Berikut 8 Cara yang bisa Kamu Lakukan untuk Membantu Sesama saat Pandemi Covid-19

Selasa, 28 April 2020

Kabupaten Jember, Jawa Timur, Indonesia

Cara membantu sesama saat pandemi Covid-19


Bismillaahirrohmaanirrohim ....
Ketika ada sebuah cobaan atau ujian yang menimpa sebuah negara tentu orang-orang akan dengan senang hati tergerak dalam membantu siapapun yangterdampak dari ujian tersebut. Tanpa melihat jenis kelamin, golongan, profesi, agama, dan lainnya. Apalagi ujian yang tengah terjadi di Indonesia saat ini.

Ujian yang tengah dihadapi Indonesia kali ini berupa kehadiran pandemi Covid-19 sejak 2 Maret 2020. Hingga saat ini, hampir 2 bulan menghantui masyarakat di Indonesia, yang mana telah menelan korban akibat penyakit virus corona SARS-CoV-2 dan berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat sehari-hari.

Ada berbagai pengaruh dari pandemi Covid-19 ini yang telah dirasakan oleh warga masyarakat. Seperti kehilangan anggota keluarga tercinta untuk selamanya, banyak usaha di berbagai sektor yang harus memutar cara supaya tetap bisa bertahan demi karyawan, hingga harus merumahkan karyawan, pekerja lepas yang tidak seramai jobnya ketika hari-hari normal, sektor pariwisata yang tidak ada pengunjung, hingga dampak lainnya yang menimbulkan kesulitan dan kerugian besar akibat pandemi covid-19 ini.

Nah, buat kita yang saat ini masih diberi kemampuan berlebih dan tidak terlalu berdampak seperti apa yang dirasakan saudara-saudara kita di sana, yang mungkin di tiap harinya bisa menghasilkan uang dari hasil jualan mereka, kemudian sepi pembeli. Bahkan yang mau makan buat sehari aja kesulitan gimana bisa dapatin makanan. Hal ini bisa menjadi sebuah pukulan dan ketukan untuk diri sendiri supaya lebih peduli dan mau melihat keadaan sesama yang ada di lingkungan sekitar kita.

Cara yang dapat kita lakukan mungkin ada yang sekedar remeh, namun, setidaknya hal tersebut mampu membuat mereka bisa lebih percaya diri akan dukungan yang telah kita berikan. Hingga cara lainnya yang dapat menjadi bentuk kepedulian kita kepada sesama untuk meringankan beban yang tengah mereka hadapi.

Pastinya, apapun bantuan maupun pertolongan yang kita berikan tidak akan sia-sia. Namun bisa berguna untuk masa depan. Sehingga seluruh masyarakat di Indonesia bisa menjalani kehidupan sehari-hari secara normal seperti sebelum kehadiran pandemi covid-19 ini.

Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa diterapkan di tempat tinggal kita untuk membantu sesama dimasa pandemi covid-19. Baik untuk saudara kita yang sedang menjalani karantina di rumah, atau untuk mereka yang masih harus menyambung hidup dengan mempertaruhkan nyawa mereka yang suatu waktu bisa saja terkena pandemi untuk beraktifitas seperti sehari-hari. Oke, let’s check this out

1. Menjalin Komunikasi dengan Keluarga hingga Teman yang Mengalami Kesulitan

Karena kebijakan pemerintah untuk melakukan sosial distancing, physical distancing atau jaga jarak, tentu intensitas bertemu keluarga yang jarak rumahnya agak jauh beberapa meter saja tidak bisa berjumpa. Apalagi untuk mereka yang tinggal di kota yang mana pemerintah daerahnya telah menerapkan lockdown maupun PSBB (Pembatasan sosial berskala besar). Tentu akan sulit akan bertemu.

Meski begitu, kita dapat terus menjaga komunikasi dengan keluarga yang mungkin juga berada di luar kota, luar pulau, hingga luar negeri. Bagaimana keadaan mereka saat ini, apakah masih bisa mendapatkan stok makanan di luar rumah. Kebijakan di daerah masing-masing, hingga pembicaraan lainnya yang bisa menjadikan saudara, kerabat, hingga teman yang ada di sana untuk tetap tenang dengan dukungan yang kita berikan. Komunikasi itu bisa berupa mengirimkan vidio, pesan, hingga melakukan video call, dan lainnya.

2. Memberikan Bantuan Makanan kepada Keluarga maupun Lingkungan Sekitar

Aku heran sama mereka yang sempat-sempatnya menimbun makanan untuk dikonsumsi pribadi, sedangkan di luar sana masih banyak yang membutuhkan makanan tersebut. Bahkan sampai stok habis diburu oleh mereka yang takut kehabisan makanan saat berada di rumah dan nggak bisa keluar.

Nah, buat kita yang alhamdulillah diberikan rizki lebih, it’s time for us untuk memberikan sebagian apa yang kita miliki kepada mereka yang membutuhkan dan yang terdampak sebab penyebaran pandemi covid-19 yang semakin luas.

Jika ingin memberikan bantuan makanan, kita dapat mengawali dari pemberian bantuan kepada keluarga terlebih dahulu. Menanyakan apakah mereka masih memiliki stok makanan atau tidak. Jadi nanti bisa dikomunikasikan bagaimana cara menyalurkan bantuan berupa makanan hingga bahan lainnya. Yang pasti tetap harus jaga kebersihan selalu. Apalagi kalau yang menerima makanan sudah lansia.

Selanjutnya, kita dapat memberikan bantuan kepada tetangga sekitar yang memang membutuhkan sekali uluran tangan kita. Entah jenis bantuan berupa makanan siap saja, bahan pokok, hingga uang bisa kita berikan semampu kita.

Apabila kita tidak bisa keluar karena kebijakan stay at home, dan nggak bisa turun ke lapangan langsung, kita dapat memberikan bantuan makanan atau apapun itu melalui organisasi atau mereka sedang mengumpulkan dana yang nantinya akan dibagikan kepada warga masyarakat yang membutuhkan bantuan tersebut.

3. Melakukan Donasi untuk Membantu Sesama

Dalam kondisi pandemi seperti saat ini, langkah apapun yang dapat bermanfaat untuk sesama selagi itu untuk kebaikan, tentu kita semua dapat mendukungnya. Seperti kita dapat melakukan pengumpulan donasi melalui sosial media yang kita miiliki dan berkoordinasi dengan lembaga bantuan sosial hingga organisasi yang akan menyalurkan bantuan tersebut.

Atau dengan adanya donasi yang diberikan mereka para follower hingga teman yang ada di sosial media, dapat kita salurkan untuk mereka yang harus tetap berjuang di tengah pandemi. Seperti misal yang dilakukan oleh salahsatu blogger panutanku juga mbak Pungky Prayitno. Kamu dapat langsung menuju instagramnya dengan nama @pungkyprayitno.

4. Berdonasi untuk Petugas Kesehatan

Tenaga medis merupakan pahlawan yang berada di garda depan dalam pandemi covid-19 ini. Mereka rela nggak makan, minum, hingga menahan untuk buang air kecil, besar selama beberapa jam ketika harus memakai APD (alat pelindung diri) saat merawat pasien yang positif terkena virus corona. Bayangkan jika itu kita, atau anggota keluarga kita. Ya mereka adalah saudara setanah air.

Para tenaga medis yang telah merawat pasien covid-19 juga rela nggak bertemu keluarga supaya tidak menularkan kepada anggota keluarga di rumah. Karena tenaga medis juga memiliki risiko untuk terkena virus ini. sehingga mereka memutuskan untuk tidak pulang terlebih dahulu.

Nah, bantuan yang dapat kita lakukan kepada tenaga medis ini, bisa berupa donasi pemberian APD (Alat pelindung diri), masker, handsanitizer, maupun makanan yang dibutuhkan mereka untuk tetap melayani pasien, dan bekerja secara maksimal. Apapun bentuk bantuan kita yang ditujukan kepada para tenaga medis akan sangat bermanfaat untuk keberlangsungan dan keefektifan mereka dalam merawat para pasien tersebut.

5. Membagikan Masker, Vitamin, Sembako, hingga Handsanitizer secara Gratis

Apabila di luar sana masih ada oknum yang tidak memiliki hati nurani dengan menaikkan harga masker, hingga handsantinizer di masa pandemi saat ini. Namun diluar sana juga ada yang masih mau membagikan semua itu secara suka rela. Dan jika kita belum mampu memberikan semuanya, kita dapat ikut berdonasi yang digalang oleh teman, hingga organisasi tertentu dalam rangka membantu masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan, salahsatunya dengan penggunaan masker kain secara sukarela.

 6. Membeli Bisnis Lokal di Sekitar Tempat Tinggal


Untuk membantu perekonomian yang tengah menurun untuk pebisnis lokal. Supaya mereka tetap bisa beroperasi di tengah pandemi, kita dapat membantu mereka dengan membeli produk yang dijual. Baik itu makanan, masker, dan lainnya. Kita juga dapat membantu mempromosikan produk mereka, supaya orang lain juga dapat membeli produk dari pengusaha tersebut. Dengan demikian bisa dikatakan kita ikut membantu keuangan mereka juga.

7. Mematuhi Kebijakan Pemerintah

Jika pemerintah mengatakan untuk memakai masker, ya pakai itu masker. Kalau jaga jarak, ya jangan berkumpul-kumpul dulu. Untungnya yang waktu tarawih pertama kali di mushola di dekat bumer tuh bisa dikasih jarak 1 meter tiap jamaah laki-lakinya. Yang cewek nggak :’(

Ya siapa tahu riwayat masing-masing orang kan. Dengan melakukan tindakan sesuai anjuran pemerintah, setidaknya kita juga dapat membantu saudara kita untuk tidak terkena virus tersebut. Seperti pula kebijakan untuk cuci tangan, penggunaan handsanitizer, pelarangan untuk mudik terlebih dahulu. Tentu itu juga ada manfaat untuk kesehatan dan keselamatan sesama kita.

8. Mendoakan Kepada Sesama

Kita dapat mendoakan siapapun yang terlibat dalam pandemi ini, dari pemerintah, tenaga medis yang utama, warga masyarakat, hingga keluarga kita, untuk diberikan kekuatan dan kesabaran supaya dapat melalui masa pandemi covid-19 dengan baik, dan semoga dijauhkan dari virus corona yang penyebarannya begitu cepat. Hal termudah ini tentunya dengan harapan akan dikabulkan langsung oleh Allah, dengan doa yang bisa kita panjatkan sesuai kepercayaan masing-masing.


Nah, apakah dari daftar di atas sudah kita terapkan nih, sobats? Atau ada yang terlewat belum aku sebutkan di atas. kamu dapat menuliskan juga di kolom komentar yah, sobats.

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung di artikel tentang Cara untuk Membantu Sesama saat Pandemi Covid-19 ini dapat berguna untuk kita dapat peduli terhadap sesama. Karena bukan Cuma kita aja yang terkena dampak, namun di luar sana masih ada mereka yang juga membutuhkan bantuan dari kita. Semoga bermanfaat, dan feel free to drop your comments yah, sobats.

~Blessed
Khoirur Rohmah

2 komentar:

  1. 8 hal yang sangat penting sekali. Makasih banyak ya, Mbak. Semoga saya bisa melakukan. Dan, semoga wabah ini segera berakhir.

    BalasHapus
  2. heran sama yang nimbun masker nih mbak, dijual lagi dengan harga gila gilaan.
    membaca berita terkait covid dan efeknya ke masyarakat sampe bikin nangis

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Copyright © Fastabiqul Khoirots. Blog Design by SkyandStars.co