‎ ‎

Rekomendasi Ide Jualan Online dari Rumah dengan Lazada

Ide Jualan Online


Bismillaahirrohmaanirrohim

Dalam sebuah kata-kata mutiara yang saya kutip dari Richard Branson, "Peluang bisnis itu seperti bus, selalu ada yang datang." Namun hal ini benar adanya loh. Biasanya karena memperhatikan hal-hal yang terjadi di sekitar. Ada saja ide segar untuk bisa membuka bisnis secara tiba-tiba jadi terpikirkan. Bedanya, kadang ada yang dieksekusi, kadang hanya menguap begitu saja.

Untuk memulai bisnis tidak harus langsung dengan skala besar. Bisa dimulai dengan hal sederhana yang mudah untuk dikerjakan. Yakinlah jika konsisten berjalan dalam bisnis tersebut, akan ada waktunya bisa berkembang dan jadi lebih besar, selama bisa bertahan dalam jalan itu.

Jika masih belum berhasil atau perlu perjuangan panjang, setidaknya sudah melakukan hal-hal produktif yang memberi banyak pelajaran dan terus belajar. Apalagi untuk seorang wanita yang sudah menikah dan memilih untuk berada di rumah.

Menjadi produktif dan berdaya dari rumah saja bisa dilakukan bagi siapapun yang ingin bergerak. Termasuk untuk perempuan. Selain bisa memiliki kontribusi terhadap ekonomi keluarga, pun juga bisa memberikan kepuasan pada diri sendiri.

baca juga : Menjadi Beautypreneur yang Sukses dengan Raena

Untuk mendapat pemasukan dari rumah ini bisa dari beragam cara. Misal: bekerja paruh waktu, usaha kecil dari rumah, atau jualan online. Hal ini tinggal disesuaikan dengan kemampuan baik dari preferensi maupun situasi masing-masing.

Pada suatu hari sepupu saya bertanya apakah punya rekomendasi ide jualan dari rumah, baik offline maupun jualan online? Hal ini dikarenakan dia ingin memiliki pemasukan sendiri di luar uang yang didapat dari suami. Disitu saya pun membagikan beberapa ide jualan yang tentunya juga disesuaikan dengan kondisi sepupu saya yang masih memiliki batita. Di antara ide jualan tersebut sebagai berikut:

7 Ide Usaha dari Teras Rumah

Ide Jualan

Memiliki teras rumah yang cukup luas bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha kecil-kecilan agar bisa mendapatkan pemasukan. Selain bisa lebih hemat modal, juga bisa dikembangkan secara online. Pun masih bisa disambi mengerjakan pekerjaan rumah yang tidak perlu khawatir akan keteteran urusan rumah tangga. Memang ada banyak ide usaha dari teras rumah yang mungkin serupa, namun rezeki tidak akan pernah tertukar jika telah ikhtiar. 

Di antara ide jualan dari teras rumah, antara lain:

1. Usaha Pulsa dan PLN Listrik

Mungkin usaha ini sudah banyak jenisnya, namun tidak ada salahnya untuk mencoba sekalipun keuntungan tidak seberapa, namun cukup menjanjikan. Terlebih jika dapat deposit pulsa yang murah.

2. Usaha Laundry Pakaian

Jenis usaha ini bisa meringankan beban ibu-ibu dengan kesibukan di luar rumah atau yang tidak memiliki asisten sehingga tidak sempat untuk mencuci pakaian. 

3. Usaha Jus Buah

Membuka usaha jus buah bisa menarik pembeli dari kalangan anak-anak. Jangan lupa sediakan minuman sachet juga.  Bisa juga upgrade jadi jualan online dengan mendaftarkan pada platform online.

4. Usaha Minuman Kekinian

Sekalipun usaha seperti ini menjamur, namun dari segi pasar akan tetap ada peminatnya. Apalagi jika dipromosikan secara online. Untuk jangkauan lebih luas selain dari sekitar rumah.

5. Usaha Kuliner

Beragam usaha kuliner yang bisa dipilih. Sesuaikan dengan makanan yang bisa dimasak. Seperti tahu walik, siomay, mie ayam, seblak, tahu kocek, sosis goreng, dan sebagainya.

6. Usaha Cetak Undangan

Punya printer di rumah? manfaatkan saja untuk usaha cetak undangan. Apalagi kalau punya kemampuan design, bisa dikembangkan jadi ide jualan online. Seperti yang saya pilih saat sekarang di rumah.

7. Usaha Sewa Pakaian Adat Tradisional

Salahsatu usaha milik teman yang bisa kamu terapkan nih. Sasarannya untuk anak-anak. Biasanya ramai pesanan ketika ada hari besar nasional, hingga karnaval. 


7 Ide Jualan Online dari rumah

Selain bisnis dengan memanfaatkan teras rumah, cara jualan online berikut ini juga tetap bisa dilakukan di rumah. Apalagi jika memiliki ketertarikan pada produk yang akan dijual. Misalkan karena hobi, kemampuan, atau justru kebutuhan. Maka bukan tidak mungkin jenis bisnis dari rumah ini ditambah tahu cara jualan online yang baik, bisa menghasilkan pemasukan. Di antara ide jualan online tersebut antara lain:

1. Snack Kiloan

Hobi makan cemilan, bisa banget buka usaha jualan online snack kiloan yang bisa dipasarkan baik offline maupun online. Snack ini seperti: kerupuk seblak, keripik pisang, dan lainnya

2. Sayur Online

Memilih menu masakan untuk esok hari adalah hal yang sangat bikin bingung. Beruntung kalau kamu mau membuka usaha sayur online yang tiap packing sudah siap diolah menjadi masakan tertentu. Atau dengan jual sayur segar online per satuan.

3. Kerajinan dari Bahan Bekas

Punya keahlian merangkai kerajinan dari bahan bekas? Gunakan peluang ini untuk ciptakan produk baru yang berguna bagi pemiliknya. Seperti dibuat tas, hingga dekorasi, dan lainnya.

4. Bucket Snack atau Uang

Suka bekreasi? Bisa banget manfaatkan kemampuan kamu untuk buat bucket dengan snack atau uang baik dibikin saat ada pesanan, atau untuk stock. Bisa dipromosikan secara online pakai aplikasi jualan online, hingga offline juga.

5. Mainan Bekas

Ada orang yang kadang masih ingin mengenang masa lalu dengan mengumpulkan mainan di masa kecil. Kesempatan ini bisa kamu gunakan untuk menjual produk mainan bekas jadul dalam platform online. Tak jarang harganya selangit loh.

6. Baby Bio

Untuk para orangtua yang baru menghadirkan generasi baru biasanya ingin mengabadikan momen kelahiran sikecil dalam pigura. Dalam pigura tersebut berisi baby bio dari nama, tanggal lahir, dan semacamnya. Seperti jenis bisnis dari rumah yang juga saya kerjakan saat ini.

7. Reseller atau Dropshipper

Ingin memanfaatkan gawai dan internet tanpa stock barang di rumah? Menjadi Reseller atau Dropshiper bisa jadi pilihan. Tinggal pintar-pintar promosi di berbagai platform media sosial dengan tambahan copy writing.


Cara Jualan Online untuk Pemula

Kamu berniat ingin jualan online? Tips berikut bisa jadi panduan untuk kamu mulai menerapkan cara jualan online dari rumah atau hanya dari gawai saja. Di antaranya:

1. Tentukan produk yang tepat

Kenali produk dengan baik dan keunikannya dari produk kompetitor lain.

2. Riset Pasar yang relevan dengan produk

Hal ini membantu mempelajari kebutuhan pasar atau preferensi pelanggan.

3. Identifikasi target audiens

Ketahui siapa yang akan membeli produk kamu.

4. Buat perencanaan dari strategi pemasaran dan anggaran

Membuat rencana bisnis mengcakup tujuan, cara pemasaran, media promosi, anggaran, ekspedisi pengiriman, tata kelola keuangan.

5. Gunakan gambar orisinal milik pribadi dan deksripsi yang detail

Pastikan foto produk berkualitas milik pribadi dengan keterangan deskripsi yang jelas.

6. Berikan pelayanan yang baik

Usahakan untuk menanggapi pertanyaan pelanggan dengan cepat

7. Konsisten

Jualan online butuh kesabaran serta konsisten tinggi atau dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. 

8. Tentukan platform yang akan digunakan

Promosikan produk lebih luas dengan platform jualan online yang tepat. Terlebih jika terdapat aplikasi jualan online bagi seller atau penjual seperti Lazada Seller Center.


Yuk Jualan Online dengan Menjadi Seller Lazada

Cara Jualan Online di Lazada

Kalau kamu telah memiliki produk yang siap untuk jualan online. Maka kamu bisa gunakan cara jualan online dengan memanfaatkan toko online Lazada yang merupakan Platform e-commerce berjualan online No-1 di Indonesia yang cara daftar dan penggunaanya cukup mudah. Sebab terdapat aplikasi jualan online yang telah disediakan melalui aplikasi Seller Center. 

Nah cara daftarnya bagaimana, simak berikut ini:

  1. Install aplikasi “Seller Center” di Playstore atau Appstore
  2. Kamu juga bisa akses link berikut pada mesin pencari : https://sellercenter.lazada.co.id/apps/seller/
  3. Buat akun penjual dengan menggunakan akun pembeli atau register manual
  4. Buat akun dengan identifikasi nomor hp beserta email
  5. Akun Seller Lazada telah selesai dibuat
  6. Lengkapi data-data yang diperlukan seperti:
  7. - Alamat jualan online agar mudah diketahui oleh pembeli
  8. - Tambahkan tanda pengenal dari KTP dan Rekening Bank
  9. - Unggah produk
  10. Atur nama toko
  11. Unggah logo toko
  12. Siap monetisasi toko dari aplikasi jualan online Seller Lazada


Mempelajari Cara Jualan Online dari Situs Yuk Jualan Online

Yuk Jualan Online

Sekalipun sudah tahu prosedur bagaimana cara jualan online, tidak afdol jika tidak mengasah kembali hal-hal yang berkaitan dengan cara jualan di Lazada ya. Namun kamu tidak perlu khawatir, sebab ada situs yang sangat membantu dalam hal ini. Yaitu situs Yuk Jualan Online yang terdapat informasi menarik dan bermanfaat dalam jualan online.

Salahsatu artikel yang menjadi panduan sekaligus tips sebelum saya menentukan akan unggah produk di aplikasi Seller Lazada adalah tentang “3 tujuan penting analisis peluang usaha sebelum berbisnis”. Yang saya kutip dari situs Yuk Jualan Online, 3 tujuan analisis peluang usaha tersebut antara lain:

  1. Untuk menilai kelayakan bisnis
  2. Identifikasi risiko dan peluang
  3. Perencanaan strategis dan pengambilan keputusan

Di situs Yuk Jualan Online ini juga banyak artikel baik tentang tips-tips yang kesemuanya berguna sebagai wawasan bagi seller agar semakin naik level terlebih dalam cara jualan online serta sebagai panduan dalam strategi melakukan bisnis online.

Setelah membaca beberapa artikel di situs Yuk Jualan Online, saya mendapatkan insight atau manfaat yang bisa saya terapkan untuk bisnis online atau jualan online saya. Manfaat tersebut yaitu:

  1. Ternyata bisnis online itu ada jenis dan metodenya sehingga di sini dijelaskan seperti apa dan bagaimana cara efektif dalam berbisnis online
  2. Mengetahui cara menarik minat calon pembeli dengan beberapa hal seperti dari packing hingga desain kemasan 
  3. Dijelaskan cara memasarkan produk dengan memanfaatkan sosial media untuk membangun sebuah citra dari produk hingga penggunaan aplikasi seperti live streaming maupun piranti yang dibutuhkan
  4. Mendapatkan inspirasi terkait ide bisnis online ataupun ide usaha terkini sekaligus diberikan informasi mengenai bisnis tersebut yang bisa dicoba 
  5. Untuk pemula yang ingin menjalakan bisnis amat sangat terbantu dengan beberapa tips yang diberikan di situs Yuk Jualan Online ini


Mulai Jualan Online dengan Lazada dan Tips dari Yuk Jualan Online

Cukup mudah kan, cara jualan online di Lazada? Apalagi dengan wawasan yang diberikan oleh situs Yuk Jualan Online dan Lazada. Hal ini bisa jadi panduan sebelum membuka bisnis online maupun selama jualan online. Terlebih ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan selama jadi Seller Lazada. 

Dengan berbisnis atau jualan online, maka akan ada keuntungan yang didapat yang berguna dalam membantu sumber pemasukan dalam keluarga, dibuat tabungan berupa investasi jangka waktu dekat, atau panjang, atau untuk kebutuhan dalam mengembangkan bisnis yang telah dijalankan.

Yuk mulai jualan online dari rumah bersama Lazada dan tips dari Yuk Jualan Online. Semoga hal ini jadi awal pemasukan dalam membantu kemandirian finansial dalam keluarga.

Semoga informasi ini bermanfaat, jangan lupa untuk tinggalkan komentar kamu di kolom yang telah disediakan. Apakah di antara ide jualan di atas tengah kamu geluti sekarang? Boleh banget share di kolom komentar ya.

Blessed

Rohmah


29 komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^
  1. Banyak banget ide bisnis yang bisa dipilih, ya. Tinggal gelar lapak di teras tambah jualan online di lazada, cuan deh

    BalasHapus
  2. jaman sekarang bisnis bisa dimana aja kapan aja ya mba, dimudahkan sekali, kayak teman anakku, dia masih kecil tapi bisa jualan online gantungan kunci custom, yang kelola toko online mamanya tapi produknya dia sendiri yang bikin, keren kecil2 sudah bisa berbisnis

    BalasHapus
  3. Bisnis cetak undangan ini memang punya peluang bagus, karena suka ada yang cari. Apalagi bisa juga dibukanya itu di rumah, jadi gak pusing mikirin sewa tempat ya

    BalasHapus
  4. Ide bisnisnya mantul semua, sekarang di tempatku lagi menjamur jualan minuman dingin dan semuanya gak ada yang kekuarangan pembeli.
    Apalagi kalau jualan online di Lazada juga, pasarnya semakin luas.

    BalasHapus
  5. Waktu pandemi, ada salah satu orangtua di kelas anak saya yang suka nawarin jasa sayur online. Banyak yang terbantu. Karena gak perlu ke luar rumah. Tinggal pesan di WAG, sayur pun diantar besoknya.

    BalasHapus
  6. Bantu banget nih keberadaan Lazada sebagai platform yang bisa digunakan oleh para ibu untuk berbisnis online. Bisa mengatur waktu sendiri yaaa klo bisnisnya dijalankan via online gini. Imbang antara tugas harian dengan alokasi waktu untuk mengembangkan bisnis.

    BalasHapus
  7. Jualan di Lazada tak sekadar jualan tapi juga dapat tips2 berdagang online gratisan ya. Padahal ilmu itu kalau di dapat di seminar2 bayarnya mahal tapi bisa dikasi Lazada free buat sellernya. Ini sih namanya mengajak maju bareng 2 yaa

    BalasHapus
  8. Usaha minuman kekinian tuh paling laris, meski yang jualan seabrek, tetapi selalu laku.Apalagi di musim panas membara gini, jualan offline online minuman juga diserbu :)

    BalasHapus
  9. Yuk kita jualan online. Ajakan yg keren nih, bisa banget dieksekusi tapi harus banyak belajar dulu buat saya, soalnya ilmu saya masih kurang.

    BalasHapus
  10. Banyak ya sebenernya ide jualan. Asal kitanya mau dan ulet. Mana modalnya juga gak perlu besar-besar. Apalagi kalo ikut bisnis di Lazada. Kepengen juga nih aku ikutan. Bisa disambil juga bisnisnya. Cari tahu lebih lanjut aaaah... Siapa tahu cocok dan bisa ngasilin banyak cuan.

    BalasHapus
  11. Banyak ya sebenernya ide jualan. Asal kitanya mau dan ulet. Mana modalnya juga gak perlu besar-besar. Apalagi kalo ikut bisnis di Lazada. Kepengen juga nih aku ikutan. Bisa disambil juga bisnisnya. Cari tahu lebih lanjut aaaah... Siapa tahu cocok dan bisa ngasilin banyak cuan.

    BalasHapus
  12. Usaha minuman kekinian lagi booming banget loh, dan laris deh. Aku aja pengen banget cuma belum ada kesempatan yang pas aja. Ide bisnis jaman sekarang lebih mudah jalan sebenarnya karena adanya ecommerce kayak Lazada ya

    BalasHapus
  13. Jual jasa ternyata juga bisa ya jadi ide bisnis jualan online dari rumah. Kulihat banyak lho orang-orang yang jual keterampilan mereka di Lazada, seperti jasa foto produk, jasa desain, dan semacamnya

    BalasHapus
  14. Ternyata sangat mudah untuk mulai jualan di Lazada. Apalagi mereka menyediakan pembelajaran bagi pemula tentang cara jualan online di Lazada. Siapapun bisa menambah penghasilan dari sini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya jadi gak kayak dibiarin jalan sendiri tapi juga kek dikasi edukasi melalui artikel2 gtu, Pastinya sangat bermanfaat sih kalau buat seller khususnya pemula.

      Hapus
  15. Jadi Ibu Rumah Tangga, meski dari rumah tetap bisa menghasilkan dong ya. Apalagi udah banyak ide bisnis gini ya, cusss tinggal langsung gaskeun aja dong. Apalagi di Lazada kita bisa banyak belajar ya, jadi walau seller baru tapi tetap bisa cepat bersaing dengan seller lama yang udah eksis dong ya.

    BalasHapus
  16. Boleh juga nih ide jualannya. Sekarang kalau mau jualan juga lebih praktis ya gak perlu modal besar buat siapin tempat jualan, cukup buka lapak saja di Lazada, prosesnya mudah dan cepat pula. Udah gitu ada berbagai benefit yang bisa didapatkan dengan join jadi seller Lazada.

    BalasHapus
  17. Akhir - akhir ini saya dan suami memang lagi kefikiran banget mau usaha apa gitu ya. Maklum lah anak tambah besar, tambah besar pula biayanya. Ya nggak maksud mengecilkan rezeki. Makasih tulisannya, sangat menginspirasi.

    BalasHapus
  18. Pas ini, banyak ide jualan online dari rumah bisa diwujudkan dengan memanfaatkan toko online Lazada yang merupakan Platform e-commerce berjualan online No-1 di Indonesia yang cara daftar dan penggunaanya cukup mudah sehingga membuka kesempatan bagi siapa saja.

    BalasHapus
  19. idenya jitu2 deh ini, aku pengin usaha selain makanan tuh adalah ke bucket snack gitu mba karena suka bikinnya. Ini ada tips2nya juga ya dari Lazada, menarik deh bisa dikasih tau ya buat pemula kayak aku untuk menjalankan bisnis tuh kudu seperti apa

    BalasHapus
  20. Ide banyak, konsisten jualan walaupun sedang sepi yg agak susah heuheue

    BalasHapus
  21. dulu aku pengen punya usaha jual pulsa, tapi malah ga kelakon hahaha
    terus punya cita cita pengen punya usaha laundry karena keseringan laundry sendiri
    sebenernya banyak ide ya buat jualann dari rumah, tapi semua balik lagi ke diri kita masing-masing, niat apa enggaknya

    BalasHapus
  22. Iyaya, caranya mudah sekali untuk memulai Jualan Online untuk Pemula di rumah.
    Jadi sekarang kebayang, di rumah pun bisa tetap menghasilkan dengan modal kuota internet.
    Pinginnya tuh memulai usaha dengan modal minim, mungkin kaya dropship atau jastip gitu kali yaa..

    BalasHapus
  23. Saya baru terjun ke bisnis jualan pulsa, paket data, listrik atau pembayaran digital lainnya. Pengen mencoba jual barang secara online juga nih. Apalagi ada Lazada sebagai eCommerce terbesar yang bisa menyebarkan jualan kita ke mana saja.

    BalasHapus
  24. Ide jualan dari rumah untuk para ibu rumah tangga ini sangat menjanjikan ya, apalagi diera digital seperti sekarang ini. Karena orang-orang sekarang lebih sering berbelanja secara online jugakan.

    BalasHapus
  25. Banyak banget ya ide jualan di rumah, baik itu secara offline yang bisa buka di teras atau garasi rumah, maupun jualan online yang cenderung mudah dan target marketnya bisa lebih luas. Tapi kita tetap harus belajar juga ya cara efektifnya agar jualan lancar dan laris maniiis.

    BalasHapus
  26. Seneng deh sekarang udah banyak platform yang bisa dimanfaatkan untuk lebih berdaya walau cuma di rumah aja. Semoga makin banyak yang memanfaatkan Lazada untuk mulai bisnis online-nya dari rumah.

    BalasHapus
  27. Memang yaa sekarang dimudahkan buat memulai bisnis online dari rumah saja...berasa banget kemudahannya kalau dulu jualan mesti ada toko atau nawar2in door to door sekarang tinggal rebahan dirumah jualan di Lazada

    BalasHapus
  28. paling suka bisnis kuliner karena rame pembeli :D

    BalasHapus

Chingudeul