‎ ‎

Pengalaman Pertama Scalling Gigi di RSGM Universitas Jember

 

Scalling Gigi di RSGM Universitas Jember


Bismillaahirrohmaanirrohim

Sudah sekian lama ingin ke dokter gigi untuk scalling atau membersihkan karang gigi, tapi sayangnya belum jadi berangkat. Sebenarnya waktu itu sudah pernah ke dokter gigi namun untuk keperluan cabut gigi saja. Lah, kok nggak sekalian atau scalling dulu? soalnya waktu itu udah nggak tahan dengan gigi berlubang yang sangat mengkhawatirkan dan bikin tidak nyaman saat makan. Sehingga diputuskanlah untuk cabut gigi.


Nah, ngerasa ke dokter gigi adalah hal yang harus, karena sebelumnya takut, khawatir dapat dokter yang gini gini. Eh, nggak taunya kenal dokter gigi pertama yang enak banget dan welcome sama pasiennya, bikin hati ingin scalling juga akhirnya. Tapi… nggak di tempat dokter gigi pertama favorit aku ini ya sobats.. Soalnya biaya mandiri, ceunah. Hahaaa…


Gayung bersambut ketika niat sudah menggebu-gebu, karena ternyata ada informasi jika ada konsultasi dan pemeriksaan gigi GRATIS dari salahsatu produsen odol yang juga aku gunakan di rumah, yaitu Pepsodent. Maka aku gunakanlah kesempatan baik ini.


Awalnya ada broadcast yang dikirim salahsatu teman di grup whatsapp. Kok ini informasinya berguna banget ya. aku baca-baca lah persyaratan dan ketentuannya apa. Dan kulakukan hingga akhirnya bisa datang ke tempat untuk scallingnya. 


Berikut ini aku jabarkan beberapa proses aku scalling gigi GRATIS dari Pepsodent dari awal sampai setelahnya. 


Perawatan Gigi Gratis dari Pepsodent 


Dalam flyer yang disebarkan tersebut dijelaskan bagaimana cara mendapatkan perawatan gigi lalu mengikuti beberapa Langkah seperti berikut ini:

  1. Beli 2 Pcs Pepsodent varian apapun di Toko Terdekat atau e-commerce
  2. Scan QR code pada webbler di rak atau hubungi Whatsapp Tanya Pepsodent di 0818880135
  3. Foto & Upload struk belanja kamu di Whatsapp Tanya Pepsodent
  4. Anda akan mendapatkan notifikasi jadwal perawatan gigi gratis di klinik gigi atau FKG terdekat
  5. Jika lokasi Anda terlalu jauh, Anda dapat konsultasi gigi secara online melalui Whatsapp Tanya Dokter Gigi by Pepsodent.


Nah, itu dia lankah-langkah yang perlu dilakukan untuk mendapatkan perawatan gigi atau konsultasi dengan dokter gigi GRATIS melalui Whatsapp Tanya Pepsodent-nya.


Membaca persyaratan tersebut, kira-kira di tanggal 25 Februari 2023 aku mendatangi Indomaret terdekat dan mencari webbler yang ada di rak produk Pepsodent. Tapi ternyata belum ada yang dipasang. Karena aku butuh QR code di webbler tersebut. Walau sebenarnya bisa saja kalau langsung Whatsapp ya.


Kemudian aku ke Alfamart untuk cek lagi. Etapi ternyata webbler baru dipasang esok harinya, kata masnya. Sehingga esok hari aku kesana kembali lalu scan QR code yang tertera pada webbler. Dan ya, langsung tersambung ke link Pepsodent dan diarahkan ke Whatsapp Tanya Pepsodent. 


Dalam perkenalan atau sesi chat di Whatsapp tersebut aku diminta data mulai dari:

  1. Nama Lengkap, Tanggal Lahir, Nomor Handphone, Kota, dan Jenis Kelamin.
  2. Memilih jenis perawatan yang ingin dilakukan: Scalling untuk dewasa, dan Pemberian Topical fluoride untuk anak
  3. Memilih provinsi sesuai domisili
  4. Menulis kota domisili
  5. Menulis kecamatan atau kelurahan domisili
  6. Lalu menulis kode pos domisili


Setelah itu, barulah kemudian diberikan informasi lagi terkait cara mendapatkan perawatan gigi dengan Dokter Gigi seperti yang telah aku sebutkan di atas. Yang mana dalam informasi yang diberikan melalui Tanya Pepsodent ini diharuskan untuk mengunggah foto struk belanja ke Whatsapp Tanya Pepsodent. Tentunya harus dipastikan foto struk jelas, tidak terpotong, rusak, lecek, atau luntur. Dari situ kemudian aku unggah deh struk pembelian produk Pepsodent yang telah kulakukan.


Karena saat itu aku chat di luar jam aktif, sehingga aku menghubungi Whatsapp Pepsodent beberapa kali hingga akhirnya struk pembelian produk telah diverifikasi atau divalidasi walau harus menunggu kurang lebih 3x24 jam. Kemudian barulah aku dapat informasi kalau aku bisa mendaptkan PERAWATAN GIGI GRATIS di tanggal 16 Maret 2023. Namun pelaksanaanya baru bisa dilakukan di tanggal 20 Maret 2023 di FKG Universitas Jember. 


Dalam pesan tersebut aku diberi kebebasan seandainya ingin mengubah jadwal perawatan gigi. Namun karena aku sudah bertekad untuk datang di tanggal tersebut yang ternyata bersamaan dengan WOHD atau World Oral Health Day jadi aku tidak mengubahnya. And here we go, saat hari itu pun tiba.


Scalling Gigi di FKG Universitas Jember


Untuk pertama kalinya aku datang ke Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Jember. Saat itu Hari Senin, 20 Maret 2023 yang mana aku berangkat sekitar Jam 10 pagi dan sampai sana kira-kira Jam10.30. Tapi kalau lewat di sekitaran kampus dan Fakultas Kedokteran Unej sudah beberapa kali. Karena baru pertama kesana, jadi aku tanya dulu ke pak satpam di mana lokasinya. Walau dari kejauhan sudah kelihatan ya tulisan rumah sakitnya, demi memastikan aku tetap bertanya saja. 


Begitu sampai di pintu masuk, di sebelah kanan lobi sudah ada beberapa petugas yang tengah mendata orang-orang yang akan ikut mendapatkan perawatan gigi gratis dari Pepsodent. Setelah mengisi beberapa lembaran blanko data diri, aku pun ditujukan lokasi untuk pelaksanaan scalling tersebut yang berada di lantai 2 RSGM Unej ini. 


Begitu masuk ruang dokter gigi, ternyata di sana terdapat banyak unit untuk perawatan gigi, baik untuk anak-anak maupun dewasa. Dan ternyata sudah ada beberapa anak dan juga orang dewasa yang sedang dalam proses perawatan gigi di sebelah kiri. Sedangkan bagian kanan masih kosong. Serta unit perawatan gigi yang lurus dengan pintu utama ruangan tersebut masih ada 2 unit yang dipakai. Sisanya masih kosong.


Setelah menunggu beberapa menit sembari unit perawatan disiapkan yang letaknya searah dengan pintu masuk tadi dan dicek apakah berfungsi atau tidak, memastikan dokter gigi sudah siap apa belum, karena pada saat bersamaan, hanya ada 3 orang termasuk aku yang antri untuk scalling gigi di jam tersebut.


Dan voilaa… tiba juga diperiksa giginya, dan mulai dieksekusi untuk dibersihkan harta karun yang telah lama bersarang pada gigi dan mulut ini. Berhubung sudah pernah ke dokter gigi, sehingga aku tidak begitu takut ketika penanganan di hari tersebut. Justru aku ikut memegangi alat untuk membersihkan karang gigi. Sebab dokter yang menanganiku tidak dibarengi dengan assisten.


Beruntungnya aku mendapatkan dokter gigi perempuan yang ramah banget. Bahkan selama tindakan diajak untuk bicara terkait kegiatannya apa saja, dan tanya ini itu termasuk beberapa edukasi tentang gigi, supaya tidak tegang. Alhamdulillah prosesnya berlangsung dengan cepat dan berjalan dengan lancar. Meski jilbabku sudah tidak karuan aromanya. Ahhaaa… 


Sebenarnya saat proses tindakan pembersihan gigi, ada pasien yang langsung ditangani oleh dokter gigi. Ada juga oleh mahasiswa yang tengah melakukan koas. Sehingga para pasien yang tiba lebih awal atau yang baru datang, tetap ditangani. Meski demikian, juga masih dipantau oleh dokter gigi yang ada di ruang tersebut ya, sobats. Yang pasti prosesnya cepat, bahkan yang menunggu pun dipanggil secara bertahap dan jedanya tidak terlalu lama. Barulah kemudian dilakukan tindakan pembersihan karang gigi.


Untuk yang tindakan scalling gigi, aku ditangani oleh drg. Yuliana yang ternyata alamat rumahnya tidak jauh dari rumahku. Hanya saja praktek gigi di kediamannya belum dibuka kembali sejak Covid berlangsung. Pikirku, kalau udah cocok dan nemu dokter gigi yang enak dalam pelayanannya, pengen bisa dapatkan perawatan gigi kembali di masa mendatang. Cukup datang ke tempat prakteknya begitu.


Setelah selesai tindakan, aku diberikan sikat gigi pepsodent dan juga pasta giginya oleh beliau, dan tak lupa untuk foto juga ya. dibantu mbak-mbak yang juga menunggu panggilan untuk proses scalling giginya. 


Oh ya, selama proses scalling, ada mas-mas kameraren yang keliling di ruangan untuk mendokumentasikan para pasien yang melakukan perawatan.  


Saat dan Setelah Proses Scalling Gigi


Saat pembersihan karang gigi tidak terlalu sakit ya. Hanya saja untuk karang gigi yang membandel perlu sedikit waktu dan itu tindakannya bikin ngilu sampai merem-merem. Tapi setelahnya bikin lega banget. Setelah selesai scalling, tidak boleh untuk makan atau minum selama kurang lebih 10-15 menit. Dan bisa saja setelah scalling ada rasa ngilu saat makan. Tapi bisa diantisipasi dengan memakai pasta gigi sensitive. Namun hal ini berlangsung kurang lebih 2-3 hari.


Anyway, aku berterima kasih banget dengan Pepsodent yang telah menyelenggarakan Perawatan Gigi Gratis ini. Semoga event yang serupa tetap ada. Terima kasih juga untuk para pelayanan yang diberikan oleh RS Gigi dan Mulut Universitas Jember. Sekalipun saat awal-awal aku izin ingin mendokumentasikan kegiatan sempat tidak diizinkan kecuali atas izin dokternya. Tapi begitu ketemu dokternya, beliau dengan welcome mempersilakan.


Nah, sobats. Itu dia pengalaman pertamaku scalling gigi yang insyaallah di 6 bulan kemudian kalau tidak ada halangan juga perlu dilakukan pembersihan lagi. Semoga informasi ini bermanfaat. Kalau kamu sudah pernah scalling atau ke dokter gigi kah? Boleh donk sharing apapun terkait hal ini di kolom komentar ya. 


Terima kasih telah membaca dan berkunjung ke artikel ini. Feel free to drop your comments.

With Love💕💕💕

Rohmah


18 komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^
  1. Mwskipun saya tinggal di Jember, Saya malah belum pernah mencoba perawatan di RSGM Universitas Jember. Kalau sekedar masuk sudah berkali-kali. apalagi lewat setiap hari

    BalasHapus
  2. Jadi pingin scalling Gigi juga
    Udah lama gak perawatan, khususnya keganggu pandemi kemarin
    Program Pepsodent sampai pelosok gak ya?
    Karena saya sekarang pindah ke pelosok

    BalasHapus
  3. Jujur, aku itu selalu takut ke dokter gigi. Mikirnya udah parno duluan, takut sakit, cuma baca ini kayak langsung mau coba akh. Apalagi dapat perawatan gratis. Semoga ada lagi ah, penasaran seperti ini, kemarin maju mundur mau coba, akh, menyesal jadi nya (T_T)

    BalasHapus
  4. wah scalling gratis, OK banget nih mbak karena kalau bayar itu bisa ratusan ribu loh.

    BalasHapus
  5. Iya sih. Aku juga rasanya sudah waktunya Scalling gigi. Cucok banget kali ya ikut programnya Pepsodent ini. Di rumah juga pakenya pepsodent sih.

    BalasHapus
  6. Mbak, aku pingin scalling tapi takut ngilu, dan karena aku ngga pernah sakit gigi jadi belum pernah ke dokter gigi dong...
    Padahal BPJS kayaknya juga ada fasilitas untuk scaling tapi aku butuh mental yang kuat nih kayaknya...
    Thanks infonya ya mbak,,,,

    BalasHapus
  7. Ini program nasional bukan Mbak? Apa masih berlangsung? Pengen nyobain buat anak lanang saya yang malas banget pergi dan periksa ke dokter gigi. Sering harus disadarkan soal pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

    BalasHapus
  8. Ini informasi bermanfaat sekali. Saya menyadari pentingnya kesehatan gigi setelah pindah ke Amerika karenaa... Kalau sampai sakit gigi di sini, biayanya mahal banget 😅 Bersihin karang gigi tanpa asuransi dan cuma kanan atas, habisnya $300an (Rp 4.5 juta). Pakai asuransi, bayarnya setengahnya :')

    BalasHapus
  9. Wah, keren sekali program yang diadakan Pepsodent ya, Mbak. Jadi karang gigi bisa dibersihkan. Menyambut bulan Ramadan, gigi sudah bersih. Terus sambil dibersihkan, diberikan juga informasi-informasi seputar perawatan gigi.

    BalasHapus
  10. Wah aku juga scalling ke dokter gigi berkat pepsodent mbak. Pertama kali ke dokter gigi nih. Seumur hidup sampai tua gini lom pernah. Untung dokternya baik dan ramah. Jadi malu sendiri

    BalasHapus
  11. Keren nih program dari Pepsodent! Btw, aku sering bingung kalau dokter gigi ngajak ngobrol pas lagi tindakan. Huhu...gimana mau ngejawabnya kalau mulut lagi mangap?

    BalasHapus
  12. Iya, Ma..
    Aku juga pernah ke rumah sakit salah satu universitas di Bandung yang ada jurusan drg-nya. MashaAllah~
    Memang beda banget penanganannya ketika menggunakan dana pribadi atau sebagai pasien praktikum bagi mahasiswa.

    HUhuhu...gak lagi-lagi ke dokter gigi sebagai bahan percobaan mahasiswa.
    Sakitnya bikin menderita berhari-hari ((sorry, ini gak lebai, huhuhu)). Kalau bayar, sakitnya sak kicepan, beres.

    Alhamdulillah~

    BalasHapus
  13. Kok asyik nih bisa scalling free? Bisa buat anak juga ya kyknya?
    Emang sebaiknya sering2 ke dokter gigi buat cek berkala minimm 6 bulanan deh, tapi emang kdng kendalanya di biaya (aku tuuhh wkwk). Jadi kalau ada yang free2 gini kudu dimanfaatkan yaaa. TFS infonya.

    BalasHapus
  14. Wah senangnya ada program scalling gigi gratis dari pepsodent ini
    Membantu kita merawat kesehatan gigi

    BalasHapus
  15. Saya belum pernah nih scalling gigi tapi selalu pengen biar bersih juga. Kegiatan begini bagus banget donk buat gigi makin bersih dan kesehatan gigi terjaga juga ya.

    BalasHapus
  16. Wah keren ada scalling gratis. Biasanya kalo ke dokter bayarnya mayan. Hehe. Bisa dicoba nih buat yang deket jember

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengeeen juga, tapi apa daya karena tinggal jauh dari kota jadi agak susah kalau mau perawatan gigi gratis gini, apalagi cuma modal beli pepsodent dua doang

      Hapus
  17. Enak banget bisa scalling hanya dengan beli dua bungkus pepsoden. Pengeeennn. Udah hampir setahun nggak scalling gigi nih akuuu.

    BalasHapus

Chingudeul