[Day 5] Cara Membuat Nasi Goreng Bumbu Sambal Terasi yang Praktis

Mei 10, 2019



Bismillaahirrohmaanirrohim
Halo sobats..
Nggak terasa udah di hari ke-lima #30KebaikanBPN nya ya. Udah pasti banyak tantangan apabali sepert ‘malas’ yang aku rasakan sendiri. Sampai-sampai mau nulis aja jadinya ‘ntar-ntar’. Tau – tau udah banyak postingan yang belum aku tuliskan. Hahahhaaa

Kalau dibiarkan terus menerus ntar nggak segera terselesaikan ya kan? Nah, untuk membayar semua godaan buat nulis. Kali ini aku mau posting postingan di Hari ke-5 #30HariKebaikanBPN dengan tema “Nasi Goreng” ari 3 tema lainnya. Karena aku lebih suka nasi goreng daripada mie, hheheee. Jadi aku suka berkreasi tiap bikin nasgor.

Nah, daripada menanti lama nih ya sobats. Aku mau deh bagiin resep atau cara membuat nasi goreng bumbu sambal terasi yang praktis banget. Aku udah sering membuatnya, dan untuk porsi kecil, aku juga yang makan sendiri, hahaa. Langsung aja, check this out

Cara Membuat Nasi Goreng Bumbu Sambal Terasi yang Praktis


Bahan

1. Nasi yang sudah tanak
2. Bawang putih dan merah goreng

Bumbu untuk Sambal Terasi

1. Garam
2. Gula
3. Cabai
4. Tomat
5. Terasi
6. Bawang merah
7. Bawang putih

Cara Membuat

1. Ada dua versi yang biasa aku pakai, yang pertama setelah semua bumbu dihaluskan. Aku masukkan langsung ke wajan
2. Versi kedua, bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, tomat dan cabai digoreng terlebih dahulu, kemudian dihaluskan, terus digoreng kembali
3. Sobats bisa memilih versi manapun yang lebih praktis yah.
4. Setelah bumbu dihaluskan, kemudian masukkan bumbu tersebut ke wajan dengan api sedang
5. Goreng terus hingga mendekati kecoklatan
6. Masukkan nasi yang telah tanak tersebut dan terus digoreng hingga bumbu merata ke permukaan nasi
7. Jika rasanya kurang manis, asin, bisa ditambahkan garam, penyedap rasa maupun gula yah.
8. Sebelum nasi diangkat, baiknya diberi bawang goreng bikinan sendiri atau yang instan dan taburkan pada nasi dalam wajan ya.
9. Selain itu, sobats juga bisa memvariasi dengan irisan seledri biar tambah sedap yah. Atau dikasih kecap juga bisa kalian tambahkan sesuai selera
10. Nasi goreng siap dihidangkan dan dieksekusi.

Sebenarnya simple banget sih caranya, cuman aku ingin menjabarkan lebih panjang lagi, ehhehee. Terlebih nasi goreng emang jadi makanan sejuta umat yah sobats. Bahkan di luar negeri pun pasti mengenal makanan jenis ini yang sudah ada beberapa tahun lalu. Aku lupa baca di artikel mana, yang pasti nasi goreng sudah ada sejak lama.

cara membuat nasi goreng bumbu sambal terasi yang praktis
nasi gorengnya pakai nasi jagung hehee

Dan aku bikin kreasi nasi goreng pakai resep versi aku sendiri karena habis bikin sambal terasi bajak, dia masih sisa banyak esok harinya. Jadi aku buat aja deh nasi goreng sambal terasi hehehee. Nggak perlu bikin bumbu lagi, tinggal tambahin peyedap rasa, gula atau garam. Hehehe

Semoga postingan yang aku bagikan tentang cara membuat nasi goreng bumbu sambal terasi yang praktis untuk #30HariKebaikanBPN ini bisa bermanfaat yah, sobats. Kamu bisa mencobanya sendiri di rumah dan sharing ke aku gimana sih masaknya, dan rasanya? Enak dan beda ya rasanya? Hehehe. Dan jangan lupa feel free to srop your comments yah.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca postingan ini
~Blessed
Khoirur Rohmah

#30HariKebaikanBPN #bloggerperempuan

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Me

Jika ingin mengontak saya untuk keperluan publikasi, kerjasama, ataupun pertanyaan lain tentang blog ini bisa dengan mengirim email langsung ke rurohma95@gmail.com.
Terima kasih -
Copyright by Khoirur Rohmah
Fastabiqul Khoirots

Like us on Fanpage

Kicauan Saya