiribanyuwangihalfmaraton.com yuk simak nih sobats.

Mandiri Banyuwangi Half Maraton 2019
untuk kategori 21K atau Half Maraton 
Pemenang runner 21K Half Maraton - taken by me

Mandiri Banyuwangi Half Maraton 2019
Kategori 10K baik di tingkat pelajar dan umum
Pemenang runner 10K kategori Umum - taken by me

Pemenang runner 10K kategori Pelajar -by me

Mandiri Banyuwangi Half Maraton 2019
Pemenang di Kategori 5K untuk tingkat pelajar dan umum
Kategori 5K untuk pelajar - taken by me
Begitu acara selesai dan ditutup dengan pertunjukan dari para penyanyi di panggung utama dan menyanyikan lagu milik Via Vallen, serta lagu Banyuwangi lainnya. ada banyak e-money yang dibagikan hari itu. Apalagi saat ada challenge joget. Hahaaa... saya berharap dapat e-money loh. Kan lumayan gitu bisa nambah saldo Link Aja, eh ternyata belu ditakdirkan beruntung juga, wkwkkwkw. Oke lah yang penting puas banget.

Keseruan rangkaian acara HUT Kementerian BUMN di Mandiri Banyuwangi Half Maraton 2019 kemarin sangat menyenangkan. Masyarakat diajak untuk terlibat merayakan program acara KBUMN dan dikenalkan dengan Cashless Payment dari Link Aja. Benar-benar komplit sekali.

bakalan rindu dan susah move on nih
Ku pengen lari-lari juga sihh heee

Ehh nggak terasa kalau waktu sudah berputar sangat cepat. Karena sekitar jam 9 lebih kami sudah bertolak pulang menuju hotel. Walau demikian, sebelum kembali merebahkan punggung, terlebih dahulu sayonara dengan teman-teman blogger dalam bingkai swafoto yah sobats. Ahahahaa. Pagi hari yang sungguh berkesan dan memberikan banyak pengalaman buat saya tentunya. Dan jika dapat kesempatan untuk menyaksikan atau meliput acara yang serupa saya ingin bisa ikutan larian juga. Hehhee. Beneran pengen banget dah sobats. Hahhaaa.

Semoga artikel yang bisa saya bagikan kali ini bisa bermanfaat yah. Khususnya buat yang nulis juga ini. Hehehehee. Dan jangan lupa untuk feel free to drop your comments yah Sobats.

~Blesssed
Khoirur Rohmah

22 komentar:

  1. Wah meriah banget ya kak acaranya. Ada tariannya juga

    BalasHapus
  2. Wah banyak juga tuh ya yang jualan. Itu pembukaan lomba maratonnya emang masih pagi kek gitu ya kak

    BalasHapus
  3. Aku membayangkan keseruan yang ada... sungguh menyenangkan sekali bisa ambil bagian walaupun ngga ikutan lari. Yang penting bisa tetap eksis ya mbak. ntar tahun depan ikut lagi. lari beneran heehehe

    BalasHapus
  4. antusiastnya banyak juga ya warga banyuwangi menyambut event half marathon 2019 yang diselenggarakan oleh bank mandiri semoga aja acara ini berlanjut di beberapa wilayah di indonesia

    BalasHapus
  5. Seru banget sih ikut acara Mandiri Half Marathon di Banyuwangi, pesertanya juga tampak antusias ya, pengen deh sesekali ikut acar seperti ini

    BalasHapus
  6. Kalau aku untuk sekarang kayaknya jalan aja deh heheeee...belum syanggup berbi untuk marathon

    BalasHapus
  7. Seru banget sih acaranya, saya bacanya jadi kayak ikut ngerasain vibes-nya juga. Heheh
    kebayang aja gitu ramenya, hebohnya, keringet-keringetan gobyos tapi happy di Mandiri Half Marathon Banyuwangi

    BalasHapus
  8. Aku ngikutin dari timeline twitter acara keseruan hut bumn yang mandiri Banyuwangi half maraton ini. Seru seruuuu, ga kalah sama acara hut bumn lainnya emang ya. Tapi aku penasaran, kok Rohma ga ikutan acara maratonnya sekalian?

    BalasHapus
  9. waaa seru ini, kemarin keabissan slot dan ga sempet hunting lagi. padahal perdana juga ya event ini di banyuwangi. next time mau ikutan maybe th depan hih..

    BalasHapus
  10. Iya, Rohmah...
    Foto perpaduan antara senja dan mendung itu...indah.
    MashaAllah~

    Aku juga gak kuat kalau lari marathon sampai 5K.
    Untuk bisa ke sana, latihannya butuh berapa lama dan berapa sering yaa...
    Hihii...pingin konsisten olahraga juga.

    BalasHapus
  11. Meriah sekali perayaan hari jadi bumn ini ya. Masyarakat juga antusias meramaikan. Mbak gak ikut lari marathonnya ya?

    BalasHapus
  12. Seru banget acaranya mba dan hadiahnya juga lumayan klw menang. :)

    BalasHapus
  13. Yey, ada foto aku di postingan iniii. Ihiiiir. Senengnya, hehe


    Aku ntar mau nyuruh si Masku buat ikuy maraton lagi. Aku pengen nyemangatin seseorang heheu

    Halah. Haha

    BalasHapus
  14. Aku kalau di sana paling juga gak kuat. Gak biasa lari sih, hahahaha. Aku butuh diet kali biar bisa ikut acara ginian

    BalasHapus
  15. Wah seru banget ya acaranya. Bertabur hadiah dan macem-macem aktivitasnya. Ku pengen ikutan tapi ya gak mungkin bisa lah.. hahaha.. krucils gak ada yg jaga pastinya..

    BalasHapus
  16. Meriah yah acaranya kak 😍 tapi sayang Eny gk bisa ikutan acara sejenis lari2 gitu. Fisik lemah hikss

    BalasHapus
  17. Hadiahnya bikin ngiler mbak hehehe seru juga ya acara marathonnya sampe-sampe pesertanya banyak gitu :D

    BalasHapus
  18. Aku udah 2x ikutan meliput event² lari kaya gini, selalu seru dan wajib di lokasi sebelum subuh

    BalasHapus
  19. Nulisnya sambil keringetan juga ngga kak? wkwk

    Seru yaa acara HUT BUMN apalagi dihadiri blogger-blogger kece dari Banyuwangi dan sekitarnya*

    BalasHapus
  20. Seru tuh, olahraga dicombine sama model festival gitu, jadi lebih fun maksimal, apalagi kalau dapet doorprize hahahaha

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Copyright © Fastabiqul Khoirots. Blog Design by SkyandStars.co