Senin, 06 Desember 2021

Simpan Dana Darurat Enaknya di mana? Di Deposito BPR Komunal Salahsatunya

Deposito BPR Komunal



Bismillaahirrohmaanirrohim

Sobats, kamu pernah punya sejumlah uang tertentu dan nggak tahu atau bingung mau ‎dikemanakan itu uang, nggak? Semisal nih, kamu dapat bonus tahunan kerja, uang THR, atau ‎tiba-tiba dapat doorprize, gitu. Jika pernah, biasanya apa yang akan kamu lakukan dengan ‎uang tersebut? Apakah  membelanjakan ke jalan yang benar, misal untuk sedekah, ‎diinvestasikan, atau malah habis begitu aja karena impulsive buying? ‎


Kalau aku biasanya diamkan dulu, apakah ada tanggungan yang harus dibayarkan ‎atau tidak. Jika tidak, maka akan dipos kan untuk beberapa pengeluaran, sosial, hingga masuk ‎investasi. Begitu, sih.‎


Meski demikian, sebenarnya punya dana nganggur seperti yang aku sebutkan di atas, memang ‎perlu melakukan beberapa hal supaya keuangan bisa lebih aman. Kemudian, sebelum ‎menginvestasikan dana tersebut, sebaiknya ingat-ingat lagi. Apakah punya tanggungan hutang? ‎Jika ada, lebih baik bayar saja terlebih dahulu.‎


Tapi, kalau kamu tidak punya utang konsumtif, itu lebih baik lagi. Karena kamu dapat mengisi ‎tabungan dana darurat. Sebab punya dana darurat menjadi hal yang sangat penting. Sehingga, ‎saat dihadapkan pada kondisi darurat tertentu tidak mengambil dana lain, misal untuk ‎keperluan pendidikan, dan sebaginya. By the way, kamu udah punya dana darurat, kah?‎


Apa itu Dana Darurat?‎

Dana Darurat adalah dana cadangan untuk antisipasi pengeluaran tak terduga. Dana ini juga ‎dapat dialokasikan tidak hanya untuk kondisi darurat. Dana ini juga berfungsi sebagai ‎pengaman saat kamu kehilangan mata pencaharian. Maka dari itu, perhitungan dana darurat ‎berupa sekian kali pengeluaran bulanan. ‎


Ada ketentuan dana darurat yang harus dicapai untuk yang tidak memiliki tanggungan atau ‎single, hingga yang berkeluarga. Seperti berikut ini:‎

Ketentuan Pembagian Dana Darurat
Kalau kamu yang mana, sobats?

Jadi, semakin banyak tanggungan. Juga semakin banyak pula uang yang disisihkan untuk ‎tabungan dana daruratnya. Nah sekarang yang menjadi pertanyaan, kemana kah akan ‎menyimpan dana darurat tersebut? Simak terus ya, sobats.‎


Instrumen untuk Simpan Dana Darurat Enaknya Dimana?‎


Penting diingat tujuan dana darurat untuk mempersiapkan kebutuhan tanpa rencana, atau ‎dadakan. Sehingga usahakan dana darurat mudah dicairkan dan diambil. Pastikan juga ‎instrumen tersebut bersifat aman, likuid, dan mudah diakses. Berikut ini daftar instrumen yang ‎berguna untuk menyimpan dana darurat. Apa saja?‎


Tabungan

Dana Darurat bisa disimpan di tabungan atau di rekening. Karena darurat maka sifatnya tidak ‎kenal waktu. Dengan menyimpan di tabungan bisa dicairkan dengan cepat. Tabungan ‎termasuk instrumen yang aman. Namun, kekurangannya tabungan ada risiko ketika terjadi ‎inflasi.‎


RDPU atau Reksadana Pasar Uang

Selain mengalokasikan dana darurat di tabungan, kamu juga dapat menyimpannya di RDPU ‎atau reksadana pasar uang. Kamu dapat berinvestasi mulai dari Rp. 10.000. Pencairan dana ‎juga cukup cepat. Paling nggak, maksimak 3-5 hari kerja sejak pengajuan. Selain itu kamu juga ‎masih mendapatkan return lebih daripada hanya di tabung di rekening. RDPU dijamin aman ‎karena risikonya cukup rendah. ‎


Emas

Siapa sih yang nggak kenal sama emas untuk investasi? Selain itu emas juga bisa jadi instrumen ‎yang aman untuk dana darurat. Apalagi punya return yang cukup mengesankan. Bahkan ‎sekarang kalau mau menyimpan emas bisa dengan melakukan transaksi secara online. Kalau ‎emas fisik, juga bisa langsung dijual kembali untuk dicairkan.‎


Deposito 

Deposito merupakan produk investasi yang punya jangka waktu tetapi bisa memberikan tingkat ‎bunga lebih baik daripada tabungan. Ketika kamu membeli sertifikat deposito dari sebuah bank, ‎maka berarti kamu telah menginvestasikan sejumlah uang untuk jangka waktu tetap. Bisa satu ‎bulan, dua, tiga, enam bulan, hingga satu tahun.‎


Sebagai imbalan karena kamu mau menempatkan uang, maka bank akan memberikan bunga ‎atau bagi hasil yang umumnya dibayarkan dalam interval sesuai periode penempatannya.‎


Sekarang kalau mau menyimpan dana darurat di deposito, apakah ada rekomendasi produk ‎yang cocok? Ada. Komunal Deposito BPR. ‎


Apa itu Komunal Deposito BPR


Keuntungan Buka Deposito di Deposito BPR Komunal
Jadi, udah dipastikan aman dan terpercaya sobats

Komunal adalah perusahaan yang berbasis teknologi finansial yang mendukung pertumbuhan ‎ekonomi dan keuangan di Indonesia. FIntech Komunal ini menjadi penghubung antara BPR ‎dengan masyarakat yang ingin melakukan investasi dengan produk berupa deposito.‎


Sedangkan BPR atau Bank Perkreditan Rakyat itu adalah Bank yang melaksanakan kegiatan ‎usaha secara konvensional berdasarkan prinsip syariah sesuai ketentuan yang ditetapkan oleh ‎Bank Indonesia. Usaha yang dilaksanakan BPR untuk menempatkan simpanan dananya dalam ‎berupa Sertifikat deposito, deposito berjangka, Sertifikat Bank Indonesia, dan lainnya.‎

Deposito BPR Aman
Aku udah daftar Deposito BPR Komunal yang Aman dan Terpercaya, pastinya bakalan berguna untuk investasi Dana Darurat aku. Daripada tiba-tiba habis gitu aja kan ya 

Selanjutnya, jika ingin depositobpr yang aman bagaimana caranya? Nah, langkah berikutnya ‎dengan mencari tempat aman untuk deposito tersebut, yakni dengan menyalurkan dana ‎nganggur atau dana dingin tersebut dengan melakukan deposito melalui komunal.id atau ‎Deposito BPR dengan pemilihan rentang waktu tertentu.‎


Deposito BPR Komunal

Buat yang penasaran, apakah Deposito BPR Aman? aku jamin keamanannya. Karena deposito ‎ini seluruh pendanaannya dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) hingga 2 miliar. ‎Sehingga bisa dipastikan deposito BPR aman dan terpercaya. ‎

DepositoBPR
Deposito BPR Komunal 

Selain itu, Komunal juga telah tercatat di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dengan Nomor Surat ‎Penetapan Ijin, No. S-178/MS.72/2021. Untuk Komunal Deposito BPR ini juga terhubung dengan ‎deposan lebih yang lebih dari 1.500 Deposito BPR. Mantap banget kan???‎


Maka dari itu, adanya platform fintech Komunal ini, bisa memberikan manfaat untuk Indonesia. ‎Khususnya generasi milenial yang mau menyalurkan dananya melalui deposito sebagai ‎kontribusi terhadap perekonomian negara salahsatunya memajukan UMKM di Indonesia. ‎Sehingga mau tidak mau hal ini dapat membuat kita #TumbuhBersamaKomunitas


Terus, gimana sih cara mendaftar Deposito BPR Komunal tersebut? ‎


Pengalaman Mendaftar Deposito BPR Komunal


By the way, saat bikin akun dan berhasil menyimpan dana di Deposito BPR Komunal ini, aku ‎melakukannya dari rumah aja loh. Ya, membuka deposito BPR Komunal itu mudah. ‎‎#BisaDimanaAja. Mau di rumah sambil rebahan, kerja, atau liburan? Bisa banget.‎

Komunal.id
Simak yuk Pengalaman aku mendaftar Deposito BPR Komunal 


Berikut ini langkah-langkah yang harus dilalui saat mendaftar atau membuka salahsatu ‎deposito di deposito BPR ini:‎


‎1.‎ Akses website https://depositobpr.id/ untuk mendaftar

‎2.‎ Pilih “Mendaftar Sebagai Deposan”‎

‎3.‎ Setelah itu muncul beberapa data diri yang harus diisi, seperti NIK, Nama Lengkap, dan ‎lainnya

‎4.‎ Selanjutnya data tentang informasi umum terkait Nomor HP, Nama Bank, dan lain-lain

‎5.‎ Kemudian ada kolom persetujuan dengan syarat dan ketentuan yang perlu diketahui ‎untuk deposan. Jangan lupa untuk centang atau checklist tanda setuju dan telah ‎memahami S&K yang tersebut

‎6.‎ Lalu mengunggah beberapa lampiran yang diperlukan, seperti foto KTP, dan Swafoto. ‎Apabila ada Referral Code, bisa dimasukkan sekalian

‎7.‎ Jika telah berhasil, maka akan ada email masuk dari Komunal Deposito BPR terkait ‎verifikasi akun.‎

‎8.‎ Setelah selesai diverifikasi dan menuju website depositobpr. Maka kamu akan diarahkan ‎untuk pembuatan akun PrivyID atau platform yang membantu dalam proses ‎penandatanganan digital

‎9.‎ Kemudian cek kembali email dari PrivyID untuk login terlebih dahulu, agar proses ‎pendatanganan bisa dilakukan

‎10.‎ Karena waktu itu aku sudah punya akun lalu, proses ganti password belum berhasil, ‎maka aku menghubungi whatsapp privyID untuk memperbarui password lama dengan ‎yang baru. Prosesnya cepat. Namun konfirmasi jika PrivyID sudah aktif masih belum ‎terlihat di akun deposito BPR.‎

‎11.‎ Nantinya proses verifikasi akan dilakukan atau dikonfirmasi melalui email dan nomor ‎handphone yang didaftarkan

‎12.‎ Setelah verifikasi PrivyID aktif, kamu bisa segera mendatangani surat perjanjian yang ‎tertera

‎13.‎ Kemudian, setelah rekening telah aktif dan dikonfirmasi, maka kamu bisa langsung ‎melakukan deposito melalui website depositobpr

‎14.‎ Pilih deposito yang diinginkan, mau pilih jangka waktu 2,3, atau 6 bulan, bebas ya. Kalau ‎ada kode promo, masukkan juga. Supaya bisa dapat cashback.‎

‎15.‎ Selanjutnya, lengkapi data diri deposan mengenai status perkawinan, pekerjaan, dan ‎lainnya

‎16.‎ Kemudian isi data untuk alamat surat menyurat untuk kebutuhan pengiriman bilyet. ‎Pastikan data alamat lengkap benar ya. Terserah mau pakai alamat sesuai KTP atau ‎domisili, dan nomor handphone juga.‎

‎17.‎ Jika berhasil, maka kamu akan dapatkan konfirmasi karena telah melakukan registrasi.‎

‎18.‎ Jangan lupa untuk melakukan transfer sesuai jumlah nominal deposito yang dipilih ya

‎19.‎ Selanjutnya, tunggu saja bilyet yang telah dikirimkan oleh BPR yang kamu pilih.‎

Bilyet Deposito BPR Komunal
Kayak gitu sobats  tampilan bilyet untuk Deposito BPR Komunal 


Sebenarnya mudah loh sobats, beberapa jam aja bisa. Dan lebih baik kalau dilakukan saat hari ‎kerja ya. Sehingga proses konfirmasi lebih cepat. Nanti jika ada tahapan yang perlu perbaikan, ‎akan ada konfirmasi dari customer service Deposito BPR. Dijamin kamu tidak akan merasa ‎kebingungan.‎


Jadi,,, Setelah Menyimpan Dana Darurat di Deposito BPR Komunal, Rasanya…‎


Ya, aku memutuskan simpan dana nganggur yang aku jadikan dana darurat melalui instrumen ‎Deposito BPR Komunal. Dengan begitu, hatiku jadi lebih tenang dan aman. Aku nggak khawatir ‎lagi, uangku bisa habis karena hal-hal yang kurang berguna misal belanja-belanja gitu. ‎Bersyukur banget ada Komunal Deposito BPR ini.‎


Kalau kamu ingin menyimpan dana dan membuka deposito di Deposito BPR Komunal, bisa banget loh ‎sobats. Mumpung banget ada Promo di Bulan Desember nih, yaitu: Komunal Deposito BPR BrrBr! ‎Hadiah.

Komunal Deposito BPR BRRRRHADIAH
Manfaatkan kesempatan ini, sobats

BrrHadiah apa aja? Yang pasti Hadiah Akhir Tahun + (Dijamin oleh LPS, dengan Bunga 6%). Hadiahnya ‎mulai dari Iphone 13, Xiaomi Mi Band 5, Speaker Bluetooth JBL Go 2, Saldo dompet digital, dan lainnya. ‎Kamu bisa baca informasi mengenai KOMUNAL DEPOSITO BPR BRRRRHADIAH ini di sosial media ‎Komunal.id . Tentunya, kamu bisa menerapkan langkah-langkah di atas saat mendaftar. Terus, baik aku maupun kamu bisa menjadi salahsatu pemenang dalam promo Desember ini.‎ 

Sosial Media BPR Komunal id
Jangan lupa untu pantau terus sosial media BPR KOMUNAL ya


Semoga artikel ini membantu, dan terima kasih sudah membaca dan berkunjung di artikel ini. jangan lupa tinggalkan komentar ‎kamu. Feel free to drop your comments.‎


‎~Blessed

Khoirur Rohmah


21 komentar:

  1. Sering banget bingung nyimpan dana darurat, kayaknya udah ada solusi jadiin deposito yang mantep.

    BalasHapus
  2. Kalau dipikir-pikir ternyata mudah loh deposito bpr komunal ini setelah membaca langkah-langkahnya, apalagi bisa dilakukan dari rumah.

    BalasHapus
  3. Salam kenal Khoirur Rohmah. Saya bau tahu ada namanya BPR Komunal, bunganya tinggi ya? Kalau saya dana darurat banyakan di reksa dana pasar uang sih.

    BalasHapus
  4. Ide manrik untuk menabung ya, deposito dan buat hari tua juga, aku sendiri apa nih ? Jadi berkaca mau juga ada persiapan deh

    BalasHapus
  5. Zaman sekarang memang penting ya punya dana darurat, itung-itung persiapan masa depan juga sih.

    BalasHapus
  6. Baru tahu ada jenis deposito komunal ini. Oia, itu ada Referral Code manfaatnya apa ya Mbak?
    Impian banget bisa nyimpen dana dalam bentuk tabungan seperti di Deposito BPR Komunal ini, bisa meminimalkan resiko godaan saat ada promo-promo yg kadang bikin khilaf belanja.

    BalasHapus
  7. Dana darurat emang penting banget sih dimiliki anak milenial. Pengalaman, banyak banget hal tak terduga yang terjadi dan itu butuh dana darurat. Aku sih udah nabung dalam bentuk emas dan tabungan Kak, kalau deposito belum.

    BalasHapus
  8. Deposito emang jadi instrumen investasi yang masih aman sampai saat ini ya. Apalagi khusus yang memang bisa menyimpan uang dalam jumlah yang cukup besar. Daripada uangnya abis kena biaya admin mendingan langsung aja ya simpan di deposito gini

    BalasHapus
  9. Hitungan dana darurat di atas, adalah ilmu baru bagi saya. Selama ini saya pakai hitungan sederhana, uang gajian langsung saya kirim separuhnya ke rekening khusus. Tapi rekening itu juga bisa diambil jika memang ada kasus khusus.
    Hmm.. memang enak dimasukkan ke deposito ya. Toh bisa pilih berapa bulannya. Nice. Saya memang ada rencana untuk itu dan artikel ini memantapkan.

    BalasHapus
  10. Dana darurat itu memang penting banget soalnya kita kan gak tau kapan akan dibutuhin. Cm kadang ya gitu tangan gatel mau ngambil

    BalasHapus
  11. Aku baru tau Deposito BPR Komunal ini mbak, dan ternyata udah terdaftar di OJK ya, jadi tenang deh.. Menyimpan dana darurat di deposito emang jadi pilihan tepat sih menurutku, biar uangnya gak gampang kepake dan lebih aman juga (secara sekarang rawan banget kalo cuma nyimpen dana di tabungan biasa tuh).

    BalasHapus
  12. Dana darirat emang sangat penting ya mbak, kerasa banget apalagi pas masa pandemi gini. Ah iya ya yang namanya deposito mungkin saat ini gak sepopuler investasi lain tapi kalau utk simpan2 dana darurat bisa juga nih TFS infonya

    BalasHapus
  13. Dana darurat memang penting punya, ya. Karena memang kadang-kadang ada sesuatu yang mendadak dan perlu uang untuk biayanya.
    Deposito BPR Komunal ternyata bisa jadi salah satu cara buat nyimpen dana darurat, ya.

    BalasHapus
  14. bahkan untuk BPR Komunal bisa dilakukan secara online saja ya, padahal untuk kebutuhan dana darurat yang lebih serius nih dari pada transaksi perbankan pada umumnya. jika telah memiliki tempat utk menyimpan dana darurat, secara otomatis juga merasa aman dan berpikir ulang kalau mau "iseng" belanja ini itu hihi

    BalasHapus
  15. Deposito sama Reksadana itu bedanya apa ya mbak? Soalnya lebih familiar Reksadana hehehe.. kalo deposito mungkin next time bisa aku coba pelajari lagi buat nambah wawasan ilmu investasi :)

    BalasHapus
  16. Kyaaa jadi pengen coba juga mba, aku pengen bisa investasi juga gitu
    deposito ini rekomended banget ya, mau bikin juga insyaAllah makasih rekomendaisnya mba

    BalasHapus
  17. Ada banyak instrumen penyimpanan uang yang bisa kita coba yaa..
    salah satunya deposito yang ditawarkan oleh BPR Komunal ini.
    Dan banyak sekali testimoni positif mengenai pengalaman berinvestasi di BPR. Alhamdulillah~

    BalasHapus
  18. wah sangat membantu sekali.. kebetulan sekarang aku lagi butuh solusi buat nyimpen dana darurat... makasih kak infonya

    BalasHapus
  19. Wah saya pengen banget nyimpan deposito, cuma bingung mau simpan dimana, thanks rekomendasinya ya kak

    BalasHapus
  20. BRI emg bank andalan masyarakat Indonesia ya. Program ini keren ya bisa nambah uang daripada jadi idle money

    BalasHapus
  21. Wahhh aku baru denger sih soal yang seperti ini.. Dari baca dari awal sampe akhir jadi paham dikit-dikit apa itu deposito BPR.. Terima kasih sudah berbagi dan sharing..

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...