Sosok

Irawati Hamid : Mengenal Sosok Blogger Asal Bau-Bau

04.44.00



Irawati Hamid : Mengenal Sosok Blogger Asal Bau-Bau
Irawati Hamid : Mengenal Sosok Blogger Asal Bau-Bau


Bismillaahirrohmaanirrohim,
Halo Gaes… keknya lama banget saya tidak memposting tulisan untuk review sahabat blogger yah. Hehehe… Kali ini saya akan mengenalkan kalian seorang blogger asal Bau-Bau. Sebelumnya, untuk kamu yang belum membaca review sahabat blogger yang pernah saya tulis, kalian bisa baca beberapa reviewnya di bawah ini ya gaes.



Pernahkah teman-teman mendengar nama kota “Bau-Bau”? Kalau saya sih, jujur baru tahu nama tersebut setelah berkenalan dengan salah seorang blogger asal sana, loh. Emang Bau-Bau itu sebenarnya apa sih?

Bau-Bau itu salahsatu Kotamadya yang ada di kepulauan Sulawesi Tenggara yang memiliki ibu kota di Kendari. Provinsi ini memiliki 10 wilayah Kabupaten kota yang salahsatunya adalah kota Bau-Bau yang memiliki ibu kota di Bau-Bau juga.

 
Kotamadya Bau-Bau

Sumber : Poto Pribadi


Dengan adanya jumlah penduduk atau jiwa yang ada di Bau-Bau sekitar 106.092 jiwa berdasarkan sensus penduduk tahun 2000. Menurut blogger bernama Irawati Hamid mengatakan jika Bau-Bau digambarkan secara global dengan pulau Buton. Karena pulau tersebut terkenal sebagai penghasil aspal.

Memang demikian. Karena Sulawesi Tenggara selain terkenal dengan potensi industrinya di bidang aspal, juga memiliki sector penambangan dalam bidang nikel, loh gaes.

Lalu, siapakah blogger asal Bau-Bau itu?



Irawati Hamid : Mengenal Sosok Blogger Asal Bau-Bau
Irawati Hamid
Sumber : Blog Pribadi
 
Yah, saya sudah singgung di atas. Namanya adalah Irawati Hamid yang biasa dipanggil dengan nama mbak Irawati atau cukup dengan panggilan mbak Ira saja, sang pemilik blog www.irawatihamid.com. Mbak yang pernah saya kenal sewaktu sama-sama mengikuti giveaway yang diadakan oleh mbak Liswanti Pertiwi di akhir tahun 2015 kemarin. Dan tulisannya saat itu masih fresh loh man-teman. Tapi Alhamdulillah, sekarang beliau sudah sangat aktif menerbitkan postingan tulisannya yang bervariasi.



Proses Awal Mula Ngeblog


Awalnya mbak Ira membuat blog di kompasiana untuk mengikuti sebuah ajang lomba dengan hadiah yang sangat menggiurkan. Tapi sayangnya, tuhan berkehendak lain, hingga akhirnya mbak Ira memilih blogspot sebagai tempat bermuaranya untuk menggoreskan unek-unek, informasi yang dialaminya sendiri, atau hanya sekedar opini, tips, hingga kontes lomba blog yang diikutinya, serta yang lainnya.

Pernahkah mengenal tagline sebuah blog “Bawine Mangada”? Pencetus tagline tersebut adalah mbak Ira ini. Sewaktu awal membuka laman blognya dahulu yang masih belum TLD, saya cukup penasaran dengan makna “Bawine Mangada” itu apa. Dan akhirnya terjawab juga.


“Bawine Mangada” itu artinya “Wanita (Dewasa) yang cantik. Saya ganti soalnya blog saya tidak ada satu pun yang membahas tentang kecantikan. Jadi, rasanya nggak nyambung kalau memakai tagline Bawine Mangada. Menurut saya sih, alasannya itu saja, kenapa saya mengganti tagline-nya.


Jadi, saya heran saja ketika blogwalking ke rumah mayanya, etapi sudah tidak menemukan tulisan Bawine Mangada. Melainkan dengan tagline Irawati Hamid – Wadah untuk menuangkan pikiran dan rasa dalam kata.

Iya juga sih, kalau dari segi postingan blog, memang untuk tulisan dalam review beauty tidak begitu banyak, karena didominasi oleh tulisan lain yang beragam. Sehingga beliau mendedikasikan diri untuk blognya ber-niche Personal Lifestyle Blog.

Melihat isi blognya mbak Ira, beliau termasuk blogger yang cukup aktif dalam memposting tulisannya. Beliau cukup pintar dalam memaksimalkan waktunya untuk diri sendiri, pekerjaan, maupun keluarga utamanya.


“Kebetulan saya menjalani LDM sama suami. Jadi, adripada bengong saat pulang kantor, biasanya saya memanfaatkan untuk menulis atau menonton drama Korea maupun India favorit.”


Selain menemukan banyak ide untuk menulis di blog, beliau bisa membutuhkan waktu hingga lima jam untuk menuliskan ide tersebut. Hal itu juga dipengaruhi dengan kondisi mood yang naik-turun. Nah kalau lagi badmood, yah bakalan “pending” tulisannya, hehehe…

Nggak cuma sampean aja mbak, lah saya juga gitu kok. Kalau mood buruk meski ide mengalir deras, ceileh. Tetap aja saya pilih istirahat dahulu, namun saya tuliskan pokok inti ide tersebut dalam sebuah buku catatan atau note  di handphone.

Oh iya, hobinya menonton film India dan drakor ini bermula saat beliau masih duduk di bangku SMP kelas 2 dan SMA kelas 3 loh. Di tahun 2003 itulah dia juga tertarik dengan dilm ber-genre drama Korea yang manis-manis gimana gitu, aplagi liat pemainnya yang cmiwing gitu. Hehehe

Ngomongin artis atau actor favorit mbak Ira pada drama Korea dan Film India, ada beberapa nama yang sangat dia kagumi. Seperti Sakhru Khan, Aamir Khan, Arjun Rampal, Kajool, Kareena Kapor, dan masih banyak lagi, gaes.

Selain itu dari pemain drama Korea versi mbak Ira, aktris dan aktor favoritnya itu di antaranya Jang Dong Gun yang merupakan aktor yang sudah berumur tapi tetap dia gemari, Lee Dong Wook, Lee Seung Gi, serta Gong Hyo Jin, Song Hye Kyo, dan yang lainnya. Etapi aku nggak terlalu kenal sama nama-nama itu loh. Wkwkwkwk. Palingan sedikit famous sama Song Hye Kyo. Huehee….

 
Irawati Hamid : Mengenal Sosok Blogger Asal Bau-Bau
Huwahh... geulisnyaa.. heuehee
Sumber : google
Bahkan beberapa postingan tulisan mbak Ira juga memiliki sumber insipirasi yang berasal dari ilham setelah menonton film drakor ataupun film India.

Moodbooster yang dijadikan pedoman untuk bisa produktif dalam menulis di blog, menurut Irawati Hamid ini adalah dengan menonton film drakor atau India favoritnya loh gaes. Bahkan dia juga bisa terprovokasi dengan moodbooster setelah membaca buku, mendengarkan musik, mengikuti blog maupun giveaway yang mau nggak mau harus beliau kerjakan supaya lebih enteng menjelang deadline. Hehehe… ini nih yang perlu digaris bawahi, gaes. Kadang emang ilham datang terlambat menjelang DL, meski demikian ada baiknya mengkonsep tulisan terlebih dahulu sehingga bisa menghindari pertikaian diri sendiri menjelang akhir pengumpulan lomba. Jadi, jauh-jauh hari kita bisa maksimal untuk menjabarkan tulisan serta grafisnya.

Irawati Hamid : Mengenal Sosok Blogger Asal Bau-Bau
Mbak Irawati Hamid Beserta Keluarganya
 
Untuk urusan blogging, alhamdulillahh sudah banyak prestasi yang pernah dia dapatkan selama menjadi blogger. Teman-teman bisa lihat langsung melalui laman “Achievement” pada blognya,
Harapan mbak Irawati Hamid sebagai blogger asal Bau-Bau, beliau ingin dan mampu untuk mengeksplorasi hal-hal unik apapun yang ada di sekita tempat tinggalnya. Meliputi tempat makan, pantai, budaya, adat istiadat, maupun yang lainnya. Semoga bisa tercapai ya mbak, mimpinya. Hehee


“Motivasi ngeblog saya saat ini adalah bisa berbagi hal-hal bermanfaat bagi banyak orang. Syukur-syukur akhirnya bisa mendapatkan hal lainnya seperti mengenal banyak orang, dan mendapatkan penghasilan dari blog,” tutur ibu dari seorang putra kecilnya bernama Wahyu ini.


Nah, buat kamu yang ingin lebih kenal secara dekat lagi dengan mbak Irawati Hamid ini, atau mau bekerja sama denganya, boleh-boleh banget. Kamu bisa kepoin langsung, atau stalking melalui akun social media miliknya ya gaes.

Blog     : www.irawatihamid.com
Facebook : Irawati Hamid
Twitter : @Ira_Hamid16
Instagram : @Ira_Hamid16
Email : iwahyu2011@gmail.com


Semoga postingan tentang mbak Irawati Hamid : Sosok Blogger Asal Bau-Bau ini bisa bermanfaat ya gaes. Feel free to drop your comment.

Khoirur Rohmah
Karangduren, 14 Oktober 2016


You Might Also Like

7 komentar

  1. Sebagaimana Mbak Irawati Hamid, saya dulu juga di Kompasiana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah sekarang masih di Kompasiana juga kah, mas :D

      Hapus
  2. makasih reviewnya Mba Rohma :*
    iya yah, pertama kali kita saling bewe adalah saat kita sama-sama mengikuti GA yang diadakan oleh Mba Liswanti Pertiwi setahun lalu, hehehe :)

    sukses untuk kita berdua yah Mba :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... iya mbak. GA nyangka juga, awal pas kita BW dlu bisa dipertemukan lagi segrup di grup arisan blogger :D

      Amin Ya Robbal Alamiinn... ^_^ :*

      Hapus
  3. Kak Ira emang pecinta drakor dan Film India, banyak banget postingannya ttg itu :D
    anyway Rohma, FYI saat ini Sulawesi Tenggara sudah punya 17Kab/Kota karena telah melalui proses pemekaran. Diantara yg belum ada di list sumber bacaan Rohma tadi (Kab. Kendari kini menjadi Kab. Konawe, Kab. Konawe Utara, Kab. Kolaka Timur, Kab. Buton Utara, Kab. Buton Tengah, Kab. Buton Selatan, dan Kab. Muna Barat) :)

    BalasHapus
  4. mba Ira...kau tetap bawine mangada kok.
    Mbak Ira ini orangnya santai aja, gak heboh-hebohan tpi ngeblognya lancar dan membuktikan. Diam2 terbukti, kayak kemarin jadi pemenang yang M**ga ya kan mbak, hihi. Selamat dan sukses selalu.

    BalasHapus
  5. Mba Ira ini saya liat sering ikutan lomba blog, meskipun saya belum blogwalking ke blognya beliau. Nice share yaa, wah seandainya blog saya direview di mari, hahaha... Menghayal... Salam kenal yaa

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...