‎ ‎

Selamat Hari Blogger Nasional 2023

 
Selamat Hari Blogger Nasional 2023


Bismillaahirrohmaanirrohim

Halo sobats, di hari Jum’at, 27 Oktober 2023 ini merupakan hari yang sangat spesial untuk saya. Terlebih berhubungan dengan salahsatu aktivitas yang menjadi self healing karena belum bisa kuliah saat itu. Hari tersebut sesuai dengan judul artikel menjelang jam cinderella sekarang ini, yaitu: Hari Blogger Nasional 2023. Ya!!! 

Sekalipun memasuki jam-jam pergantian hari, saya tidak ingin diam sambil mengamati teman-teman blogger dan komunitas blogger yang tengah merayakannya juga. Ya, meski demikian saya juga ingin turut serta berbagai tulisan yang sekiranya berguna bagi blogger atau pembaca yang berkunjung di situs ini.

baca juga : Sebuah Asa untuk Diri Sendiri dan Kumpulan Emak Blogger (KEB) dalam Merayakan Hari Blogger Nasional

Sebelumnya saya bingung mau tulis apa ya untuk perayaan Hari Blogger Nasional tahun ini. Karena biasanya memang saya jarang membuat tulisan, kecuali ada lomba atau tantangan menulis begitu. Berhubung kemarin ada challenge dari Kumpulan Mak Blogger (KEB) selama 7 hari, saya tidak ingin langsung berhenti nulis lagi begitu loh. 

Oleh karena itu, saya memanfaatkan ajang perayaan Hari Blogger Nasional 2023 dengan tulisan yang berkaitan dengan blogger atau narablog. 

Quote dalam Buku Blog at First Sight untuk Perayaan Hari Blogger Nasional 2023

Di tahun 2022 saya pernah mendapat buku antologi dari Mba Siti Mustiani yang juga merupakan blogger Pontianak. Buku ini berisi kisah inspiratif dari 20 blogger Indonesia yang mana beberapa nama-nama blogger ini tentu tidak asing. Terlebih bagi yang kerap kali berkelana di jejaring lini masa dan mengikuti komunitas blogger. 

Buku Blog at First Sight

Buku dengan judul “Blog at First Sight” ini terbit pada Januari 2022 dan diterbitkan oleh CV. Dandelion Publisher dengan No. ISBN: 978-623-373-194-2. Di dalamnya terdapat vii+142 halaman dan dimensi buku 14,5 x 20,5 cm.

Ditulis oleh 20 Blogger Nasional di antaranya: Mutia Ramadhani, Janu Muhammad dan Sulistiana Febriawati, Andri Marza Akhda, Jihan Mawaddah, Lintang Gumilang, Priyo Harjiyono, Rini Novita Sari, Romy Syawal, Supadilah, Alto Refa Chandra, Nabila Ghaida Zia, Siti Mustiani, Adhi Nugroho, Firmansyah, Muhammad Nur Handayat, Adhi Hermawan, Ferry Aldina, Naqiibatin Nadliriyah, Joko Yugianto, Rizka Edmanda.

Kalau dari nama-nama di atas, jujur saya masih mengetahui setengahnya saja. Kalau mengenalnya mungkin hanya sebagian juga sih. Hal itu dikarenakan biasanya terkumpul dalam satu proyek job menulis blog, hingga karena sering berinteraksi di grup komunitas blogger yang sama.

baca juga: Narablog Kok Lama Tidak Update Blog? Inilah Penyebabnya

Mengapa di Hari Blogger Nasional 2023 ini saya menulis sedikit ulasan dari buku antologi para blogger? Sebab di dalam buku ini terdapat beberapa kata mutiara yang bisa menjadi inspirasi untuk para blogger lainnya yang belum membaca bukunya. Pas di momen yang tepat, maka dari itu saya ingin membagikannya malam ini juga. Simak hingga akhir ya.

Kata-Kata Inspiratif dalam Buku Blog at First Sight

1. Mutia Ramadhani

Blogging adalah sebentuk komunikasi yang lebih santai ketimbang news writing. Blogger cenderung menawarkan opini  dan analisis pribadi yang bisa ditautkan dengan berita atau informasi dari media arus utama. Saat mengulas produk dari brand perusahaan misalnya, blogger harus menuliskan harapan, tak sekadar kelebihan dan kekurangan produk semata. Harus ada objektivitas yang akhirnya membawa kepercayaan pembaca pada apa yang ditulis. – Halaman 6

Cara Menjadi Blogger Produktif sekaligus Ibu dan Istri:

  • Tetapkan target dan tujuan spesifik
  • Perlakukan menulis layaknya pekerjaan
  • Manfaatkan kesempatan apapun untuk menulis
  • Tak perlu memilih karena kita bisa melakukan keduanya ~ Halaman 8-10


2. Janu Muhammad dan Sulistiana Febriawati

Sejuta manfaat saya rasakan dari ngeblog saat masih kuliah. Saya yang awalnya ngeblog hanya iseng, tidak ingin profil pribadi dikenal banyak orang, ternyata memetik hasil sepadan. Saya membuktikan personal branding itu berawal dari blog.................... Life changing moment di beberapa tempat itu bagai pelita yang menyalakan mimpi saya lebih tinggi lagi. ~ halaman 14

..... saya ingin menjadi bagian dari produk Indonesia, identitas negara kita sendiri. Sementara istri juga masih aktif blogging, kini saya sedang memperbaiki blog kembali agar lebih bermanfaat. – Halaman 18

Sebagai couple blogger, kami percaya bahwa pembagian peran begitu penting. Terutama manajemen waktu. ~ Halaman 19

Kami ingin tetap merawat blog. Kuncinya, luangkan waktu. Blog adalah rumah yang membesarkan kami, memantik ide-ide kami, memacu untuk terus menulis, berbagi, dan menginspirasi. ~ Halaman 19


2 komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^
  1. tetap semangat dan selalu eksis ngeblog na :)

    BalasHapus
  2. kuncinya waktu, setuju banget.
    kadang sudah ada ide cerita tapi nggak ada waktu buat nulis,, susah juga
    dan lagi lagi konsistensi yang harus kita taati

    BalasHapus

Chingudeul