‎ ‎

Sebuah Asa untuk Diri Sendiri dan Kumpulan Emak Blogger (KEB) dalam Merayakan Hari Blogger Nasional


Hari Blogger Nasional 2023

Bismillaahirrohmaanirrohim

Halo sobats.... tidak ada yang menyadari bahwa hari ini adalah hari terakhir challenge yang digagas komunitas Kumpulan Emak Blogger (KEB) dalam rangka menyambut perayaan Hari Blogger Nasional yang bertepatan pada hari Jum’at, tanggal 27 Oktober 2023 lusa. Namun, apakah kamu telah menyadarinya? Kalau saya justru tidak. Karena merasa, secepat inikah??? Padahal awal-awal tulis untuk tema pertama itu struggling banget. Hingga berlanjut hari berikutnya yang alhamdulillah bisa terlewati dengan baik.

Untuk tema di akhir challenge #NgeblogAsyikBarengKEB ini, tema yang diangkat yaitu: “Hari Blogger Nasional, harapan untuk diri sendiri, dan KEB ke depan”. Jadi, sepertinya tema ini saya akan banyak mengurai cerita dan juga harapan yang ditujukan untuk para blogger, diri sendiri, maupun untuk Kumpulan Emak Blogger (KEB). Namun sebelumnya saya akan membuat kesan sekaligus alasan saya mengikuti challenge menulis selama 7 hari ini. 

5 Alasan Mengikuti Challenge 7 Hari #NgeblogAsyikBarengKEB

Saya mengetahui postingan KEB ini dari salahsatu instagram story yang dibagikan salahsatu teman blogger. Tapi saya lupa nama akunnya. Dari sanalah saya bisa mengetahui bahwa KEB telah menyelenggarakan challenge untuk para blogger dalam rangka menyambut Hari Blogger Nasional. Awalnya saya ragu. Sebab sudah lama tidak menulis blog. Apakah saya bisa? Apakah bisa tetap komitmen hingga tema akhir? Dan ini adalah alasan saya memutuskan mengikuti challenge #NgeblogAsyikBarengKEB.

1. Melatih Kembali Menulis Blog

Jujur, sejak ibu mertua meninggal di bulan Juni lalu saya seperti tidak memiliki semangat untuk menulis blog. Bukan dijadikan alasan ya. Hal ini masih jadi penyesuaian keadaan saat ada ibu mertua dan sebelum, yang mana biasanya ada 2 perempuan di rumah. Jadi ada 1 perempuan bersama 3 laki-laki. Sebenarnya ide untuk menulis ada, bahkan bahan pun ada. Tapi ujung-ujungnya tidak dilanjutkan menulisnya dan dibiarkan jadi file word tanpa ada isi, hanya judul saja.


Untuk itulah, ketika saya mengetahui ada challenge ini, seketika saya jadi merasa ada angin segar agar langkah ini bisa menjadikan saya bisa lebih semangat memperbarui artikel yang ada di blog. Baik dari tema apapun. Yang tentunya isinya bisa berguna bagi siapapun yang tengah berkunjung kesini.


baca juga: Narablog Kok Lama Tidak Update Blog? Inilah Penyebabnya

2. Belajar Konsisten dan Komitmen dengan Tujuan Awal

Pernah saya ikut challenge di instagram namun gagal. Ikut challenge menulis blogpost juga pernah ada yang gagal karena tidak semangat di pertengahan jalan. Namun kemarin sebelum memantapkan hati mengikuti challenge ini, saya sudah tanamkan dalam diri sendiri. “Ayo bisa yuk, tulis artikel organik dan menghidupkan kembali blog dengan tulisan baru. Jangan hanya titipan saja,”. Mungkin karena itulah, saya terpacu supaya bisa lolos hingga akhir tema challenge. 


Konsisten menulis dari hari ke hari sesuai tema, dan juga komitmen bisa diselesaikan tiap harinya. Apalagi terkait syarat dan ketentuan yang telah tertulis di postingan yang KEB bagikan di instagram.


3. Menantang Diri Sendiri dengan Menulis sesuai Tema yang Telah Ditentukan

Kalau biasanya ingin menulis artikel blog ya cukup tulis saja semau kita, melihat stok bahan atau ide yang tiba-tiba bermunculan. Lalu, bagaimana jika mengunggah artikel dengan tema yang telah ditentukan? Hal ini jadi challenge tersendiri. Sebab, saya bisa bebas eksplor menulis apapun berdasarkan tema tersebut. Terbukti tema kelima cukup sulit. ehhee


4. Mengatur Manajemen Waktu yang Tepat untuk Menulis Blog

Ini adalah salahsatu hal yang saya pikirkan di awal-awal. Apa saya bisa? Bagaimana cara mengatur waktunya. Eh ndilalah di hari pertama saja saya hampir ketinggalan kereta. Beruntung masih bisa mencapai untuk selesaikan tulisan di hari tersebut.


Walau sebenarnya ragu, ini bisa tidak ya selesai sebelum jam 00.00 ini. Tapi saya menepis itu dengan mengakali menyelesaikan artikel terlebih dahulu, baru kemudian membagikan ke lini masa Instagram dan Facebook Grup setelah jam 00.00. Ternyata saya bisa melalui itu.


baca juga: Menjadi Blogger dengan Support System

5. Blogwalking ke Tulisan Teman-Teman Yang Juga Ikut

Secara tidak langsung saya juga akan berkunjung ke tulisan teman-teman yang juga mengikuti challenge yang sama. Walau tanpa meninggalkan jejak, saya jadi tahu prespektif lain dari tema yang telah ditentukan.

Harapan di Perayaan Hari Blogger Nasional 

Untuk Diri Sendiri dalam Merayakan Hari Blogger Nasional

Semoga Hari Blogger Nasional 2023 ini bisa membawa semangat baru untuk saya agar lebih mengingat lagi awal-awal menulis blog tujuannya untuk apa? Ya, membagikan apapun informasi yang sekiranya dibutuhkan oleh pembaca melalui artikel yang saya tulis. Untuk itu, jangan berhenti di sini ya menulis artikelnya. Lanjutkan hari-hari berikutnya dengan tulisan baru di blog ini.

Jangan berhenti belajar yang berkaitan dengan blogging. Entah itu mengenai Google Analytics, cara menaikkan dr, DA, PA, ahrefs, SEO, dan banyak lagi yang harus kamu pelajari. Jika telah mengikuti kelas, jangan lupa bagikan melalui rumah maya ini. Supaya mereka-mereka yang membutuhkan bisa terbantu dengan informasi yang saya bagikan.

Semangat berjejaring dengan komunitas blogging. Serap ilmu sebanyak-banyaknya, bertemu dengan para blogger yang sebelumnya hanya ada di interaksi, bisa saling tukar sapa secara langsung. Jangan lupa, kosongkan gelasnya ya.

Untuk Komunitas Kumpulan Emak Blogger (KEB) di Hari Blogger Nasional

Di tahun 2023 ini akhirnya saya merayakan Hari Blogger Nasional dengan Kumpulan Emak Blogger (KEB) yang diawali dengan menulis 7 artikel berdasarkan tema yang telah ditentukan. Untuk itu, harapan bagi KEB di ulangtahun blogger ini yaitu: Semoga dengan hadirnya KEB, menjadi wadah bagi para perempuan untuk bertumbuh dan bisa mendapatkan ilmu baru baik dari tulisan yang dibagikan antara blogger satu dengan yang lain. Atau melalui narasumber yang biasa KEB adakan di linimasa.

Semoga challenge yang serupa bisa tetap ada dan diselenggarakan kapan saja. Entah ada hadiah, atau hadiah seru-seruan. Agar bisa men-challenge diri sendiri, sekaligus ada artikel yang akhirnya bisa tayang karena tantangan yang KEB buat.

Atau kedepannya, semoga KEB bisa mengadakan kelas bagi para blogger dengan kualifikasi tertentu untuk belajar hal-hal yang berkaitan dengan blogging. Hingga berharap nantinya akan ada di mana KEB mengadakan tour ke berbagai kota yang mayoritas membernya banyak. 

Ada banyak untaian harapan yang dilangitkan baik untuk diri sendiri dan juga komunitas yang telah menaungi saya berbagai artikel sekaligus bersilaturahmi melalui tulisan dari teman-teman blogger melalui KEB. Yang pasti harapan utamanya tetap satu, yaitu: TETAPLAH MENULIS. TULISLAH APA YANG INGIN KAMU TULIS.

Finally

Lulus untuk menantang diri sendiri dalam 7 tulis artikel ditentukan KEB. Saya sangat berterima kasih dengan Kumpulan Emak Blogger. tanpa challenge yang diberikan, saya tidak tahu kapan akan memulai. Saya ingin tulisan ini bukan jadi tulisan yang hanya untuk menyelesaikan tantangan. Melainkan tulisan ini bisa menjadi hal baik agar saya bisa tertantang untuk menulis kembali artikel-artikel lain, dengan manajemen waktu yang telah saya tentukan.

Semoga artikel yang saya tulis ini bermanfaat.

Mari kita semarakkan perayaan Hari Blogger Nasional dengan tulisan-tulisan positif. Dan juga harapan-harapan yang diinginkan di masa mendatang.

Terima kasih telah membaca artikel ini, jangan lupa untuk tinggalkan komentar di kolom yang telah disediakan. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Blessed

Rohmah


Ngeblog Asyik Bareng KEB Logo


1 komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^
  1. Aku sampe ga ingat kapan join Ama KEb, yg pasti seneeeeeeng gabung di komunitas emak2 ini 😄👍. Apalagi sempet kenal Ama Ranny salah satu admin, ketemuan di solo. Ramah banget.

    Wadah blogger seperti ini aku butuhin utk sharing tulisan dan juga buat nambah jejaring. Rasanya kalo bisa ketemuan dengan banyak blogger itu happy sih mba. Kalo ga join begini, mana aku kenal bloggers hebat lainnya.

    Sebagai orang yg suka banget nulis blog, aku kdg juga sedih liat bloggers yg udah ga aktif. Makanya seneng kalo ada kompetisi begini, walopun aku ga bisa ikut Krn Niche blog yg ga memungkinkan, tapi aku suka baca tulisan2 temen yg ikutan. Berharap sih jadi bisa aktif lagi blog. 😄❤️

    BalasHapus

Chingudeul